06
Sep

Perhatikan Ini Jika Anda Menggunakan Lemari Kayu

Perhatikan Ini Jika Anda Menggunakan Lemari Kayu

Lemari Kayu – Ada beberapa hal yang membuat lemari kayu disukai banyak orang yaitu warnanya yang alami membuat kesan antik dan artisitik pada rumah Anda, serta teksturnya yang kokoh seperti kayu jati karena dianggap cocok untuk menyimpan sesuatu dan terlihat elegan. Lemari berbahan kayu sering dan banyak dijadikan pilihan sebagai lemari penyimpanan. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan berkaitan dengan perawatan lemari kayu. Hal-hal berikut ini penting Anda ketahui agar lemari kayu tetap terjaga keawetannya.

1. Hindari Kontak Langsung dengan Dinding

Sebaiknya, Anda tidak meletakkan lemari kayu Anda menempel ke dinding. Kontak langsung dengan dinding membuat lemari mudah lembab sehingga berisiko terhadap pertumbuhan jamur yang bisa merusak kayu. Untuk itu, atur jarak antara dinding dan lemari bisa sekitar 5 cm.

2. Cek Rutin Pertumbuhan Jamur

Jamur adalah salah satu musuh lemari kayu. Anda perlu rajin mengecek kondisi lemari Anda, terutama di bagian belakang lemari. Jangan sampai tanpa Anda sadari ternyata jamur sudah tumbuh di lemari kayu Anda.

Namun jika lemari kayu sudah terlanjur terkena jamur, maka segera bersihkan lemari. Keluarkan isi lemari, bersihkan, dan kemudian jemur lemari di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam.

3. Melapisi Dengan Politur

Anda bisa melapisi furnitur kayu dengan pelapis kayu alami seperti politur atau vernis agar furnitur lebih tahan lama, melindungi kayu dari air. Mengkilapkan permukaannya, dan membuatnya  pola serat kayu lebih terlihat indah.

4. Khusus untuk Lemari Pakaian

Khusus untuk lemari kayu untuk menyimpan pakaian, Anda bisa meletakkan beberapa buah kapur barus di sudut lemari. Kapur barus tersebut berguna untuk mencegah serangan serangga. Selain itu, jangan masukkan pakaian yang masih lembab ke dalam lemari agar tidak menimbulkan bau apek dan tumbuhnya jamur.