23
Jul

Renovasi Kamar Mandi Minimalis dengan Budget Terbatas

Renovasi Kamar Mandi Minimalis dengan Budget Terbatas

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor – Kamar mandi minimalis merupakan salah satu hal yang penting bagi sebuah rumah selain desain yang estetis. Perlu diingat, jika kamar mandi tersebut merupakan bagian dari sanitasi rumah yang harus diperhatikan dengan baik. Sebab, sistem sanitasi merupakan salah satu prioritas penting, terlebih kamar mandi minimalis menjadi hal penting yang kerap diperhatikan kebersihannya. Oleh sebab itu, penting bagi kita merawat kamar mandi dalam keadaan bersih dan higienis.Yuk simak Renovasi Kamar Mandi Minimalis dengan Budget Terbatas!

Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan saat Renovasi Kamar Mandi Minimalis dengan Budget Terbatas

SMART DESIGN FOR LIMITED SPACE @ THE WAVE, EPICENTRUM, KUNINGAN PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI) Kamar Mandi Modern

Sebelum merenovasi kamar mandi minimalis modern, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain ukuran kamar mandi, desain yang ingin diterapkan, gambar kamar mandi sebagai referensi, memilih desainer kamar mandi yang tepat, interior kamar mandi, serta material yang ingin digunakan. Kelima hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada besaran dana yang dibutuhkan untuk merenovasi kamar mandi minimalis Anda.

Mari kita uraikan. Mengapa Anda perlu merencanakan ukuran luas kamar mandi secara matang? Sebab, hal ini akan menentukan berapa jumlah bahan atau material yang dibutuhkan. Misalnya, berapa buah material keramik yang dibutuhkan untuk menutupi lantai dan dinding kamar mandi minimalis Anda? Serta, berapa banyak cat dan semen yang diperlukan? Tentunya harus diketahui luasnya terlebih dulu, bukan?

Selain itu, desain yang Anda pilih juga akan berpengaruh pada pemilihan aksesoris, jenis keramik, serta perabot kamar mandi yang tepat dan sesuai dengan desain. Adapun perabot kamar mandi yang perlu disesuaikan dengan desain antara lain shower, bak mandi, keran, wastafel, kloset, cermin, gantungan handuk, rak, hingga pintu kamar mandi.

READ  6 Tips Memilih Dan Menentukan Tempat Usaha Yang Strategis

Perhatikan Pemilihan Perabot Kamar Mandi Minimalis saat Renovasi Kamar Mandi Minimalis dengan Budget Terbatas

10 Pilihan Peralatan Kamar Mandi Unik dengan Desain Menarik yang Bisa Buat  Suasana Mandi Makin Nyaman

Sesuaikan pemilihan perabot kamar mandi modern sesuai dengan konsepnya. Pilihlah jenis perabot kamar mandi yang sederhana tanpa banyak ukiran dan aksesoris penghias. Pertimbangkan juga dengan baik ukuran perabot yang akan kita gunakan mengingat ukuran kamar mandi yang tidak besar.

Meskipun berukuran kecil, Anda dapat menjadikan kamar mandi minimalis terasa nyaman dengan cara menyesuaikan pemilihan jenis material dan perabot berikut ini.

Keramik Dinding dan Lantai

Anda bisa memilih material keramik untuk dipasang pada dinding dan lantai kamar mandi minimalis. Untuk dinding, keramik berfungsi agar dinding lebih mudah kita bersihkan dan tidak mudah berjamur. Tidak hanya itu, dinding keramik juga akan memberikan kesan mewah pada desain.

Akan tetapi, jika nanti Anda merasa bosan dengan warna atau corak keramik, maka Anda harus menggantinya secara keseluruhan. Untuk itu, Anda bisa menyiasati dengan melapisi sebagian dinding dengan keramik, dan sebagian lainnya hanya menggunakan cat biasa. Untuk cat dinding, sebaiknya pilih yang berwarna yang cerah. Cukup gunakan satu warna atau bisa kita kombinasikan dengan gradasi warna yang lebih muda atau lebih tua sedikit.

