15
Mei

Kenali Perbedaan Besi Cor Dan Baja Cor

PERBEDAAN BESI COR DAN BACA COR

Kelebihan Besi Beton Polos

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Perbedaan antara besi cor dan baja cor memang sedikit sulit di bedakan bagi orang awam. Tetapi ternyata perbedaannya cukup banyak sobat. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai tata cara membedakan besi cor dan baja cor. Mau tahu apa saja ? mari simak ulasan di bawah iini. Selamat membaca !

Kandungan karbon

Baja cor merupakan logam yang terbentuk dari paduan antara besi (Fe) dengan karbon (C) sebagai komposisi utama dan dibuat dengan proses pengecoran. Kandungan karbon pada baja cor sendiri cukup rendah yaitu kurang dari 2%. Berbeda dengan besi cor yang memiliki kandungan karbon diatas 2% atau pada umumnya sampai dengan 4%.

BACA JUGA : Cara Merawat Pagar Dan Pintu Besi

Karakteristik material

Material baja cor memiliki karakteristik diantaranya yaitu memiliki daya tarik dan daya tekan yang besar, tangguh, tahan korosi yang cukup baik, namun kurang mampu meredam getaran. Sedangkan sifat dari besi cor yaitu mampu meredam getaran, kemampuan las yang relatif rendah, kemampuan tempa yang baik, dan mempunyai elongasi tinggi.

Suara material saat dipukul

Untuk mengetahui perbedaan baja cor dengan besi cor dapat kita cek berdasarkan suara yang dihasilkan saat kedua material dipukul. Baja cor biasanya memiliki hasil pukulan dengan suara yang lebih nyaring daripada besi cor. Hal ini dikarenakan sifat besi cor yang dapat meredam getaran, sehingga suara hasil pukulan besi cor lebih rendah. Tetapi belum ada penelitian lebih lanjut untuk percobaan ini, tentu hasilnya adalah relatif dan tidak terukur.

Pengaplikasian material

Material besi cor mempunyai aplikasi yang lebih luas dibandingkan dengan baja cor. Besi cor biasanya dapat diaplikasikan untuk grill, manhole cover, grating drainase dan sebagainya. Sedangkan pengaplikasian baja cor diantaranya pipa, komponen presisi, komponen konstruksi, dll. Meski demikian, banyak juga dibalikkan, misal pipa dengan besi cor, dsb.

BACA JUGA : Perhatikan Ini Jika Punya Rumah Di Pinggir Jalan Raya

Percikan gerinda

Dari hasil pengamatan, percikan gerinda yang dikeluarkan baja cor lebih pendek dan lebih sedikit daripada besi cor. Namun, percobaan ini pun juga masih bersifat subyektif, dikarenakan belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Demikian sedikit informasi mengenai perbedaan baja cor dengan besi cor. Perbedaan karakterisik keduanya ini membuat spesifikasi penggunaannya juga berbeda. Masing-masing material tentunya memiliki keunggulan di setiap pengaplikasiannya.