kontraktor jogja
02
Apr

Proses Mudah Membuat Genteng Tanah Liat

Proses Pembuatan Genteng Tanah Liat

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Masyarakat sudah sering memilih genteng tanah liat untuk atap rumah. Selain harga dan cara pemasangan yang mudah ternyata cara membuat genteng tanah liat juga sangat mudah. Nah dalam artikel di bawah ini akan membahas tentang cara membuat genteng tanah liat.Untuk mengetahui proses pembuatannya yuk simak ulasan di bawah ini. Secara singkat proses pembuatan genteng tanah liat adalah sebagai berikut :

Proses Pemilihan Bahan Baku Tanah Liat

Untuk membuat genteng tanah liat tentu bahan dasar yang digunakan adalah tanah liat. Akan tetapi, tidak semua jenis tanah liat dapat digunakan untuk membuat genteng.Tanah liat yang digunakan haruslah memiliki kandungan kaolin. Untuk mendapatkannya, Anda dapat mengambil tanah liat tersebut di daerah sekitar lapangan, ladang, pegunungan, ataupun perkebunan.Dalam proses mengambil tanah liat, pengambilan harus dilakukan dengan terlebih dahulu membuang lapisan tanah liat yang teratas.Pada lapisan tersebut biasanya didapati mencapai kedalaman 100 cm. Setelah itu, barulah tanah yang berada di kedalaman satu meter lebih dapat diambil dan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan genteng tanah liat.

Baca Juga : Pelajari Cara Mengecat Dinding Rumah Baru

Proses Pengolahan Bahan Tanah Liat

Tahap berikutnya adalah melakukan pengolahan bahan tanah liat yang digunakan. Pada tahap ini, tanah liat yang sudah dibersihkan diolah menggunakan mesin penggilingan. Proses ini bertujuan untuk membuat tanah liat memiliki karakter yang lebih rata dan halus.Pada proses penggilingan, tanah liat dicampurkan dengan bahan lain seperti abu merang, pelumas genteng, dan juga pasir.Proses pengolahan bahan ini terus dilakukan sampai didapatkan campuran bahan baku yang telah merata dengan sempurna. Pada proses penggilingan ini harus dilakukan dengan cepat untuk menjaga bahan agar tidak rusak.Mesin yang digunakan untuk menggiling bahan baku ini biasanya dapat berjalan dan membentuk bahan secara otomatis sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Proses Pencetakan Genteng

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, proses pencetakan tanah liat menjadi genteng dilakukan menggunakan mesin otomatis khusus.Sebelum semua bahan dimasukkan ke dalam mesin, tanah liat yang telah terbentuk kotak dirapikan terlebih dahulu dengan menggunakan batang kayu. Hal tersebut bertujuan untuk membuat tanah liat menjadi lebih padat dan memiliki ukuran yang sesuai dengan mesin cetak.

Proses Pengeringan Genteng

Tahap berikutnya adalah tahap pengeringan genteng. Pada proses pengeringan, terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan. Penggunaan metode pengeringan tersebut, biasanya disesuaikan dengan kondisi cuaca yang ada.Kedua metode tersebut adalah metode pengeringan dengan menggunakan angin dan metode pengeringan dengan memanfaatkan cahaya matahari.Sebenarnya, terdapat satu cara lain untuk melakukan pengeringan genteng yang basah. Cara pengeringan tersebut menggunakan bantuan mesin oven.Dengan menggunakan cara ini, pengeringan tidak lagi bergantung pada kondisi alam. Namun, untuk mendapatkan mesin oven ini, diperlukan biaya operasional yang sangat mahal.

Baca Juga : Cara Menyelesaikan Plesteran Bangunan dengan Baik

Proses Penghalusan Genteng

Tahapan pembuatan genteng selanjutnya adalah tahap penghalusan genteng. Suatu genteng dapat dikatakan memiliki mutu yang bagus salah satunya dilihat dari kondisi permukaannya.

Oleh karena itu, proses penghalusan permukaan genteng harus dilakukan untuk menambah nilai jual genteng. Penghalusan dilakukan dengan membersihkan genteng dari sisa tanah yang menempel di permukaannya.

Proses Pembakaran Genteng

Proses atau tahapan berikutnya adalah pembakaran genteng. Genteng yang telah melalui proses penjemuran dan penghalusan selanjutnya akan dibakar di tungku pembakaran.

Pada proses pembakaran genteng ini dapat menghasilkan suhu hingga 600 derajat celsius. Proses pembakaran ini bertujuan untuk mematangkan bahan tanah liat yang masih dalam kondisi setengah jadi.

Setelah dilakukan pembakaran, genteng akan didiamkan beberapa saat sampai suhunya dingin. Genteng yang telah matang tersebut akan memiliki tekstur yang lebih padat, kuat, dan juga lebih kokoh.

Setelah melalui proses pembakaran ini, genteng siap untuk dipasarkan dan digunakan sebagai bahan atau bangunan rumah ataupun bangunan lainnya.

Cara membuat genteng tidak boleh dilakukan dengan cara yang asal-asalan. Terdapat berbagai macam tahapan yang harus dilalui terlebih dahulu sebelum pada akhirnya genteng digunakan sebagai atap rumah atau bangunan. Jika semua tahapan pembuatan genteng tersebut dilakukan dengan maksimal, maka genteng yang akan dihasilkan akan lebih tahan lama, kuat, dan memiliki harga jual yang baik.