Sedangkan untuk lantai, dapat menggunakan keramik berukuran besar yang kita pasang secara diagonal untuk mendapatkan kesan luas. Anda juga perlu memilih jenis keramik dengan tekstur yang tidak licin, seperti keramik jenis porselen atau batuan. Pemilihan keramik jenis ini berfungsi untuk mengurangi kemungkinan terpeselet di kamar mandi.

Kloset Duduk

Manakah yang lebih baik, kloset duduk atau kloset jongkok? Jika kita lihat dari segi kenyamanan, maka jawabannnya tergantung pada saat Anda menggunakannya. Akan tetapi, jika ingin membuat desain kamar mandi minimalis Anda terlihat lebih elegan, maka pilihlah kloset duduk.

READ  Terapkan 7 Desain Business Urban ini pada Interior Rumahmu!

Shower

Shower menjadi pilihan yang tepat untuk kamar mandi minimalis karena tidak membutuhkan space yang besar. Penggunaan shower untuk membersihkan tubuh juga dapat lebih menghemat air lho. Untuk menghindari agar percikan air tidak membasahi seluruh lantai, Anda bisa menggunakan sekat kaca pada area shower.

Wastafel

Kamar mandi minimalis akan terlihat lebih cantik dan menawan dengan kehadiran wastafel. Anda juga bisa menambahkan cermin depan wastafel untuk membuat aktivitas membersihkan diri lebih mudah, seperti menyikat gigi, mencuci muka, atau mencuci tangan.

Perabot Pelengkap

Jangan lupakan perabot pelengkap untuk kamar mandi minimalis Anda, seperti gantungan handuk, gantungan tisu, tempat sabun, dan rak pelatan mandi. Jangan menyepelekan, tanpa perabot pelengkap ini, kamar mandi Anda akan terlihat berantakan dengan barang-barang yang tidak tertata dengan rapi.

Sesuaikan Penataan Perabotan dengan Konsep Minimalis
Show Unit - Type A (18 m2) - Kamar Mandi studio tektonik Kamar Mandi Gaya Skandinavia Keramik White

Karena ukuran kamar mandi yang minimalis, Anda perlu menata perabot dengan benar agar ruangan tidak terasa sempit. Sebagai contoh, pilihlah lemari dengan ukuran yang kecil sehingga dapat kita pasang pada dinding. Tidak perlu lemari berukuran besar yang memakan banyak tempat, sebab fungsinya hanya untuk menyimpan berbagai peralatan mandi. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan ukuran kloset duduk dengan lahan yang ada agar kamar mandi tetap terlihat luas dan nyaman.

Estimasi Biaya Renovasi Kamar Mandi Minimalis dengan Budget Terbatas

LIVING THE OPEN PLAN APARTMENT @ SEASON CITY, WEST JAKARTA PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI) Kamar Mandi Modern

Langkah pertama sebelum merinci harga-harga perabot kamar mandi adalah pastikan Anda menyisihkan anggaran untuk memasang keramik lebih dulu. Mengapa? Sebab, biaya bongkar pasang keramik baru terbilang paling mahal dan menyita banyak waktu. Umumnya, pembongkaran keramik dengan dua orang tukang membutuhkan waktu sekitar 3 – 5 hari. Sedangkan proses pemasangan keramik baru menyita waktu 2 – 4 hari. Biaya jasa pemasangan oleh tukang ahli yakni berkisar antara Rp120.000 – 240.000 per hari. Sedangkan asisten tukang berkisar Rp80.000 – Rp160.000 per hari.

READ  Agar Warna Putih Tak Membosankan

Bagaimana dengan estimasi harga perabot kamar mandi minimalis? Harganya tidak selalu sama, menyesuaikan dengan ukuran, merk, jenis material, dan harga pasaran di daerah masing-masing. Sebagai contoh, berikut estimasi atau perkiraan biaya renovasi kamar mandi minimalis berukuran 2 m x 2 m x 3 m.

Bagaimana artikel Renovasi Kamar Mandi Minimalis dengan Budget Terbatas??? Sangat membantu kan? Semoga bermanfaat yaa!