25
Mar

Pengertian Rangka Atap Kayu, dan Plus Minusnya!

Pengertian Rangka Atap Kayu, dan Plus Minusnya!

Bahan Konstruksi Rangka Atap - Jayawan

Kontraktor JogjaPengertian Rangka Atap Kayu, dan Plus Minusnya! Pengaruh lingkungan luar terhadap atap menentukan pilihan penyelesaian yang baik terhadap suhu ( sinar matahari ), cuaca ( air hujan dan kelembaban udara), serta keamanan terhadap kebakaran (petir dan bunga api) sehingga atap harus memenuhi kebutuhan terhadap keamanan dan kenyamanan. Atap rangka kayu adalah suatu konstruksi yang berfungsi bagai penahan beban penutup atap, yang melindungi penghuni rumah dan panas matahari, angin dan air hujan, yang strukturnya terbuat dan rangka kayu.

 

Komponen Rangka Atap Kayu

Berdasarkan bentuk atap yang diinginkan, maka muncul beberapa penamaan berdasarkan susunan balok-balok yang menjadi komponen rangka atap kayu. (foto: freimans.com)

Memiliki banyak pilihan material dan terdiri atas komponen-komponen penyusunnya. Fungsinya untuk menahan beban dari bahan penutup atap. Pada umumnya rangka atap ini terdiri atas susunan balok-balok, dengan pilihan material kayu, bambu, maupun baja. Berikut adalah beberapa jenis komponen untuk rangka atap kayu.

  • Kuda-kuda

Adalah penopang rangka atap yang terbuat dari balok kayu berbentuk segitiga. Selain penting pada konstruksi rangka atap, kuda-kuda juga bisa mempercantik tampilan rumah karena dapat menampilkan nuansa etnik tradisional.

  • Gording

Adalah balok kayu yang terletak di atas kuda-kuda. Mempunyai fungsi untuk menyangga dan penghubung antara kuda.

  • Kasau

Kasau merupakan balok kayu yang diletakkan melintang di atas gording. Fungsinya adalah membuat atap jadi berlebih dan ukurannya bisa diatur sesuai keinginan.

  • Reng

Reng adalah kayu yang melintang yang ditaruh di atas kasau. Fungsi reng untuk mengait dan menahan penutup atap. Dengan adanya reng, genting jadi lebih mudah disusun, teratur, dan rapi.

  • Reng Balok

Reng balok adalah balok yang diletakkan pada bagian puncak dinding dan mempunyai fungsi untuk menahan dan menjaga kuda-kuda agar tetap kokoh.

  • Lisplank Tirisan

Lisplank tirisan merupakan papan tegak yang dipasang pada bagian bawah kasau. Konstruksi ini berfungsi sebagai pengikat ujung kasau supaya susunannya tidak berubah.

  • Lisplank Ujung Gevel

Selain lisplank tirisan, ada pula yang bernama lisplank ujung gevel. Seperti namanya, lisplank ujung gevel diletakkan pada sepanjang ujung gevel. Fungsinya untuk melindungi gording dan reng dari air hujan dan sinar matahari.

  • Pelapis Atap

Pelapis atap merupakan bagian atap yang berada di atas kasau. Umumnya, pelapis atas ini lapisan yang kedap air dan terbuat dari seng, plastik, atau plat semen berserat. Tujuannya untuk mencegah air hujan masuk ke dalam rumah.

  • Penutup Atap

Adalah komponen yang berada paling atas pada atap dan bersinggungan langsung dengan udara luar. Memiliki fungsi menjaga paparan sinar matahari dan air hujan.

READ  Kesan Hangat Ruangan Tanpa Karpet

Memilih Kayu Untuk Rangka Atap Kayu

Ada berbagai jenis kayu yang bisa digunakan sebagai rangka atap kayu (Pixabay - Capri23auto)

Agar rumah dapat bertahan lama di berbagai kondisi, pastinya dibutuhkan rangka atap yang kokoh dan kuat. Rangka atap biasanya menggunakan bahan kayu karena selain kuat, tetapi juga kokoh dan tahan lama.

Ada beberapa jenis kayu yang bisa digunakan dalam membuat rangka atap. Sebab memilih kayu yang tidak tepat, tentunya bisa membuat rangka atap kayu juga rentan rusak. Berikut beberapa jenis kayu yang berkualitas bagus dan kokoh untuk dipakai menjadi rangka atap kayu.

  • Meranti

Biasa digunakan untuk bahan konstruksi bangunan. Kayu ini cocok digunakan sebagai rangka atap kayu karena memiliki batang yang lurus, ukuran besar tidak bercabang, dan pastinya mudah untuk dibuat menjadi rangka atap rumah. Ini juga jenis kayu yang awet meskipun teksturnya agak kasar.

