03
Agu

Rumah Bawah Tanah Yang Bikin Betah

Rumah Bawah Tanah Yang Bikin Betah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorPernah membayangkan tinggal di sebuah rumah bawah tanah ala rumah hobbit yang biasa dikisahkan dalam dongeng? Pemandangan yang alami dan asri ditambah dengan burung yang berterbangan di pagi hari, rasanya seperti sedang berada di dunia lain!

Tidak hanya sebatas bayangan saja, kini kamu pun bisa mewujudkan rumah bawah tanah ala rumah hobbit impianmu. Tentunya dengan ukuran yang lebih besar supaya kamu bisa nyaman berdiam di dalamnya. Untuk memperkaya imajinasimu, simak dulu beberapa rumah bawah tanah tercanggih di dunia berikut ini!

1. Rumah bawah tanah ala rumah hobbit, Wale’s Hobbit House

7 Rumah Bawah Tanah Tercanggih di Dunia

decoist.com

Berkat Simon Dale dan kerabatnya, para manusia kini bisa mencicipi sensasi tinggal di rumah hobbit tanpa harus terus-terusan membungkuk. Ya, rumah bawah tanah hobbit ini disesuaikan dengan ukuran manusia biasa!

Rumah Bawah Tanah Wale’s Hobbit House Interior

decoist.com

Agar menyerupai rumah hobbit sungguhan, pencipta rumah bawah tanah ini menggunakan material kayu pada interior, juga menggunakan lantai kayu bukannya beton atau besi. Ditambah pencahayaan temaram, suasana di dalam rumah jadi semakin nyaman, hangat, dan cantik.

2. Rumah bawah tanah dengan sisi yang curam, Edgeland House

Rumah Bawah Tanah Edgeland House

decoist.com

Edgeland House yang berada di Texas ini merupakan karya arsitektur Bercy Chen Studio. Bagian atapnya terlihat seperti atap rumah segitiga dengan sisi yang curam dan dipenuhi rerumputan. Uniknya, bangunan rumah bawah tanah ini terbelah menjadi dua bagian.

Rumah Bawah Tanah Edgeland House

decoist.com

Jika dilihat dari luar, tidak akan ada yang menyangka kalau rumah bawah tanah ini memiliki interior rumah mewah dan modern. Rumah ini dibatasi dengan dinding kaca sehingga sinar matahari bebas menyinari bagian dalamnya.

Meski berada di bawah tanah, rumah ini tetap terasa sejuk dan nyaman. Kuncinya adalah penggunaan lingkungan sekitar sebagai regulator panas. Rerumputan yang berada di bagian atap rumah juga berfungsi sebagai insulasi alami. Dengan demikian, suhu udara di dalam ruangan bisa terjaga.

BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI

Membuat Rumah Nuansa Bali

Gunakan Lemari Terbuka, Agar Kamarmu Terlihat Luas

6 Garasi Ini Dapat Melindungi Mobilmu

Rumah Bawah Tanah Edgeland House Eksterior

decoist.com

Sebagai tambahan, rumah bawah tanah yang satu ini juga memiliki kolam renang berukuran sedang. Cocok untuk bersantai di tengah musim kemarau yang udaranya begitu panas!

3. Rumah bawah tanah yang menyerupai lubang jebakan, Switzerland’s Villa Vals

Rumah Bawah Tanah Switzerland’s Villa Vals

decoist.com

Rumah bawah tanah yang satu ini benar-benar berada di bawah tanah, kecuali bagian terasnya yang cocok untuk bersantai di pagi hari sambil menikmati pemandangan matahari terbit dari balik gunung. Dengan bentuknya yang melingkar, kamu akan merasa seperti sedang menyaksikan foto bergerak di dalam bingkai.

Arsitektur Rumah Bawah Tanah Switzerland’s Villa Vals

decoist.com

SeARCH Architecture and Urban Planning selaku arsitek yang mendesain rumah ini berhasil membuat rumah bawah tanah yang nyaman dan tentu saja keren. Pada lantai pertama, kamu akan menemukan ruang keluarga, dapur, dan sebuah kamar. Bagian kamar memiliki sebuah tempat tidur tingkat permanen yang menyatu dengan struktur bangunan. Ditambah lagi dengan sebuah jendela minimalis sebagai jalan sinar matahari masuk dan memungkinkan kamu melihat ke arah luar.

Interior Rumah Bawah Tanah Switzerland’s Villa Vals

decoist.com

Mungkin kamu mengira rumah bawah tanah ini berukuran kecil dan rapuh. Kenyataannya, rumah ini cukup luas untuk dihuni sebuah keluarga dengan 4 hingga 5 anggota. Kekuatannya pun tidak perlu diragukan karena rumah ini dibuat menggunakan bahan beton.

