19
Mei

Perhatikan Ini Dalam Membuat Meja Beton Cor

HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN DALAM MEMBUAT MEJA DAPUR DARI BETON COR

Rahasia Mempercantik Dinding Dapur

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Dalam pembuatan meja dapur terdapat beberapa bahan yang dapat di pakai untuk pembuatan meja dapur tersebut. Salah satunya menggunakan beton cor. Dalam pembuatan meja dapur menggunakan beton cor ada beberapa hal yang perlu di perhatikan agar hasil sesuai dengan ekspetasi. Nah mari simak ulasan di bawah ini yang akan membahas mengenai bagaimana membuat meja dapur yang terbuat dari beton cor. Selamat membaca !

  1. Ketinggian meja dapur

Karena terbuat dari beton, sangatlah sulit untuk memperbaiki ketinggian meja. Pada umumnya, ketinggian meja dapur yang nyaman untuk bekerja itu sekitar 80 cm. Berhubung ketinggian setiap orang berbeda-beda, perlu dibicarakan dengan anggota keluarga (khususnya anggota keluarga yang banyak bekerja di dapur) ketinggian yang sesuai.

 

  1. Lokasi yang sesuai

Sebaiknya kompor jangan diletakkan di sebelah jendela. Hal ini dapat membahayakan jika api terbawa angin yang masuk. Hal ini juga dapat menambah konsumsi energi gas LPG, karena api kompor tidak stabil terkena aliran udara saat digunakan memasak makanan. Makanan juga memerlukan waktu lebih panjang untuk matang. BACA JUGA : Rahasia Lemari Kayu Tahan Puluhan Tahun

 

  1. Jenis kompor

Jenis kompor yang akan digunakan juga cukup penting dalam perencanaan meja dapur dari beton cor ini. Hal ini karena desain meja dapur harus diintegrasikan dengan jenis kompor. Kompor gas biasa, perlu dibuatkan meja khusus yang lebih rendah 10 cm dari permukaan utama meja dapur. Jenis kompor gas stand-alone yang dilengkapi oven perlu disiapkan tempat khusus di dapur tanpa meja khusus.

  1. Besi Cor

Pilihlah besi cor yang memiliki diameter 8 mm dan disusun lebih rapat. Hal ini perlu untuk menambah kekuatan meja dapur. Ingat, saat memasak, beban meja dapur cukup besar. BACA JUGA : Membuat Plesteran Lantai Beton

 

  1. Saluran air

Saluran air bersih perlu direncanakan lebih dulu sebelum meja dapur dibuat. Saluran air bersih dari tangki air atau tandon ataupun dari jaringan instalasi pipa harus dapat mencapai meja dapur dengan mudah.

 

  1. Saluran air bekas cucian

Saluran air kotor bekas cucian piring (drainase) juga sangat perlu direncanakan lebih dulu sebelum meja dapur dibuat. Saluran drainase juga perlu dipikirkan dan direncanakan sehingga air bekas cucian dapat dialirkan dengan cepat tanpa hambatan. BACA JUGA : Tips Menata Meja Ruang Tamu Lebih Berkelas

 

  1. Finishing meja dapur

Meja dapur supaya lebih awet dan tahan air serta kelembaban juga perlu dilapisi sebagai finishingnya. Sebaiknya meja dapur dilapisi keramik. Pilihlah motif keramik yang sesuai dengan rumah Anda. Selain keramik, dapat juga digunakan marmer ataupun granit dengan biaya yang lebih besar tentunya.