30
Apr

Pertimbangan Abu Batu Sebagai Pengganti Pasir

PERTIMBANGAN ABU BATU SEBAGAI PENGGANTI PASIR

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Jika anda ingin mengganti pasir dengan abu batu anda harus mempertimbangkannya. Anda harus mengenal lebih jauh mengenai abu batu agar anda tidak salah memilih material untuk rumah anda. Pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai apa itu abu batu dan kelebihannya. Mari simak ulasan di bawah ini. Selamat Membaca !

Pengertian dari Abu Batu

Jika melihatnya sekilas, Anda pasti akan menyangka abu batu adalah pasir biasa dan bukan berasal dari batu.

Abu batu (stone dust) adalah material konstruksi dari agregat buatan (mineral filler/pengisi dengan ukuran partikel umumnya kurang dari 0,075 mm yang merupakan hasil sampingan/olahan batu pecah menggunakan alat stone crusher).

Abu batu bertekstur butiran halus, tajam dan berwarna abu-abu. Memiliki sifat awet, keras dan unsur pozzolan (memiliki kandungan senyawa silika serta alumina yang tidak bersifat semen, namun bentuk halusnya jika tercampur air dapat berubah menjadi massa padat).

Orang awam pasti sulit untuk membedakannya, namun ternyata abu batu yang dijual oleh supplier bahan bangunan tersedia dengan bermacam ukuran partikel yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Dari yang terkecil 0 mm sampai dengan 5 mm.

Komposisi abu batu tergantung jenis batu yang masuk ke alat stone crusher. Jika yang masuk batu granit maka komposisinya adalah batu granit. Jika yang masuk batu kapur maka komposisinya adalah batu kapur. Baca Juga ; Berbagai Jenis Dan Fungsi Batu Split

Fungsi dari Abu Batu

 Di bawah ini adalah beberapa fungsi abu batu yang telah kami rangkum.

  • Sebagai Material Utama Batako Press

Fungsi abu batu yang pertama adalah sebagai material utama pembuatan batako press yang dicampur dengan semen PC (Portland Cement).

  • Sebagai Pengganti Pasir

Pada lokasi proyek dengan kondisi yang tak memiliki kesediaan pasir yang cukup untuk pengerjaan, abu batu dapat berfungsi menggantikan pasir dengan baik.

  • Sebagai Pengganti Pasir Untuk Lapisan Dasar Pemasangan Paving Block

Paving block atau sering juga disebut concrete block merupakan alternatif untuk pengerasan jalan serta halaman rumah yang telah banyak diminati sejak dulu. Paving block dijual dalam berbagai warna, ukuran dan corak yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Paving block memiliki banyak peminat karena dinilai ramah lingkungan dan anti-banjir. Sebab air dapat meresap masuk lewat celah pada susunan paving block.

Dalam pemasangan paving block, lebih dianjurkan menggunakan abu batu daripada pasir sebagai lapisan dasar pemasangan paving block. Sebab abu batu memiliki sifat mengikat yang lebih kuat serta jika terkena air akan semakin mengeras. Kemungkinan penurunan (amblas) pada paving block yang menggunakan pasir lebih tinggi karena pasir mudah teturai jika terkena air.

Untuk mendapatkan kuat tekanan paving block yang sesuai, disarankan menggunakan perbandingan komposisi 1PC : 6 abu batu, dengan kekuatan tekanan 200 Kg / Cm2.

  • Sebagai Kombinasi Bahan Bangunan

Abu batu dapat dicampurkan ke dalam adukan semen untuk menghasilkan tekstur yang lebih liat dan kuat. Dengan begitu dapat menghemat penggunaan pasir dan semen.

Jika dicampurkan pada bahan campuran beton, abu batu lebih menghasilkan campuran yang pas dibandingkan pasir. Sebab, abu batu memiliki ukuran partikel yang lebih halus dari pasir, jadi dapat mengurangi jumlah udara pada beton dan dapat meningkatkan kualitas kekuatan beton. Baca Juga : Rumah Minimalis Tampak Depan Material Batu Alam

  • Campuran Tanah untuk Menambah Kesuburan

Sebagai tambahan informasi, selain sebagai bahan bangunan ternyata abu batu memiliki fungsi lain. Dimana banyak petani menambahkan abu batu (yang berasal dari batuan vulkanik) ke tanah karena dianggap mampu meningkatkan kesuburan tanah dan mengubah tingkat pH tanah.

Di area tanah yang telah ditanami secara intensif atau area tanah beriklim tropis, demineralisasi menjadi masalah besar. Menggunakan abu batu (batuan vulkanik) dinilai sebagai solusi yang ideal untuk masalah ini,  karena dapat memberikan mineral dan mengembalikan kehidupan ke tanah. Ini membantu ekosistem tanah sehingga mampu mendukung kehidupan tanaman.

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa abu batu dari batuan vulkanik dapat memberikan energi paramagnetisme tanah yang mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman. Namun, tak semua petani percaya dengan konsep ini.

Kelebihan dari Abu Batu

Berikut adalah beberapa kelebihan abu batu yang penting untuk anda ketahui.

  • Memiliki Daya Ikat Lebih Baik dan Kuat

Kelebihan yang pertama adalah abu batu mempunyai daya ikat yang lebih baik dan kuat dibandingkan pasir. Daya ikat yang baik ini karena tekstur abu batu sangat tajam. Jika, pasir mudah terurai saat terkena air. Abu batu justru semakin mengeras dan kuat mengikat.

Tentunya hal ini meningkatkan kualitas pada kerataan lapisan permukaan, ketahanan terhadap erosi dan kekuatan terhadap tekanan beban, tak mudah turun atau retak.

  • Tak Rentan Rumput

Karena memiliki daya ikat yang baik dan kuat, menggunakan abu batu dalam campuran bahan bangunan juga dapat menghindarkan dari tumbuhnya rumput di sela-sela paving block atau pori-pori beton. Jadi akan tetap terjaga rapi dan bersih untuk waktu yang lama.

Baca Juga : Urutan Dalam Membersihkan Rumah

  • Mampu Mengurangi Jumlah Penggunaan Semen

Kelebihan atas daya ikat abu batu yang baik dan kuat selanjutnya adalah dari segi penggunaan semen. Hanya memerlukan jumlah semen yang sedikit jika kita mencampurnya dengan abu batu.  Sangat berbeda jika menggunakan pasir, semen yang dibutuhkan lebih banyak.

  • Ukuran Partikel yang Sangat Kecil

Kelebihan yang keempat adalah menggunakan abu batu lebih praktis karena ukuran partikel yang sangat kecil serupa debu, membuatnya tak perlu diayak lagi. Berbeda dengan pasir yang butuh diayak.

Proses pengayakan pada abu batu biasanya sudah terjadi saat proses pemecahan batu menggunakan alat stone crusher.

  • Mudah Didapatkan

Umumnya abu batu mudah didapatkan karena tersedia hampir di seluruh supplier bahan bangunan di wilayah Indonesia, khususnya di wilayah Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi).

Namun, tentunya Anda harus selektif membandingkan harga yang ditawarkan masing-masing supplier ya. Pastikan harganya sesuai dengan kualitas abu batu yang Anda inginkan.

  • Harga Lebih Murah

Karena berfungsi sebagai bahan alternatif, abu batu memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan harga pasir.

Jika dilihat dari banyak manfaat yang dapat diperoleh tentunya hal ini sangat efisien dan menguntungkan.

Untuk informasi harga yang lebih detail, akan kami jelaskan lebih lanjut di bawah ini.