  • Bangkirai

Merupakan kayu yang cukup populer dan terkenal. Kayu ini dapat dijadikan sebagai bahan rangka atap rumah.  Termasuk sebagai kayu yang cukup kuat dan mempunyai tekstur yang mirip dengan kayu meranti. Selain itu, kayu ini pun sering digunakan dalam pembuatan kapal sehingga tahan lamanya tidak diragukan lagi.

  • Mersawa

Kayu mersawa adalah kayu awet yang sering digunakan untuk bahan bangunan. Selain itu, kayu ini juga sering digunakan dalam pembuatan kapal. Mirip dengan dua kayu sebelumnya, kayu ini mempunyai tekstur yang agak kasar dan merata.

  • Kapur

Kayu kapur merupakan jenis kayu yang biasa digunakan sebagai bahan bangunan, kusen, dan bahan pembuatan rangka atap rumah. Kayu ini pun memiliki tekstur yang agak kasar.

  • Mahoni

Kayu mahoni merupakan kayu yang berasal dari pohon mahoni dan cukup mudah untuk ditemukan. Kayu ini selain bisa digunakan untuk rangka atap, sering dipakai untuk membuat pintu dan jendela. Teksturnya yang sedang juga membuatnya dapat digunakan sebagai bahan bangunan lain.

  • Sonokeling

Kayu sonokeling adalah kayu yang banyak diekspor ke luar negeri karena biasa digunakan sebagai bahan untuk gital dan peralatan alat olahraga. Kayu ini mempunyai tekstur yang sangat halus dan tergolong kuat dan awet.

  • Bayur

Kayu bayur mempunyai tekstur yang agak kasar dengan tingkat keawetan sedang. Anda dapat gunakan jasa penyedia anti rayap sebelum pondasi rumah dibangun demi melindungi kayu. Biasanya mereka akan menempatkan obat pada tanah yang akan bertahan selama satu atau dua tahun.

READ  Coba Hiasan Ruangan Ini

Keunggulan Rangka Atap Kayu

Ada sejumlah kelebihan dalam penggunaan rangka atap kayu namun juga ada kekurangannya. (Unsplash/Tony Xavier)

Setiap material konstruksi memiliki kelebihannya masing-masing, tidak terkecuali material kayu sebagai rangka atap rumah. Ada sejumlah kelebihan dari menggunakan kayu sebagai rangka atap rumah.

  • Mudah dikerjakan

Ini membuat banyak orang mudah menemukan ahli pemasangan rangka atap kayu dan lebih condong membuat rangka atap berbahan kayu.

  • Fleksibel

Keunggulan lainnya adalah rangka atap kayu memiliki sifat yang fleksibel. Ini tentunya sangat memudahkan pekerja dalam membuat rangka atap sesuai dengan kemauan pemilik rumah.

  • Nuansa Alami

Menggunakan material kayu juga bisa memberikan nuansa alami pada rumah. Suasana rumah pun akan menjadi lebih asri dan sejuk dengan menggunakan rangka atap kayu.

Kekurangan Rangka Atap Kayu

Sama halnya seperti material lainnya, setiap pilihan jenis rangka memiliki keunggulan dan juga kekurangan. Dengan mengetahui apa saja kekurangannya, Anda bisa melakukan berbagai proteksi maupun tindakan pencegahan saat memutuskan memilih rangka atap kayu.

  • Menjadi sasaran rayap

Rayap merupakan musuh alami dari kayu sehingga rangka atap kayu mudah dimakan rayap. Untuk menghindari hal itu, pilih jenis kayu yang sudah tua dan memenuhi tingkat kekerasan tertentu.

  • Mudah terbakar

Kelemahan lainnya adalah mudah terbakar. Meskipun kayu tersebut kuat, tetapi kalau terkena api maka akan habis terbakar.

  • Mudah mengembang dan menyusut

Kayu adalah material yang bisa mengembang dan menyusut secara alami. Apalagi jika kayu tersebut tidak benar-benar tua dan kering sehingga bisa mengembang dan menyusut pada kondisi tertentu. Karenanya, pilih kayu dengan tepat dan bijak untuk rangka atap rumah.

Itulah Pengertian Rangka Atap Kayu, dan Plus Minusnya! Yang perlu diketahui mengenai rangka atap kayu. Pastikan memilih material yang tepat agar tidak bermasalah pada hunian di masa depan.

READ  4 Bahaya dan Risiko Berikut Ini Sebelum Membangun Rumah