13
Mar

Penyebab Tembok Rumah Rembes

sumber : nakita.grid.id

PENYEBAB TEMBOK RUMAH REMBES

Arsitek Indo Kontraktor – Pernahkah Anda menemukan tembok rumah Anda rembes air? Apalagi di musim hujan seperti ini bukan? Resiko merembes pada tembok akan semakin besar. Untuk itu, agar tidak terjadi rembes air pada dinding rumah Anda. Kita harus mengetahui apa saja sih penyebab dari rumah rembes ini? Agar kitadapat mengatasinya bukan?

Rembesan Air pada Dinding

1) Dinding rembes karena dinding mengalami retak rambut

Jika pada dinding terdapat retakan bisa menjadi titik awal dari rembesan, karena sifat air yang bisa masuk melalui celah yang kecil. Terjadinya keretakan bisa disebabkan karena pada saat pembuatan dinding tidak menggunakan bahan material yang baik.

Jika dinding sudah terlanjur mengalami keretakan maka perlu dilakukan waterproofing agar dinding tidak menjadi rembes, penggunaan waterproofing akan menjadi penghalang air hujan.

2) Dinding bagian luar yang belum di plester

Penyebab lain terjadinya rembesan air adalah tembok luar rumah yang belum di plester sehingga terjadilah penyerapan air hujan, hal ini dikarenakan sifat tembok yang terbuat dari tanah akan dengan mudah menyerap air hujan. Untuk mengatasinya,perlu dilakukan plester agar sifat penyerapan pada dinding terhalang oleh plester terebut. Setelah dilakukan plester, tembok dapat dilakukan pengecatan agar kelihatan lebih rapih dan lebih bagus dari sisi eksterior

3) Dinding rembes karena adanya aliran air akibat hujan

Dinding yang terkena air hujan secara terus menerus akan menyebabkan rembesan, apalagi jika rembesan itu terjadi karena talang air yang pemasangannya kurang teliti atau bocor maka debit air yang turun akan semakin deras mengenai dinding. Batu bata pada dinding akan mudah menyerap air sehingga air akan mengendap dan menyebabkan terjadinya rembesan.
Untuk mengatasinya maka perlu dilakukan penataan atau perbaikan pada talang air tersebut sehingga ketika hujan datang talang akan berfungsi dengan maksimal.

READ  Warna Cat Yang Sering Menjadi Pilihan