09
Okt

Ruang Tamu Shabby Chic Minimalis Konsep Desain Antik dan Elegan

Ruang Tamu Shabby Chic Minimalis Konsep Desain Antik dan Elegan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Ruang Tamu Shabby Chic Minimalis merupakan salah satu gaya desain interior yang saat ini sedang ngetrend di indonesia. Desain yang mengadopsi gaya klasik nan cantik, terutama di perabotan rumahnya. Dengan memakai gaya shabby chic ini Bisa membuat rumah kita nampak lebih menawan dan eksotis. Berikut ini tips ruang tamu shabby chic minimalis konsep desain antik dan elegan

A.Tips Mendesain Ruang Tamu Shabby Chic Minimalis

Pada dasarnya, shabby chic merupakan sesuatu yang berkaitan dengan gaya vintage yang elegan. Mengingatkan akan desa-desa cantik Paris yang nyaman dan tenang. Desain ini mengarah pada motif floral yang lembut dan tidak simetris.

Gaya shabby chic ini dapat anda aplikasikan ke seluruh ruangan dalam rumah, terutama ruang tamu. Dengan motif bunga dan daun mampu membuat gaya desain ini semakin menawan. Jika anda ingin mengaplikasikan konsep shabby chic pada ruang tamu, simak tips berikut ini.

1. Konsep Ruang Tamu Shabby Chic

Bila ingin menerapkan desain shabby chic, maka harus menentukan warna apa yang akan anda gunakan untuk ruang tamu tersebut. Ruang tamu minimalis dengan gaya ini akan sangat cocok jika menggunakan warna-warna permen seperti pastel.

Anda juga bisa menambahkan warna hangat dan kalem untuk menambah kesan nyaman pada ruang tamu shabby chic minimalis. Sebaiknya anda cukup memilih dua sampai tiga warna saja agar tidak terlihat berantakan. Akan lebih baik jika anda menentukan satu warna utama pada ruang tamu. Kemudian barulah anda mencocokkan perabotan dengan warna-warna lainnya. Sehingga akan membentuk suatu kesatuan tampilan yang serasi.

READ  Menjaga Kamar Mandi Yang Benar Supaya Tetap Bersih

2. Kombinasikan Wallpaper

Hal yang perlu anda lakukan untuk menghadirkan tema ruang tamu shabby chic adalah dengan menggunakan wallpaper bermotif. Banyak yang sering mengaplikasikan motif floral atau bunga.

Dengan warna pastel dan motif yang terdapat pada furnitur, tembok, atau aksesoris lainnya. Akan semakin membuat nuansa shabby chic terasa sangat kental pada ruang tamu anda. Sehingga dengan menggunakan desain ruang tamu shabby chic minimalis bisa memberikan nilai lebih pada hunian anda.

Menggunakan wallpaper memang perlu menyiapkan budget yang cukup besar. Namun anda bisa menyiasatinya dengan mengkombinasi wallpaper bermotif dengan menggunakan cat tembok.

3. Tentukan Furnitur Ruang Tamu Shabby Chic

Agar nuansa shabby chic semakin terasa, gunakan furnitur berbentuk vintage dengan warna-warna pastel. Anda bisa menggunakan furnitur berukuran sedang hingga kecil seperti meja tamu, side table atau coffee table, kabinet, hingga cermin.

Hindarilah menggunakan terlalu banyak warna berbeda. Karena dapat menyebabkan kesan berantakan pada ruang tamu shabby chic minimalis. Usahakan untuk menggunakan perabotan dengan warna selaras satu dengan yang lainnya.

4. Aksesoris untuk Ruang Tamu Shabby Chic

Ruang tamu minimalis ini akan semakin menawan dengan menambahkan beberapa elemen dekoratif yang manis. Karena gaya shabby chic ini cenderung feminim, maka pilihlah aksesoris yang mampu menampilkan hal tersebut serta vintage sekaligus.

Seperti contohnya anda bisa menambah chandelier untuk mempercantik ruangan. Tidak perlu harus membeli yang baru, anda bisa menggunakan barang-barang lama. Kemudian bisa anda mix and match hingga menghasilkan sebuah elemen dekorasi yang mengagumkan, begitu juga dengan perabot lainnya. Hal ini bisa menjadi tips jitu untuk menghemat lebih banyak biaya. Sesuaikan aksesoris yang anda pakai dengan dekorasi lainnya agar mampu memberi aura elegan pada ruang tamu shabby chic minimalis.

READ  Kreatif! Jasa Desain Interior Terapkan Hal Ini pada Rumah Minimalis

5. Menggunakan Material Kain

Bahan tekstil seperti katun dan linen bisa anda gunakan sebagai hiasan ruang. Material kain ini bisa berupa taplak meja, gorden, sarung bantal, dan lain sebagainya. Bila anda ingin menggunakan kain bermotif, pilihlah kain dengan motif bunga-bunga kecil.

Gunakan kain motif floral dengan warna-warna pastel. Namun perlu anda ingat bahwa gaya shabby chic tidak mengeksplorasi warna dan kontras yang tinggi. Lainnya cenderung menggunakan warna monokrom yang aman.

Ruang tamu shabby chic minimalis akan terlihat lebih menawan bila anda bisa memadupadankan dengan tepat. Pemilihan elemen dekorasi serta warna juga harus sangat anda perhatikan. Agar ruang tamu minimalis lebih cantik dan tidak berantakan.