18
Jul

Perhatikan ini Sebelum Membeli Tangki Air!

Tangki Air

Tangki Air merupakan hal yang penting untuk ada disetiap rumah. Fungsinya sebagai wadah menyimpan cadangan air bersih. Tanki air ini dapat menghemat tagihan listrik.

Dengan memakai tangki air, listrik anda tidak akan mati hidup mati hidup, cukup dengan sekali menyalakan listrik untuk mengisi tangi air hingga penuh kemudian dimatikan. Jadi tagihan anda tidak akan membengkak.

Tangki aair ini juga solusi agar kita tidak bergantung kepada listrik ketika akan menggunakan air bersih.  Dengan adanya tangki air, kita masih memiliki persediaan air yang cukup meskipun untuk sementara waktu di kala menunggu listrik menyala kembali.

Tetapi kita harus memperhatikan hal berikut sebelum membeli tangki air,

1. Kapasitas Tangki Air

Sesuaikan tangki air dengan kebutuhan orang yang berada di dalam rumah. Biasanya Biasanya setiap orang membutuhkan air sebanyak 233 liter/hari. Nah tinggal di kalikan saja dengan jumlah penghuni rumah. Hal ini di lakukan agar setiap hari hanya menyalakan air sebanyak sekali saja.

2. Pilih Jenis Tangki Air yang Tepat

Secara garis besar tangki air dapat kamu bedakan menjadi 3 jenis berdasarkan material pembuatannya, yaitu:

  • Fiberglass
  • Stainless steel
  • Plastik PE (Polythylene).

Masing-masing jenis tangki air ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda, sehingga harus pintar-pintar dalam memilih sesuai kebutuhan.

3. Pilih Tangki Air dengan Tutup Berulir

Agar bisa memasangnya dengan kencang dan membuka tangki dengan mudah sewaktu-waktu diperlukan. Kualitas air yang disimpan di dalamnya pun akan terjamin.

4. Pilih Tangki Air yang Anti Lumut

Secara umum, jamur dan lumut mudah tumbuh di dalam tangki berbahan fiberglass dan plastic PE karena sinar matahari dapat menembus dinding tangki. Untuk itulah beberapa produsen tangki air plastic PE melapisi bagian dalam tangki dengan lapisan khusus anti jamur dan lumut. Tangki berbahan stainless lebih sukar untuk ditumbuhi jamur dan kumut, karena dinding tangki air tidak tembus cahaya. Dari kekuatan materialnya, kita juga akan mendapati perbedaan. Bahan fiberglass mudah retak karena radiasi UV dan tidak tahan benturan. Tangki air berbahan plastic PE dan stainless lebih tahan benturan.

Kita harus memperhitungkan dan memperhatikan hal yang ada sebelum memilih tangki air agar dapat bertahan lama dan dapat menjaga kualitas air secara maksimal.