Rumah Adat Papua Honai
01
Agu

Rumah Adat Papua Honai

Rumah Adat Papua HonaiRUMAH ADAT PAPUA HONAI

Rumah Adat Papua – Masih kembali bersama kami, yang membahas tentang rumah adat Papua. Sepertinya masih ada yang ketinggalan, dari beberapa jenis rumah adat Papua bukan? Benar sekali, masih ada jenis rumah adat Honai. Seperti apa rumah adat ini?

Fungsi Rumah Adat Honai

rumah adat papua honai
raparapa.co

Rumah adat Honai memiliki beberapa fungsi, berikut ini adalah fungsi dari rumah adat Honai :

1 Sebagai Tempat Penyimpanan

Selain sebagai tempat tinggal, rumah adat Honai juga dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyimpan barang, baik itu peralatan berburu ataupun peralatan untuk perang.

Selain itu rumah adat Honai ini juga merupakan sebagai suatu simbol yang sangat berharga secara suku dan adat di Papua.

2 Sebagai Tempat Penggemblengan

Di Papua anak laki-laki mempunyai peranan penting dalam suku Dani. Dan rumah adat Honai merupakan tempat yang dijadikan sebagai tempat untuk menggembleng para laki-laki untuk menjadi laki-laki dewasa yang dapat melindungi dan memimpin suku.

Mereka akan diajari bagaimana tentang peperangan dan bagaimana malakukan perburuan, supaya kelompok sukunya dapat bertahan hidup dan menjadi suku yang sejahtera

3 Sebagai Tempat Menyusun Strategi

Selain sebagai tempat penyimpanan dan tempat untuk menggembleng seorang laki-laki. Rumah adat Honai juga dimanfaatkan sebagai tempat dalam menyusun sebuah strategi.

Rumah Honai merupakan tempat yang paling baik dalam melakukan penyusunan stratefi perang yang efektif

Filosofi Rumah Adat Honai

rumah adat papua dan keunikannya
country-indonesian.blogspot.com

Selain memiliki banyak fungsi dan sebagai tempat tinggal, rumah adat Honai juga memiliki beberapa filosofi, berikut ini merupakan filosofi rumah adat Honai:

1 Sebagai Pemersatu kelompok

Bentuknya yang bulat dan melingkar merupakan sebuah bentuk yang menjadikan suku Dani agar dapat bersatu sama lain.

2 Sebagai Lambang Kesatuan

Rumah adat Honai juga menjadi dasar bagi suku Dani supaya senantiasa sehati, satu tujuan, dan juga sepemikiran dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

3 Sebagai Status Harga Diri

Rumah adat Honai juga merupakan sebagai tanda harga diri martabat seseorang dalam suku Dani. Rumah adat Honai tersebut memiliki filosofi menampilkan dan memperlihatkan seperti apakah martabat diri mereka.

Ciri Khas Rumah Adat Honai

rumah adat asal papua
rumahadatistiadat.blogspot.com

Rumah adat Honai ini tidak memiliki jendela dan juga hanya mempunyai satu buah pintu saja.

Rumah adat Honai memiliki tinggi 2,5 meter dan mempunyai ruangan yang sempit yakni sekitar 5 meter.

Bukan tanpa tujuan rumah adat Honai ini dibuat sedemikian, hal tersebut bertujuan untuk dapat menahan hawa dingin di daerah pegunungan.

Pada bagian tengah rumah ini dibuat lingkaran yang berfungsi sebagai tempat untuk membuat api unggun yang dapat digunakan untuk menghangatkan badan.

Baca Juga  Rumah Adat Bali (Pengertian, Candi Bentar, Ciri-Ciri & Bagiannya)

Rumah adat Honai terdiri dari dua lantai. Pada lantai atas rumah adat ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk tidur sedangkan pada bagian bawahnya berfungsi untuk tempat berkumpul dan melakukan berbagai kegiatan lainnya yang dilakukan didalam rumah.

Alas yang dipakai dalam rumah adat Honai adalah rumput yang telah dikeringkan, walaupun memiliki bentuk yang sederhana namun rumah adat Honai ini merupakan rumah adat yang unik dan menarik.

Dibagian paling bawah rumah ini biasanya juga dipakali sebagai tempat untuk menyimpan mumi. Rumah adat Honai juga memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan peralatan perang dan juga benda-benda warisan leluhur serta simbol dari adat suku Dani.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666