11
Apr

Plus Minus Menggunakan Kayu Pinus

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KAYU PINUS

Sumber : catkayu.com

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Kadang anda menemui furniture yang berbahan dasar menggunakan kayu pinus. Ternyata kualitas kayu pinus tidak kalah bagusnya dengan kayu mahoni dan kayu jati. Sebelum anda membeli furniture berbahan dasar kayu pinus, mari ketahui kelebihan dan kekurangan dari kayu pinus. Nah pada artikel ini akan di bahas mengenai plus minus dari kayu pohon pinus, mari simak ulasan di bawah ini.

Kelebihan Kayu Pinus

Kayu pinus atau ada juga yang menyebut kayu jati belanda adalah salah satu material yang sejak dulu sampai sekarang tetap diminati sebagai bahan dasar furnitur.
Baca Juga : Hiasan Dinding Cantik Dari Kayu
Beberapa kelebihan dari kayu pinus atau kayu jati belanda ini yaitu :
1. Memiliki serat kayu yang eksotis dan elegan, sehingga mampu memunculkan nilai artistik sebuah benda.
2. Penampilannya yang lebih alami sehingga memberi kesan hangat dan terasa lebih natural.
3. Mudah diproses dan seratnya halus sangat membantu pada kecepatan proses finishing.
4. Tekstur halus dan pori-pori sangat kecil.
5. Kayu pinus bekas palet atau kayu bekas peti kemas biasanya harus memiliki standar tingkat kekeringan tertentu karena sesuai fungsinya sebagai bahan pengemas. Hal ini penyebab rayap tidak suka dengan kayu ini. Selain itu, bisa membuat kayu pinus menjadi lebih ringan dan jika dijadikan furnitur  berat furniturnya pun bisa tidak terlalu berat.
Baca Juga : Merawat Furniture Rumah Berbahan Kayu

Sebagaimana kayu lain, kayu pinus atau kayu jati belanda ini pun memiliki kekurangan diantaranya :

1. Kantong minyak dan mata kayu pinus memiliki permukaan yang lebih keras dibanding sisi lain sehingga penyerapan bahan finishing (cat) berkurang yang mengakibatkan perbedaan warna. Hal ini bisa diakali dengan penggunaan bahan finishing clear atau natural, bisa politur dan atau vernis. Penggunaan bahan finishing ini membuat serat kayunya yang memang sudah indah dan eksotis tetap terlihat.
2. Kayu pinus bekas palet biasanya ada lubang bekas paku sehingga harus jeli dalam memilih dan memilah kayu ini.