24
Jul

Ragam Jenis Lantai Vinyl Pilihan & Contoh Motif Terpopuler

Ragam Jenis Lantai Vinyl Pilihan & Contoh Motif Terpopuler

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor  – Unsur yang paling penting dalam sebuah hunian adalah lantai. Pasalnya segala aktivitas bertumpu pada lantai. Itulah sebabnya hal yang sama sekali tak boleh diabaikan saat pemilik menentukan model, corak maupun warna lantai. Ada beberapa menjadi penggemar motif kayu, batu, lantai dengan sentuhan vintage hingga warna-warna dasar. Yuk simak Ragam Jenis Lantai Vinyl Pilihan & Contoh Motif Terpopuler

 

4 Jenis Lantai Vinyl Pilihan untuk di Rumah

1. Lantai Vinyl Plank

Vinyl Plank

Vinyl plank adalah jenis yang laku di pasaran dibanding jenis vinyl lainnya. Bentuknya mirip seperti panel kayu asli. Itulah kenapa jenis ini sangat laku. Dengan harganya yang jauh lebih terjangkau dan awet, vinyl jenis ini bisa memberikan tampilan serta tekstur yang mirip dengan panel kayu asli. Vinyl ini berbentuk persegi panjang dengan ketebalan berkisar antara 2-3 mm; bahannya terbuat dari polycarbonate.

Jenis permukaan vinyl ini terdiri dari jenis embossed dan non-embossed. Permukaan jenis embossed dibuat menyerupai serat kayu untuk membuatnya anti-slip.  Sedangkan non-embossed memiliki permukaan yang halus dan cukup licin‒lebih mudah dibersihkan.

2. Lantai Vinyl Tile

Vinyl Tile

Berbeda dengan vinyl plank, lantai vinyl jenis tile bentuknya persegi layaknya bentuk keramik.Ukuran vinyl tile berkisar antara 30-50 cm dengan ketebalan 1,5-3 mm. Warna dan motif vinyl ini sangat bervariasi, maka dari itu sering disusun membentuk mozaik untuk menciptakan pola yang unik. Vinyl jenis ini sangat cocok dijadikan pengganti lantai keramik, mengingat harga keramik yang cukup mahal.

3. Lantai Vinyl Roll

Vinyl Roll

Sesuai dengan namanya, jenis vinyl ini berbentuk gulungan layaknya sebuah karpet. Ukurannya pun jauh lebih besar dibanding vinyl tile dan vinyl roll. Karena ukurannya lebih besar, pemasangan vinyl roll juga lebih sulit. Meski demikian, vinyl roll lebih unggul karena sambungannya lebih sedikit dan dapat kita gulung tanpa ada membuat pecah permukaannya. Ukuran vinyl ini 2×25 m dengan ketebalan berkisar antara 0,5-2,2m.

READ  Hitam, Warna Desain Interior Kamar Mandi Klasik

4. Vinyl Click

Vinyl Click

Vinyl click adalah jenis yang paling mudah kita pasang karena tidak membutuhkan lem dalam pemasangannya. Jenis ini menggunakan mekanisme pengunci khusus yang ada pada bagian pinggiran setiap lembar vinyl. Hasil pemasangannya pun jauh lebih rapi dan sempurna, tanpa adanya sambungan yang kentara. Untuk bentuk dan ukurannya, vinyl ini tersedia dalam bentuk lembaran dan persegi panjang dengan ketebalan 5 mm.

5 Motif Lantai Vinyl Terpopuler 

1. Oak Effect

Oak Effect

Vinyl motif ini memberikan tekstur dan tampilan layaknya kayu oak yang membuat suasana rumah terlihat homey dan rustic. Sangat cocok kita padukan dengan segala macam jenis furnitur, apalagi jika kamu ingin memberikan kesan natural.

2. Wood Effect

wood effect

Vinyl motif ini menyerupai panel kayu pada umumnya dan kita buat menyerupai kayu asli dengan tekstur yang mirip. Warna dari vinyl ini sangat netral, cocok kita gunakan untuk segala jenis ruangan.

3. Moroccan Style

Moroccan Style

Vinyl ini motif ini mengikuti motif Maroko yang berakar pada gaya arsitektur kebudayaan Islam. Motif dari vinyl ini sangat menarik, cocok kita terapkan pada rumah yang interiornya mengikuti kebudayaan Islam.

4. Blue Tile Effect

Blue Tile Effect

Untuk kamu yang ingin menghadirkan kesan cerah, kamu bisa mencoba vinyl keramik bermotif dengan warna biru. Lantai biru bermotif erat dengan ciri khas keramik khas Portugis.

5. Marble Effect

Marble Effect

Ingin punya rumah berlantai marmer tapi dana terbatas? Tak perlu khawatir, vinyl motif ini bisa menyerupai marmer tampilan asli. Sangat cocok untuk kamu yang ingin memberikan sentuhan mewah pada interior rumah.