kontraktor jogja
17
Jan

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membangun Rumah

kontraktor jogja
kontraktor jogja

PERHATIKAN HAL BERIKUT SEBELUM MEMBANGUN RUMAH

Arsitek Indo Kontraktor – Apakah Anda ingin membangun rumah sendiri? Bangun rumah sendiri juga tidak bisa asal lho. Ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan bila Anda berniat untuk membangun rumah sendiri. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum akan membangun rumah

Mempersiapkan dana

Tidak terbantahkan lagi, jika uang memang wajib ada sebelum pembangunan dilakukan. Sebisa mungkin persiapkan keuangan terlebih dahulu hingga cukup. Jika memungkinkan, sebisa mungkin persiapkan dana tunai dari tabungan atau sumber lain yang bukan merupakan hasil pinjaman, apalagi pinjam di bank. Ini penting, untuk ketenangan Anda di masa mendatang.

Mencari lahan

Saat uang telah siap, carilah lahan yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan rumah. Jika sudah memiliki lahan, tentu Anda tidak perlu pusing lagi mencarinya.

Buat Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Saat uang sudah siap, Anda tinggal melakukan plotting atau membuat rancangan anggaran. Hitung kebutuhan biaya pembangunan yang Anda butuhkan.

Gambar teknis dan perhitungan kebutuhan bahan dan tenaga. Dengan perencanaan anggaran biaya, maka Anda bisa mengetahui kebutuhan Anda sebenarnya dan bisa mempersiapkan jika hal yang tidak diinginkan terjadi.

Menyediakan gambaran desain

Karena tidak menggunakan arsitek ataupun menyewa jasa kontraktor, manfaatkan kreativitas Anda untuk mendesain rumah sendiri. Selalu komunikasikan segala perubahan atau keinginan Anda pada mandor.

Desain gambar ini juga akan menjadi media komunikasi yang konkret antara Anda, mandor, dan para tukang. Desain ini juga merupakan acuan proses negosiasi harga upah kerja mandor dan tukang.

Mengurus perizinan


Pengurusan IMB sebaiknya dilakukan sebelum memulai pembangunan agar tidak terjadi resiko yang tidka diinginkan. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Ya, ini adalah perizinan yang harus Anda urus sebelum mendirikan bangunan apapun, termasuk rumah. Hal ini tercantum dalam Undang-Undang, karenanya wajib dilakukan.

Menyewa tukang

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pembangunan rumah adalah kemampuan dan kapasitas mandor dan tukang. Keduanya harus memiliki kemampuan yang sama berkualitas dan berpengalamannya.

Mandor haruslah yang memiliki kemampuan menentukan strategi pembangunan dan menguasasi betul teknik konstruksi, serta manajemen kerja para tukang agar waktu lebih efisien. Pilihlah mandor yang berkelakuan baik, bertanggung jawab, berpengalaman, dan mudah diajak komunikasi.

Menentukan spesifikasi material

Tahap ini penting dilakukan untuk mendapatkan material sesuai dengan kebutuhan Anda. Pemilihan material berkualitas penting dilakukan. Penting juga untuk memilih material dengan perawatan mudah, agar ke depannya Anda tidak menghabiskan banyak uang untuk biaya perawatan rumah.

Ingat, meski Anda membuat rumah sendiri dengan dana terbatas jangan mudah tergiur oleh promosi atau diskon. Tetap utamakan kualitas dan kebutuhan.

Survey toko bangunan

Survey toko bangunan dilakukan hingga ke detail material yang Anda butuhkan dan lakukan perbandingan harga. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang toko bangunan terbaik dan terpercaya di daerah Anda, terutama dari orang-orang terdekat.

Informasi dari orang terdekat biasanya lebih dapat dipercaya. Anda juga bisa mencari informasi ini dari mandor atau tukang yang Anda sewa, biasanya mandor atau tukang yang berpengalaman merupakan pelanggan tetap dari beberapa toko bangunan. Usahakan cari supplier toko bangunan yang letaknya tak jauh dari rumah Anda. Tujuannya adalah untuk mengurangi ongkos kirim barang.

Penentuan jadwal dan waktu pembuatan

Penentuan waktu pembangunan rumah cukup penting, karena berkaitan dengan waktu pendanaan serta pengadaan material bangunan yang dibutuhkan. Pilihlah waktu pembangunan yang kondusif. Usahakan untuk menghindari pembangunan rumah pada musim penghujan. Bayangkan, betapa sulitnya memasang dinding bata atau membuat pondasi saat musim hujan.

Pembuatan jadwal atau planning schedule juga wajib Anda lakukan. Sebab, keterlambatan satu saja jenis pekerjaan, tentu akan menghambat pengerjaan hal lain sesudahnya. Hal ini juga tentu berpengaruh terhadap pembiayan rumah. Artinya, Anda membutuhkan waktu yang lebih lagi untuk pengerjaan dan upah tukang menjadi lebih panjang.

Bagaimana, Anda sudah ada bayangan ingin membuat rumah seperti apa?