18
Okt

Rumah Kecil Jadi Hunian Mewah

Rumah Kecil Jadi Hunian Mewah

Rumah Kecil Jadi Hunian Mewah – Memiliki rumah mewah tentu merupakan dambaan semua orang. Namun karena harganya juga yang terus meroket membuat sebagian orang mengurungkan wujudnya itu. Alhasil banyak orang membeli rumah kecil yang tentu lebih bersahabat. Namun tak perlu berkecil hati, walaupun ukuran rumah tidak besar kesan mewah masih tetap bisa kita dapatkan kok. Tak perlu siapkan biaya banyak cukup lakukan tips berikut ini untuk menyulap rumah kecil menjadi hunian idamanmu.

 

1. Pilihlah tema warna rumah yang tepat

Untuk membuat rumah terasa jauh lebih lapang, pilihlah warna-warna terang dan netral seperti putih dan krem. Jadikan warna ini sebagai warna dominan di dalam rumah. Sedangkan untuk perabotan, pilihlah yang memiliki unsur warna emas jika ingin memberikan kesan mewah dan elegan. Misalnya, pada tirai atau bantalan sofa. Tone warna abu-abu yang sering dipilih pada konsep hunian minimalis juga bisa kamu coba. Pada bagian dinding, kamu bisa menggunakan warna silver atau abu-abu muda. Sedangkan pada beberapa perabotan, warna abu-abu tua atau warna bold seperti merah atau toska dapat membuat ruangan menjadi lebih menarik.

Intinya, jadikan warna netral sebagai warna dominan dan kombinasikan dengan warna menyala atau warna-warna pastel yang kamu suka. Perhatikan pula keseimbangan warna pada ruangan agar tidak memberi kesan murahan.

2. Maksimalkan pencahayaan rumah

Kesan mewah juga dapat ditimbulkan dari rumah yang terang dan cerah. Pencahayaan yang baik juga dapat menghindari perabotan rusak karena jamur yang berpotensi timbul dari kondisi lembab. Tak ada salahnya mengeluarkan uang lebih untuk lampu yang berkualitas.

Akan lebih baik jika rumah mendapatkan pencahayaan alami. Hal ini bisa disiasati dengan jendela besar yang akan menjadi jalan masuknya sinar matahari ke dalam rumah. Jendela yang besar juga dapat memberi kesan luas sekaligus membuat pemandangan di luar lebih mudah dinikmati.

3. Tambahkan karya seni sebagai dekorasi

Karya seni dapat dijadikan elemen dekoratif yang mempercantik hunianmu. Namun, penggunaan karya seni sebagai dekorasi gak bisa sembarangan. Penempatannya harus tepat dengan memperhatikan komposisi ruangan.

Padukan karya seni dengan warna dan ukuran perabotan lainnya agar tetap seimbang. Kamu bisa mengkombinasikan lukisan berwarna-warni di sekitar dinding maupun perabotan berwarna netral ataupun sebaliknya.

4. Jaga selalu kerapian dan kebersihan ruangan

Tak peduli berapa besar ukuran rumahmu, rumah yang nyaman dihuni haruslah rapi dan bersih. Pastikan tidak ada benda-benda tak terpakai yang masih disimpan apalagi dibiarkan menumpuk lama.

Penggunaan perabotan dan elemen dekorasi yang terlalu banyak terkadang juga dapat membuat rumah menjadi kurang rapi. Untuk menata rumah menjadi selasar, pilihlah furniture dengan konsep senada misalnya gaya minimalis dan modern.

5. Gunakan tirai panjang berbahan lembut

Tekstur kain yang tepat juga dapat memberikan kesan mewah pada rumah. Pilihlah tirai berbahan sutera, linen, atau beludru yang memiliki kesan elegan. Tirai panjang tanpa motif bisa dipasang pada bagian ruang tamu.

Selain bahan, warna tirai juga gak boleh sembarangan. Penggunaan tirai putih polos dapat memberi kesan membosankan. Kamu bisa menggunakan tirai berwarna satu tone lebih tua atau lebih muda dari warna dinding.

6. Ciptakan nuansa alam di dalam rumah

Unsur-unsur alam dapat menciptakan atmosfer segar dan energi positif bagi penghuni rumah. Untuk menciptakan nuansa alam, kamu bisa meletakan tanaman hias atau bunga untuk menghiasi ruangan. Warna-warna alam dari tumbuhan juga dapat membuat mata menjadi lebih rileks. Ingat, jangan sampai ada tumbuhan atau bunga yang layu ya.

Selain menggunakan tumbuhan, nuansa alam juga bisa diciptakan menggunakan material kayu, batu, ataupun air. Jika merasa kayu asli terlalu mahal, kamu bisa juga gunakan kayu olahan. Material kayu bisa digunakan pada plafon, dinding, atau furniture. Penggunaan material ini juga harus disesuaikan dengan konsep rumahmu.

7. Ciptakan kesan multidimensi dengan cermin

Cermin dapat menjadi elemen dekorasi yang multifungsi. Dengan penempatan yang sesuai, cermin juga bisa memberi kesan elegan dan lapang pada rumah. Dalam feng shui, cermin mewakili elemen air yang juga dipercaya dapat membawa aura positif bagi para penghuni rumah.

Salah satu contoh caranya, kamu dapat meletakan cermin di dekat meja makan atau melekat pada dinding pembatas ruangan.

8. Dekorasi halaman rumah

Sekalipun mungil, halaman rumah juga dapat disulap menjadi elegan. Pada bagian halaman atau taman, kamu bisa menambahkan kolam ikan kecil yang bisa menambah kesejukan. Jika tak memungkinkan, penggunaan pot berbahan batu sebagai kolam hias kecil juga bisa dilakukan. Selanjutnya tambahkan tanaman air seperti lotus.

Alih-alih pot, penggunaan rak kayu juga bisa dijadikan tempat berbagai tanaman bunga. Letakan rak kayu di sudut halaman dan tatalah dengan rapi. Selain itu, penggunaan rumput hijau juga lebih indah daripada sekadar tanah dan bebatuan. Rumput gajah mini atau rumput jarum dapat menjadi pilihannya.

9. Gunakan karpet atau pelapis lantai yang tepat

Pada ruang keluarga, penambahan karpet besar dapat membuat ruang menjadi lebih hangat dan nyaman. Sesuaikan motif dan warna karpet dengan tema ruangan agar tetap selaras. Jika tema ruangan didominasi warna netral dan dekorasi yang terlalu polos, kamu bisa memilih karpet bermotif dan berwarna cerah. Sebaliknya, jika ruangan telah cukup ramai, pilihlah karpet berwarna netral yang cenderung polos. Penentuan bahan karpet pun harus disesuaikan dengan fungsi ruangan. Pada ruang keluarga, karpet berbulu pendek atau berbahan barber bisa jadi pilihan yang tepat.

Tapi ingat ya, penggunaan karpet berarti juga perawatan ekstra. Jangan malas untuk membersihkan aksesori rumah yang satu ini. Sebab, karpet yang gak terawat malah justru bisa membuat hunian menjadi makin suram dan bahkan gak sehat.