Rumah Adat Rumsram
01
Agu

Rumah Adat Rumsram

Rumah Adat RumsramRUMAH ADAT RUMSRAM

Rumah Adat Papua – Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai beberapa jenis rumah adat. Rumah adat ebei, kariwari, dan yang satu ini yang menarik akan kita bahas selanjutnya. Yaitu rumah adat Papua rumsram. Yuk kenali rumah adat rumsram berikut ini.

Rumah Adat Rumsram

contoh rumah adat papua
romadecade.org

Rumah adat ini adalah rumah adat dari suku Biak Numfor. Rumah adat Rumsram ditujukan untuk para laki-laki.

Seperti halnya rumaha adat Kariwari rumah ini dipakai sebagai tempat untuk memberi pendidikan kepada anak-anak laki-laki dalam mencari pengalaman hidup dan cara agar menjadi laki-laki yang kuat dan dapat bertanggung jawab sebagai kepala keluarga ketika sudah berumah tangga nantinya.

Bentuk & Struktur Rumah Adat Rumsram

Rumah adat rumsram mempunyai bentuk persegi seperti halnya dengan rumah panggung.

Terdapat beberapa ukiran pada bagian atapnya yang mirip seperti perahu yang terbalik, hal tersebut menandakan bahwasanya mata pencaharian para penduduknya disana berprofesi sebagai nelayan.

Tinggi bangunan ini sekitar 6 hingga 8 meter.

Rumah adat Rumsram terdiri dari dua lantai. Pada lantai pertama bersifat terbuka dan tidak mempunyai dinding.

Lantai pertama berfungsi sebagai tempat untuk mendidik laki-laki tentang cara membuat perahu, memahat dan teknik berperang.

Pada bagian lantai rumah adat Rumsram terbuat dari kulit kayu dan dindingnya terbuat dari pohon bambu yang dicacah.

Rumah adat Rumsram mempunyai dua pintu yang terletak pada bagian depan dan belakang serta beberapa jendela, dan atap dari rumah ini terbuat dari daun sagu.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666