Rumah Adat Ebei
01
Agu

Rumah Adat Ebei

Rumah Adat EbeiRUMAH ADAT EBEI

Rumah Adat Papua – Apa yang Anda ketahui tentang rumah adat papua? Benar sekali,salah satunya adalah rumah adat ebei. Yaitu jenis rumah adat papua yang dihuni kaum wanita suku dani papua. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut ini.

Mengenal Rumah Adat Ebei

Rumah ebei, rumah adat suku Dani, khususnya dihuni kaum wanita yang tinggal di Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Rumah adat ebei biasanya dibangun berkelompok membentuk komplek dan banyak ditemui disekitar lembah baliem, tempat dimana banyak suku Dani tinggal. Di dalamnya, sekitar 5-6 bangunan berderet rapi di lereng tebing tinggi. Didalam satu komplek, terdiri dari beberapa rumah ebei dan rumah Honai.

Baca juga : Kontraktor Terima Jasa Bangun

Dari segi arsitektur, terdapat perbedaan desain antara rumah ebei dan rumah Honai. Rumah Honai biasanya berlantai dua, antara lantai satu dan lantai dua dihubungkan dengan tangga dari kayu atau bambu. Lantai satu sebagai tempat untuk tidur para wanita sedangkan lantai duanya sebagai tempat untuk tidur para lelaki secara melingkar, sedangkan rumah Ebei tidak berlantai dua.Rumah adar suku Dani di Papua ini pada umumnya didesain dengan bentuk melingkar yang memiliki filosofi bentuk melingkar menandakan bahwa warga suku Dani memiliki kesatuan dan persatuan yang tinggi, sepikiran, sehati dan satu tujuan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Baca juga : Kontraktor Handal Jogja

Desain dan struktur rumah yang berbentuk berasal dari alam sekitar, seperti, kayu, ranting, akar pohon, alang-alang, dan jerami. Rumah Ebai didesain dengan tinggi 2 hingga 2,5 meter, beratap jerami dan alang-alang yang dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat melindungi penghuni rumah adat tersebut dari hujan maupun panas matahari.

Baca juga : Cara kerja kontraktor

Rumah adat di Indonesia bagian timur ini didesain hanya memiliki satu pintu sebagai akses keluar masuk rumah, hal ini dikarenakan untuk menimalkan ventilasi udara sehingga udara dalam rumah bisa tetap hangat meski di luar udara sangat dingin. Rumah dengan desain melinggkar juga bertujuan agar mampu beradaptasi dengan udara dingin dan tiupan angin yang cukup kencang pada daerah Papua tersebut.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666