 

4. Rumah bawah tanah menyerupai kapal selam, Malator

Rumah Bawah Tanah Malator

decoist.com

Rumah bawah tanah Malator yang berada di kawasan Wales ini jika sekilas dilihat akan mengingatkan kita pada bentuk kapal selam yang sedang berada di bawah lautan. Mungkin akan lebih tepat jika disebut sebagai kapal selam bawah tanah?

Rumah Bawah Tanah Malator Interior

decoist.com

Bagian rumah yang terlihat dari luar ini dilapisi menggunakan dinding kaca dengan beberapa lubang yang berfungsi sebagai ventilasi udara di rumah. Bagian luar rumah bawah tanah ini tidak terlihat begitu menakjubkan, namun pada bagian interiornya kamu akan dibuat kagum terutama pada bagian dapur.

Siapa sangka konsep bawah tanah yang biasanya suram, justru bisa terlihat modern dan stylish? Dapur yang menggunakan kabinet berwarna kuning ini akan membuat kegiatan masak jadi lebih menyenangkan. Ukurannya pun cukup luas. Tidak ketinggalan, ada juga pemandangan alam yang bisa kamu nikmati melalui dinding kaca.

5. Rumah bawah tanah atau taman? Inilah Kediaman Shelton Marshall

Rumah Bawah Tanah Shelton Marshall

decoist.com

Orang yang melewati area ini dijamin tidak akan menyangka jika ada rumah bawah tanah di sini. Inspirasi rumah bawah tanah yang ada di Kansas ini tampaknya cocok dibangun di perkotaan bagi keluarga yang ingin menikmati privasi. Area bawah tanah ini akan terisolasi dari polusi udara dan suara. Paling penting, area rumah tidak akan terlihat dengan mudah oleh orang yang berlalu-lalang.

Rumah Bawah Tanah Shelton Marshall Eksterior

decoist.com

Dari kejauhan, rumah bawah tanah ini nampak seperti taman bunga biasa. Namun begitu mendekatinya, kamu akan menemukan tangga ke bawah menuju sebuah rumah. Rumah bawah tanah yang satu ini menggunakan konsep minimalis modern.

6. Rumah bawah tanah yang agak menonjol, House Pibo

Rumah Bawah Tanah House Pibo

decoist.com

Untuk kamu yang tinggal di perkotaan, rasanya akan sulit jika membangun rumah bawah tanah yang benar-benar ada di bawah tanah. Sebagai alternatif, kamu bisa membuat rumah bawah tanah dengan beberapa bagian menonjol di bagian atas tanah.

Rumah Bawah Tanah House Pibo Interior

decoist.com

Rumah bawah tanah karya OYO Architects ini ada di Belgia. Tampilannya cukup seimbang antara kebutuhan penghuni dan lingkungan sekitarnya. Area yang privat bagi penghuni seperti kamar dan ruang keluarga diletakkan di bagian bawah, sedangkan area bersantai dan ruang makan diletakkan di bagian atas dengan dinding kaca yang menghadap ke jalanan. Orang yang berjalan di depan rumah akan kesulitan untuk mengintip karena sudut dinding kaca dan ruangan tidak memiliki titik temu.

Permukaan rumah bawah tanah yang memiliki sudut 45 derajat ini ditutupi dengan rumput dan berbagai bunga berukuran kecil. “Atap” rumah ini bisa difungsikan juga sebagai taman rumah. Cukup mengagumkan, ya!

7. Rumah bawah tanah super mewah, Villa Ypsilon

Rumah Bawah Tanah Villa Ypsiloninhabitat.com

LASSA Architects merupakan otak di balik kemewahan rumah bawah tanah yang satu ini. Rumah bawah tanah yang difungsikan sebagai villa ini berada di tengah lahan seluas 150 meter persegi. Material utama yang digunakan untuk membangun rumah bawah tanah ini adalah beton. Bentuknya menyerupai sebuah baling-baling bermata tiga dengan gundukan tanah di atasnya.

Rumah Bawah Tanah Villa Ypsilon Eksterior

inhabitat.com

Rumah ini dibuat dengan perhitungan arah datangnya sinar matahari. Hasilnya, masing-masing bagian rumah ini menerima paparan sinar matahari yang berbeda-beda pada waktu yang bersamaan. Pada saat siang hari ketika ingin berjemur, penghuninya bisa bersantai di bagian kolam renang. Sedangkan penghuni yang ingin membaca buku tanpa terkena silau matahari, bisa beralih ke bagian teras di belakang rumah.

Bila kamu baca artikel ini dan menambah ilmu, kamu bisa like dan share artikel ini di sosial media, web, atau blog kemanapun yang kamu suka.