04
Jan

Rak Piring Stainless: Tips Memilih dan Merawatnya

Rak Piring Stainless: Tips Memilih dan Merawatnya

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Dapur merupakan salah satu  area penting di  dalam sebuah keluarga, apalagi bagi para ibu. Dapur juga bisa disebut jantungnya rumah. Salah satu perkakas yang harus ada didapur adalah rak piring. Baik dapur tradisional maupun dapur modern pasti membutuhkan rak piring. Berikut ini rak piring stainless: tips memilih dan merawatnya.

1. Fungsi Rak Piring Stainless

Rak piring yang kuat, sesuai kebutuhan, serta tahan lama, pastilah dambaan sang pemilik dapur. Meskipun semakin banyak yang menggunakan mesin pencuci piring, namun rak piring tetap dibutuhkan untuk mempermudah pengeringan dan penyimpanan peralatan makan setelah dicuci.

Bahkan terkadang, di dapur mungil dengan pemilik yang super sibuk dan hanya memiliki sedikit peralatan makan, rak piring menjadi kebutuhan utama untuk meletakkan semua peralatan makan. Jadi, harus mampu menampung semua kebutuhan, termasuk ukuran, bentuk, jumlah, serta menjaga higienitas peralatan makan.

Memang banyak rak piring dengan bahan selain stainless steel, seperti plastik dan kayu. Namun, ketahanan bahan stainless dari segi kekuatan struktur dan ketahanan terhadap air atau anti karat, menjadi keunggulannya.

2. Ukuran Rak Piring Stainless

Keberadaan rak piring bukan sekedar tempat meletakkan peralatan makan setelah dicuci. Ukuran, kompartemen, dan bahannya harus sesuai kebutuhan dan menambah nilai estetika interior dapur.

Sebelum memilih model dan ukurannya, perhatikan jenis, jumlah, ukuran, dan bentuk peralatan makan yang dimiliki, termasuk piring, mangkuk, gelas, cangkir, sendok, garpu, sumpit, dan pisau.

Pastikan semua peralatan yang biasanya harus dicuci dalam sekali pemakaian, mampu ditampung dalam rak piring yang akan dibeli.

Pastikan pula ukuran ruang tempat rak piring akan diletakkan. Jika rak piring akan diletakkan di samping tempat cuci piring, sediakan dan ukur dulu area yang akan dijadikan tempat meletakkan rak piring, termasuk panjang, lebar, dan tingginya.

READ  Desain Rumah Mengikuti Karakter

Jangan sampai rak piring yang dibeli, ternyata dimensinya terlalu besar dan tidak ada tempat untuk meletakkannya. Atau panjang lebarnya cukup tapi ternyata terlalu tinggi dan terhalang rak gantung di dapur.

Kini, rak piring gantung yang digantung di dinding atau di atas tempat cuci piring atau di dalam kabinet dapur sudah banyak dijual di pasaran. Ada pula rak piring lipat yang bisa disimpan saat tidak digunakan.

Jika meletakkan rak di dalam kabinet, pastikan pencahayaannya memadai agar mudah meletakkan dan mengambil peralatan makan di dalamnya.