10
Okt

Rumah Panggung Minimalis Inspirasi Hunian dengan Nuansa Tropis

Rumah Panggung Minimalis Inspirasi Hunian dengan Nuansa Tropis

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Indonesia merupakan negara tropis yang hanya memiliki dua musim, yaitu hujan dan kemarau. Dengan begitu, Indonesia banyak memiliki desain rumah tropis yang sangat nyaman untuk ditinggali.  Rumah berdesain tropis pun kini kian diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Dengan iklim tropis di Indonesia, rumah yang memiliki konsep ini akan sangat menyenangkan untuk ditinggali. Terutama jika memiliki perpaduan rumah tropis modern yang berkonsep lingkungan. Berikut ini rumah panggung minimalis inspirasi hunian dengan nuansa tropis

Inspirasi Desain Rumah Panggung Minimalis

Saat ini semakin marak penerapan gaya hidup back to nature atau kembali ke alam. Dalam bidang arsitektur, minat masyarakat semakin banyak dan lebih condong untuk membangun hunian yang berkesan alami.

Apalagi bila rumah tersebut pada di tengah kota yang padat, panas dan macet. Ide desain rumah yang sejuk dan asri tentu menjadi salah satu hunian yang didambakan. Untuk bisa mewujudkan impian tersebut, anda bisa dapat menciptakan rumah panggung dengan berbagai bahan alami. Seperti papan dan kayu layaknya rumah-rumah yang berada di pedesaan. Biasanya rumah panggung minimalis terinspirasi dari hunian tradisional. Namun anda juga bisa menerapkan desain modern dengan gaya masa kini agar tampilan rumah panggung semakin kekinian.

Berikut ini adalah beberapa inspirasi rumah panggung yang cocok bagi anda yang ingin menciptakan nuansa tropis pada hunian. Rumah akan terasa lebih asri dan menyegarkan dengan konsep minimalis dari rumah yang anda bangun.

1. Konsep Rumah Panggung yang Menyatu dengan Alam

Konsep rancangan rumah panggung yang mengusung konsep modern cocok sekali dibangun di wilayah perkotaan. Terlebih lagi dengan lahan hunian yang kian lama kian sempit. Bentuk rumah yang dibangun dengan model panggung bisa menghadirkan tampilan lebih luas di bagian halaman atau kebun rumah. Anda juga bisa memanfaatkan kolong rumah panggung sebagai tempat untuk bermain anak-anak. Bisa juga sebagai sarana menyalurkan hobi berkebun dengan menghiasnya menggunakan berbagai pot bunga yang sangat cantik.

Supaya rumah panggung minimalis anda bisa menyatu dengan alam, maka anda bisa membangun taman dengan ukuran yang sesuai dengan lahan dari hunian. Tambahkan kolam kecil yang cantik dengan air mancur yang bisa menjadi nilai tambah keunikan rumah. Suara gemericik air kolam semakin memberikan kesan alami dan asri pada rumah anda.

2. Rumah Kayu dengan Basement

Disamping itu, memanfaatkan berbagai material alami sebagai struktur utama juga bisa. Desain rumah model panggung yang berada di tengah alam dan rumput hijau semakin menambah kesan natural.

Anda bisa membuat desain unik dengan ruang fungsional yang terangkat. Seperti ruang bawah lantai yang bisa membantu sirkulasi udara. Pasalnya, akan membantu pergerakan udara dari sisi yang satu ke sisi yang lainnya.

3. Paduan Batu Alam, Bata dan Material Kayu

Desain rumah panggung minimalis modern bisa semakin unik dengan kombinasi berbagai material alam dan material modern. Seperti material kayu yang digunakan sebagai material utama dari rangka panggung untuk rumah. Sementara batu alam digunakan untuk pemanis salah satu tembok di bagian rumah. Selanjutnya elemen bata juga berguna sebagai bahan rangka rumah. Penempatan material yang tepat dalam setiap elemen menjadikan paduan tersebut terlihat nyaman dan asri untuk dihuni.

4. Desain Atap Melengkung

Salah satu inspirasi desain hunian dengan konsep panggung minimalis modern bisa tampil unik dengan kolong yang cukup tinggi. Material utamanya bisa terbuat dari kayu. Selain itu, bentuk atap melengkung panjang sampai menyentuh lantai. Ini akan membuat rumah semakin unik.

Pada desain rumah panggung minimalis yang satu ini, anda bisa menambahkan tirai bernuansa putih. Tujuannya agar memberikan kesan minimalis pada bangunan. Pemanfaatan elemen kayu juga akan membuat tampilan rumah menyatu dengan lingkungan. Sehingga meski berada di daerah perkotaan, anda bisa menerapkan kesan hunian tropis.

5. Instalasi Rumah Panggung

Jika dibandingkan dengan instalasi modifikasi atau perawatan rumah biasa, maka jenis rumah ini lebih praktis. Hal ini dikarenakan biasanya jalur listrik sampai jalur air lebih simpel. Misalnya saat anda ingin menarik kabel telepon listrik atau melakukan modifikasi lainnya. Rumah panggung minimalis pun dinilai lebih terjangkau.