03
Okt

Penyebab AC Tidak Terbuka dan Cara Mengatasinya

Penyebab AC Tidak Terbuka dan Cara Mengatasinya

  • Bahaya] Penyebab AC Bocor Keluar Es Plus Cara Mengatasi yg BenarArsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorAir conditioner (AC) merupakan salah satu barang elektronik rumah tangga yang penting untuk mendinginkan ruangan. Apalagi rumah-rumah yang beradad di negara beriklim tropis seperti, Indonesia ini.Dalam pemakaiannya kerap kali terjadi berbagaai masalah yang menyebabkan mesin AC tidak dapat berfungsi optimal.Bahkan tidak jarang, AC tidak dingin hanya keluar angin saja. Berikut ini penyebab AC tidak terbuka dan cara mengatasinya:
  • A. Motor Swing Rusak

Masalah yang pertama kenapa Swing atau sirip AC tidak terbuka adalah karena motor swing tersebut rusak. Rusaknya motor pada swing ini jelas akan sangat berpengaruh, karena motor ini menjadi penggerak buka tutupnya swing saat AC dinyalakan.

Jika hal ini menjadi penyebabnya, biasanya ciri-cirinya adalah mesin dari AC ini berjalan yakni menghembuskan udara sebagaimana mestinya, namun swing ini tidak bisa membuka untuk menyemburkan udara yang dihasilkan, sehingga udara sejuknya pun tidak bisa berhembus menyegarkan ruangan.

Cara Mengatasi

Jika kondisi ini dialami oleh AC anda, maka otomatis perlu mengganti motor swing tersebut dengan yang baru, pasalnya jika motor swing ini tidak bisa dibenahi atau diservice karena ukurannya yang kecil. Dan pada saat penggantian, Anda bisa sekaligus terapkan cara membersihkan AC rumah biar lebih optimal.

Ada dua macam motor swing tersebut, dimana yang memiliki kabel berukuran pendek dan panjang. Untuk yang kabel pendek ini berarti motor swing berada di sebelah kiri, jika motor swing terletak di kanan maka anda perlu memakai yang kabel panjang.

Oleh karenanya ketika Anda sebelum membeli ini perlu membongkar AC anda terlebih dahulu, dan memeriksa pada bagian tersebut. Namun kalau ingin mendapatkan yang baru, bisa perhatikan tips membeli AC untuk kamar tidur terbaik ini.Sebenarnya untuk melepas motor tersebut cukup mudah, karena hanya perlu melepas colokannya saja. namun jika anda tidak berani membongkarnya, maka ada baiknya memanggil teknisi saja untuk membenahi AC anda tersebut.

  • B. Swing AC Patah

Jika motor swing AC ini tidak rusak, lantas apa penyebab lain kenapa AC tidak terbuka ini? bisa jadi masalah ada pada bagian swing atau sirip didepan itu sendiri. Dalam beberapa kasus, bisa jadi swing ini mengalami patah atau retak pada bagian ujungnya. Bagian yang dimaksud ini adalah lingkaran di ujung yang ditancapkan dengan motor swing tadi. Karena terbuat dari material plastik, maka swing ini pun mudah rapuh karena termakan usia atau mungkin terkena benturan yang tidak disengaja.

READ  Coba siasati dengan 10 Ide Ruang Multifungsi di Rumah

Cara Mengatasi

Untuk penyebab yang satu ini memang tidak bisa diketahui dengan mudah, anda tetap perlu membongkarnya terlebih dahulu. Jika memang benar bagian ujung Swing AC ini ada yang patah atau retak, maka harus diganti dan Anda bisa juga perhatikan ciri-ciri freon AC rumah habis agar bisa segera dilakukan isi ulang.

Namun anda masih bisa mengakalinya sendiri jika bagian ujung swing ini patah dan membuat AC tidak terbuka. Caranya pun gampang banget. Anda hanya membutuhkan benang  jahit serta lem saja. Untuk menyambungkan kembali.Sebelumnya pastikan jika patahan dari swing tersebut masih ada dan tidak hilang. Jika sudah, maka silahkan anda rekatkan pada bagian yang patah tadi, lalu ikat dengan menggunakan benang jahit tadi sekiranya sampai kuat.

Selanjutnya, anda tuangkan lem tadi pada bagian patahannya tadi. Boleh juga ke seluruh bagian lingkaran ujung yang patah tadi agar semakin kuat. Tunggu hingga kering, lalu silahkan anda tancapkan lagi swing ke motor swing tadi. Coba nyalakan kembali AC anda. Untuk kerusakan pada swing AC tidak terbuka umumnya disebabkan oleh kedua masalah tersebut. Pastinya para teknisi AC ini sudah paham betul dengan kondisi ini. Sebenarnya untuk mengatasi masalah seperti itu sangat gampang.

Jika anda tidak yakin untuk membenahinya atau mungkin ragu karena minim pengalaman, ada baiknya untuk meminta bantuan teknisi saja. Namun kalau masalah diagnosa seperti penyebab AC tidak dingin setelah dicuci, maka Anda harus memperhatikan secara mandiri.