05
Nov

Renovasi Keramik Dinding Dapur dengan Motif Tegel

Renovasi Keramik Dinding Dapur dengan Motif Tegel

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Memiliki rumah merupakan keinginan nyata setiap keluarga. Mempercantik rumah tidak hanya menggunakan cat atau wallpaper saja. Anda juga bisa memanfaatkan material lain, misalnya keramik dapur. Memang keramik dapur memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan jenis material lainnya. Salah satu keunggulan keramik dapur ialah desainnya tersedia dalam beragam warna, motif, dan tekstur. Anda bisa bebas memutuskan keramik dapur yang sesuai dengan suasana, kesan, atau efek ruangan yang ingin Anda ciptakan. Selain bertambah indah, tempat tinggal akan lebih terkesan mewah sekaligus elegan. Apalagi kalau Anda rajin membersihkannya, pasti akan tampak semakin berkilau. Berikut ini tips renovasi keramik dinding dapur dengan motif tegel.

Elemen Kitchen Set

Banyak penghuni yang kemudian merenovasi bagian ini agar dapur terlihat cantik dan tak monoton. Beragam material keramik dinding dapur pelapis backsplash pun bermunculan. Mulai dari keramik, mozaik, stainless steel, kaca, dan yang terbaru ialah tegel yang ikut mewarnai dinding dapur yang dikenal juga dengan nama backwall ini. Munculnya berbagai material membuat backsplash tidak lagi hanya berfungsi sebagai penahan cipratan minyak dan uap air, namun juga berperan sebagai salah satu elemen penambah keindahan kitchen set dan dapur.

Keramik Dinding Dapur

Kini beberapa penghuni rumah merenovasi backsplash dengan tegel.  Motif dari tegel tersebut berwarna cerah sehingga mampu membuat dapur jadi lebih berwarna. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan dari material ini?

Kelebihan dan Kekurangan Tegel

Keramik Dinding Dapur

Tegel memiliki ukuran yang lebih tebal, yaitu 1,5 cm—2 cm. Namun, walaupun lebih tebal, tidak menjamin tegel ini lebih kuat dari keramik/granite tile. Selain tebal, corak yang dimiliki juga unik, tidak sama satu dengan yang lainnya.

READ  Perhatikan Ini Jika Punya Rumah Di Pinggir Jalan Raya

Namun, karena dibuat handmade, ukurannya tidak presisi dan tidak sama satu dengan yang lain. Jadi, nat antar tegel jadi lebih besar. Ada kemungkinan juga terdapat bagian yang gompal di sisi-sisinya. Tapi ini juga jadi nilai uniknya.

Karena handmade, pembuatan keramik dinding dapur tegel juga butuh waktu sehingga proses pemesanannya agak lama. Dari segi harga, relatif lebih mahal juga bila dibanding keramik. Kisaran harga tegel Cap Kunci berkisar Rp47.0000-Rp180.000. Tegel polos sekitar Rp47.000 – Rp68.000. Sementara yang motif sekitar Rp123.000 –180.000, tergantung dari warna dan tingkat kesulitan motif. Tertarik menggunakan tegel untuk material backsplash dapur?