29
Mar

Perlu Untuk di Perhatikan Sebelum Membuat Innercourt Dirumah!

Perlu Untuk di Perhatikan Sebelum Membuat Innercourt Dirumah!

Mengenal Inner Court, Taman dalam Ruang

Kontraktor JogjaPerlu Untuk di Perhatikan Sebelum Membuat Innercourt Dirumah! Innercourt adalah ruang terbuka yang letaknya ada di dalam rumah. Kehadirannya dapat memberikan penghawaan alami pada hunian karena bisa meredam panas. Alhasil, pencahayaan pun akan masuk ke dalam rumah dengan baik. Luas innercourt biasanya lebih dari tiga meter persegi. Jika luasnya memadai, penghuni bisa menempatkan beberapa fitur untuk mempercantik innercourt seperti aneka tanaman hias, lampu sorot, hingga air mancur. Jika Anda tertarik untuk membuat innecourt

 

 

  1. Letak innercourt

Langkah pertama dalam tahap perancangan yaitu menentukan letak innercourt yang pas yaitu pada tempat yang memang membutuhkan sirkulasi dan pencahayaan alami yang cukup. Misalnya, pada bagian tengah hunian yang menjadi titik pertemuan beberapa ruang. Bisa juga merapat ke area batas lahan samping maupun belakang rumah.

  1. Pemakaian atap

innercourt dengan kolam

Innercourt identik dengan ruang terbuka tanpa atap. Namun, ada juga beberapa yang memakai atap. Apabila Anda memilih untuk menggunakan atap , pilih atap yang transparan agar cahaya matahari dapat menembus masuk dan membuat ruangan menjadi terang atau bercahaya. Pada bagian sisinya dapat dibuatkan lubang dengan ukuran sesuai kebutuhan sebagai sirkulasi udara.

  1. Pemilihan tanaman

Untuk tanaman innercourt seringkali menggunakan tanaman yang tidak terlalu tinggi seperti hamparan rumput, semak, atau perdu. Pilih juga tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari agar memudahkan dalam hal perawatan seperti palem, anthurium, dracaena fragrans, dan sebagainya. Jika ingin menanam pohon sebaiknya jangan menempatkan pohon terlalu banyak supaya tidak terasa sempit, penuh, atau lembab.

  1. Pertimbangkan keberadaan kolam

Kolam merupakan perpaduan menarik untuk innercourt yang akan menambah kesan asri dan sejuk. Namun demikian, Anda perlu mempertimbangkannya karena kolam membutuhkan perawatan yang cukup sulit. Anda harus rutin membersihkannya agar kolam tidak berlumut dan menjadi sarang nyamuk.

  1. Penambahan elemen dekorasi

Agar tampilan innercourt lebih cantik dan indah, Anda bisa menambahkan beberapa elemen dekorasi misalnya gentong keramik atau patung burung di sudut tertentu. Batu alam seperti batu andesit dan batu paras bisa juga diaplikasikan sebagai background innercourt. Jangan lupa tambahkan material lampu untuk penerangan pada malam hari. Anda bisa menggunakan lampu LED karena selain lebih hemat listrk, lampu LED tidak menghasilkan panas yang berlebih sehingga tidak merusak taman Anda.

READ  5 Cara Kreatif Memperluas Ruang dengan Cermin

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menciptakan kenyamanan dan keindahan ruang rumah Anda dengan inner court.