18
Okt

Rumah Pedesaan di Daerah Kota

Rumah Pedesaan di Daerah Kota

Rumah Pedesaan di Daerah Kota – Rumah pedesaan memang selalu identik dengan keasrianya, berbeda dengan rumah dikota yang sudah terlalu padat sehingga jauh dari kata asri. Namun bukan berarti jika Anda tinggal dperkotaan maka rumah tidak akan asri. Anda tetap bisa membuat rumah Anda bernuansa seperti pedesaan kok. Penasaran? Langsung saja yuk kita simak.

 

 

  • Ciptakan Suasana Rumah Pedesaan yang Hangat

blogspot.com

Rumah pedesaan identik dengan kehangatan, sekalipun berada di lokasi yang sejuk. Kamu juga bisa kok menciptakan suasana hangat di rumah agar terasa seperti berada di rumah pedesaan. Selain pemilihan material ekspos dan aksen natural, perhatikan detail-detail kecil namun esensial, misalnya pemilihan dan perpaduan warna.

Gunakan warna dinding yang hangat, warna krem misalnya. Bila ingin menggunakan ornamen, gunakan ornamen dengan warna-warna yang hangat seperti cokelat atau jingga.

pinterest.com

Selain warna, pencahayaan juga penting. Misalnya lampu kuning yang mengingatkan kita pada rumah pedesaan di masa kecil saat masih menggunakan lampu minyak. Gunakan pada beberapa ruangan, misalnya kamar tidur, ruang keluarga, serta ruang tamu. Hindari penggunaan lampu kuning pada ruang kerja, karena ruang kerja membutuhkan cahaya yang lebih terang.

  • Rumah Pedesaan dengan Material Ekspos

blogspot.com

Yu Sing, seorang arsitek asal Padalarang, Kabupaten Bandung, selalu berhasil mendesain rumah pedesaan yang bisa diaplikasikan di perkotaan. Berkat salah satu prinsipnya, “arsitektur untuk semua”, rumah-rumah di perkotaan bisa disulap menjadi rumah pedesaan yang asri karena pemilihan material yang efisien dan ramah lingkungan.

Fasad bangunan rumahnya membuat kita tidak percaya kalau rumah ini berada di daerah perkotaan. Material seperti bata ekspos, kusen dari kayu, furniture-furniture kayu dengan nuansa hangat, bahkan tanaman rambat yang ditumbuhkan di atas atap membuat suasana rumah pedesaan semakin asri di tengah padatnya perkotaan.

blogspot.co.id

Bila diperhatikan lagi, selain bata ekspos, material-material lainnya juga dibiarkan terekspos. Hal tersebut cukup identik dengan rumah pedesaan yang pada umumnya menggunakan finishing yang sederhana. Tahukah kamu bahwa material-material yang terekspos tersebut membuat perawatan rumah pedesaan lebih mudah?

Tidak hanya desain fasad rumah bangunan rumah pedesaan yang terlihat ramah lingkungan, interior nuansa rumah pedesaan ini juga serasi dengan fasadnya. Sama-sama menggunakan material ekspos, bahkan lantai pun menggunakan semen ekspos. Semakin seperti rumah pedesaan, bukan? Eits, bukan berarti rumahnya akan terlihat murahan, lho.

google.com

Pengaturan tata letak furnitur dan tata ruang rumah yang rapi membuat rumah ini tetap terlihat bersih, nyaman, dan sangat layak untuk dihuni. Nuansa hangatnya semakin cocok dipakai untuk rumah tempat berkumpulnya keluarga, seperti halnya rumah pedesaan yang menjadi destinasi untuk orang-orang yang mudik. Semakin asri dan membuat rindu untuk pulang, bukan?

  • Natural, Kunci Nuansa Rumah Pedesaan

decoist.com

Apa sih yang identik dari rumah pedesaan selain material yang terekspos? Natural menjadi kata kunci yang tepat untuk merealisasikan suasana rumah pedesaan. Jangan ragu untuk menanam tanaman. Pilih tumbuhan kecil seperti ragam kaktus mini. Tanaman rambat juga menjadi opsi. Tanaman pada rumah bisa menjaga agar suasana rumah tetap terasa sejuk.

facebook.com

Maksimalkan juga masuknya pencahayaan alami dengan jendela yang besar. Bila kamu membutuhkan privasi namun tetap menginginkan udara luar masuk ke dalam ruangan, jalusi kayu menjadi pilihan yang tepat. Bahkan jalusi bisa menyaring udara agar tidak banyak debu yang masuk.

pinterest.com

Agar furniture rumah kamu menyatu dengan suasana rumah pedesaan pada bangunan, gunakan furnitur yang mencerminkan kesan natural, misalnya furniture berbahan rotan seperti kursi goyang dan meja. Kayu-kayu lain juga digunakan, namun pada umumnya rumah pedesaan tidak menggunakan material kayu yang mewah.

Untuk opsi lebih murah, gunakan berbagai furniture dengan lapisan vinyl bermotif kayu. Pilih motif kayu yang sesuai dengan rumah pedesaan di Indonesia seperti kayu jati atau mahoni. Hindari motif mapel karena kayu tersebut kurang menyatu dengan suasana rumah pedesaan.

  • Taman Rumah yang Asri

pinterest.com

Bila kamu memiliki tanah untuk taman belakang atau taman depan rumah, jangan lupa manfaatkan halaman yang kamu punya dengan baik. Rumah pedesaan identik dengan halaman rumah yang dirawat dengan baik, lho. Untuk lebih menunjang suasana rumah pedesaan yang natural, pastikan di halaman rumah kamu terdapat beberapa tanaman yang cukup, tidak terlalu gersang atau terlalu penuh.

Bersantai, menikmati suasana rumah pedesaan sembari minum teh dan membaca juga membuat rumah kamu semakin terasa nyaman. Jangan lupa juga untuk menanam bunga agar warna taman kecilmu bervariasi. Ingin lebih produktif? Tanam saja bibit-bibit sayur.

pinterest.com

Menanam bunga dan berbagai sayur di halaman rumah juga membuat kamu memiliki hobi berkebun. Menarik lho, ketika teras rumahmu bisa menjadi sarana untuk rekreasi sejenak dari tumpukan pekerjaan di kota tanpa harus jauh-jauh pergi ke luar kota. Bonus, kamu bisa menambah stok sayur segar yang bisa dipetik di rumah.

blogspot.com

Selain tanaman-tanaman cantik, kamu bisa menaruh beberapa furniture seperti meja dan kursi sehingga halaman bisa terpakai sebagai ruang teras untuk menjamu tamu. Di rumah pedesaan, sudah lumrah bila kamu juga berkumpul di teras sembari melihat kebun. Namun pastikan memilih furnitur berkualitas baik ya, agar furniture kamu tetap bertahan lama meskipun ditaruh di luar ruangan.

Nah, itulah inspirasi rumah pedesaan di daerah kota. Semoga menginspirasi, ya!