05
Nov

Poin Penting Gaya Eklektik pada Hunian

Poin Penting Gaya Eklektik pada Hunian

  • Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Gaya desain skandinavian atau minimalis kini menjadi gaya interior yang sedang digandrungi pecinta desain interior. Namun jika Anda ingin menerapkan gaya desain yang anti mainstream, Anda dapat mencoba gaya desain eklektik. Gaya desain eklektik sendiri merupakan perpaduan beragam aliran gaya di satu ruangan atau rumah. Dengan pengaturan yang tepat, nuansa eklektik dapat dinikmati meskipun berasal dari percampuran banyak gaya desain interior. Berikut ini poin penting gaya eklektik pada hunian
  • Saling Berhubungan

Gaya eklektik memang mencampurkan banyak gaya interior rumah, tetapi usahakan setiap gaya berhubungan satu sama lain dan berhubungan pula dengan ruangan secara keseluruhan. Ruang di rumah Anda akan tampak terputus jika terdapat banyak sekali perubahan antara ruang satu dengan ruang yang lainnya. Jadi pastikan gaya antar ruang masih saling berhubungan.

  • Tetap Memiliki Satu Fokus

Meski terkesan numpuk (karena banyak gaya interior yang diterapkan), Anda harus memilih satu furnitur yang akan dijadikan focal point. Jangan membuat furnitur “saling bertarung” untuk mendapatkan perhatian. Melainkan pilih sesuatu yang eye catching seperti  item dekoratif yang mencolok.

  • Memiliki Benang Merah 

Anda harus memastikan hunian gaya eklektik Anda memiliki benang merah. Ini bisa dalam hal penggunaan warna. Pilihlah satu warna untuk membantu menyatukan nuansa  setiap ruang. Warna biru terfungsikan sebagai pemersatu dari keseluruhan tampilan rumah.

  • Banyak Dekorasi

Ciri khas gaya eklektik adalah menerapkan banyak dekorasi. Anda yang senang menata, Anda bisa memasukkan gorden besar, pelapis sofa bermotif, renda-renda, dan bantal secara bersama-sama dalam satu ruang. Sarung bantal dengan beragam motif dan warna dapat menjadi barang utama yang menarik pada sebuah ruangan. 

  • Bermain Pola

 

Gaya eklektik juga sering kali bermain dengan pola geometris. Hal ini dapat menemukan pada motif lantai, dinding, bantal, karpet, sofa hingga wallpaper. Jika Anda ingin mencobanya, bisa gunakan pola-pola yang sering tergunakan yakni vertikal, horizontal, dan ziz-zag. 

  • Perhatikan Ukuran Ruang

Anda memasukan banyak warna, pola hingga motif. Namun, perlu diingat, kunci utama dari setiap interior adalah mendapatkan proporsi yang pas antara ukuran ruang dengan tema desain yang Anda gunakan. Jika hunian Anda tidak terlalu besar, ada baiknya menggunakan dekorasi dengan ukuran yang kecil. Anda perlu menyesuaikan setiap elemen yang Anda gunakan dengan skala ruang Anda.