10
Nov

Rekomendasi untuk Menciptakan Ruang Kerja Nyaman di Rumah

Rekomendasi untuk Menciptakan Ruang Kerja Nyaman di Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Untuk Anda para profesional yang masih harus mengurus pekerjaan kantor di rumah, punya ruang kerja sendiri akan lebih memudahkan dalam meningkatkan produktivitas. Daripada bekerja di ruangan lain yang membuat tidak fokus, membuat ruang kerja khusus bisa menjadi pilihan. Di ruang kerja pribadi, Anda bisa menyimpan segala berkas yang berhubungan dengan pekerjaan agar tidak tercampur dengan barang-barang lain di rumah. Kalau karyawan atau klien harus diundang ke rumah, Anda bisa langsung mengajaknya ke ruang kerja dan membicarakan bisnis yang sedang berjalan. Oleh karena itu, desain ruang kerja perlu direncanakan dan dieksekusi sesuai dengan keinginan sang pemilik supaya makin produktif dan betah. Selama proses desain, pembangunan, dan pengaturan, Anda bisa menggunakan lima langkah berikut ini untuk menjadi bagian dari pengambilan keputusan saat mengerjakan ruang kerja di rumah. Berikut ini rekomendasi untuk menciptakan ruang kerja yang nyaman di rumah.

Sebaiknya Dipisah

Ruang kerja sebaiknya memang terpisah dengan ruangan lain, seperti ruang tidur dan ruang keluarga. Hal ini karena ruangan terpisah dapat membuat Anda lebih fokus bekerja. Ruang kerja yang gabung dengan ruangan lain akan menyulitkan Anda untuk berkonsentrasi. Selain itu, hal ini juga dapat mengganggu anggota keluarga lain yang membutuhkan ruangan tersebut. Maka, sebaiknya dibuatkan ruangan khusus untuk bekerja.

 Ruang Kerja

Ruangan yang dibutuhkan untuk bekerja tidak perlu terlalu besar, yang penting cukup untuk meletakkan meja dan kursi. Namun, Jika Anda tak memiliki ruang yang dapat Anda jadikan ruang kerja, Anda dapat menjadikan salah satu sudut di rumah Anda untuk dijadikan ruang kerja. Asal, keperluan internet, listrik, dan keperluan lainnya harus terpenuhi pada sudut tersebut.

Sesuaikan dengan Profesi

Dalam mendesain ruang kerja, sebaiknya sesuaikanlah dengan profesi Anda karena akan mempengaruhi ukuran meja kerja yang Anda butuhkan. Ukuran meja kerja seorang arsitek dengan orang yang bekerja sebagai konsultan pastilah berbeda. Arsitek membutuhkan meja kerja yang besar untuk keperluan menggambar. Sementara, konsultan tak perlu meja kerja yang besar asalkan tetap ada area untuk meletakkan komputer.

 Ruang Kerja

Kurangi Jumlah Peralatan Kerja

Sebenarnya, ruang kerja dapat tercipta walaupun hanya terdiri dari satu meja kerja dan satu kursi. Namun, Anda juga pasti membutuhkan peralatan, seperti komputer, telepon, atau peralatan yang mendukung kerja. Alat tulis kantor atau ATK juga merupakan peralatan yang wajib ada di meja kerja.

 Ruang Kerja

ATK sebaiknya tidak boleh jauh dari jangkauan Anda. Sediakan juga tempat dokumen penting yang jauh dari jangkauan anak. Jangan meletakkan benda-benda yang tidak penting di meja kerja sebab akan membuat meja berantakan.

Sirkulasi dan Pemandangan

Ruangan kerja harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Akan lebih baik jika ruangan memiliki bukaan dan ventilasi. Jika diperlukan, pasang penyejuk udara (AC). Sirkulasi udara penting agar ruangan menjadi nyaman untuk bekerja.

Selain sirkulasi udara, Anda juga memerlukan sebuah pemandangan yang indah agar rileks dalam bekerja. Situasikan arah hadap kerja Anda ke arah jendela dengan pemandangan yang menarik. Namun, jika tak ada jendela,  ciptakan pemandangan tersebut dengan dekorasi kreasi Anda sendiri yang membuat ruangan kerja Anda tampak lebih menarik.

 Ruang Kerja

Pentingnya Pencahayaan!

Berilah pencahayaan yang sesuai untuk kesehatan mata Anda. Usahakan jangan memilih lampu yang terlalu terang karena akan membuat mata Anda mudah lelah dan jangan pula memberi pencahayaan yang terlalu redup karena akan membuat mata mudah merasa ngantuk.

 Ruang Kerja

Bila Anda menggunakan komputer dalam bekerja, sebaiknya gunakan lampu berwarna putih sebab lampu berwarna kuning membuat mata perih jika terlalu lama menghadap ke layar komputer.

 Ruang Kerja

Cermat Memilih Furnitur

Buatlah aktivitas bekerja Anda senyaman mungkin. Karena Anda akan menghabiskan waktu yang tak sebentar di ruang kerja maka gunakanlah furnitur yang membuat Anda nyaman. Gunakan kursi yang aman untuk tulang punggung. Biasanya, kursi-kursi yang dijual di supermarket bangunan sudah memenuhi standar kesehatan untuk tulang punggung.

 Ruang Kerja

READ  Ciri Rumah Kontemporer