25
Nov

Paving Block: jenis, Pemasangan dan Harga Paving Block tahun 2020

Paving Block: jenis, Pemasangan dan Harga Paving Block tahun 2020

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –Paving juga merupakan salah satu material bangunan yang dibiasa dipakai dihalaman rumah untuk memberikan kesan rapi pada halaman depan rumah kalian. Paving block sendiri adalah salah satu beton ringan atau pracetak atau precast yang biasanya berbentuk segi empat, segi enam dan masih banyak lainya. Berikut ini Paving Block: jenis, Pemasangan dan Harga Paving Block tahun 2020

Jenis-jenis Paving Block 

1. Paving Block Bata

Informasi Lengkap Paving Block: jenis, Pemasangan dan Harga Paving Block tahun 2020Paving block jenis bata ini merupakan paving block yang sangat populer dikalangan masyarakat. Pasalnya paving block jenis ini banyak digunakan di berbagai macam pembangunan mulai dari pembangunan kecil hingga pembangunan skala besar.

Salah satu penyebab paving block bata ini cukup banyak diminati masyarakat karena pemasangannya yang terbilang mudah serta polanya pun bisa lebih gampang untuk diatur sesuai dengan keinginan. Bentuknya sama percis seperti batu bata dengan bentuk persegi panjang yang berukuran 10 cm x 21 cm.  Harga paving block bata per meter persegi sekitar Rp. 110 ribu sampai Rp. 170 ribu tergantung ketebalannya. Biasanya satu meter persegi paving block bata berisi sekitar 44 buah paving block.

2. Paving Block Segi Enam (Hexagon)

Informasi Lengkap Paving Block: jenis, Pemasangan dan Harga Paving Block tahun 2020Untuk jenis paving block satu ini sering dikenal juga dengan sebutan paving segi enam. Pada dasarnya luas permukaan dari paving block ini seluas 20 x 20 cm dengan 6 sisi sesuai namanya.

Sedangkan untuk ketebalan paving jenis ini bisa mencapai 10 cm. seperti halnya paving bata, paving ini juga banyak digunakan karena pemasangannya yang cukup mudah sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk memasang paving block jenis ini. Harga paving block hexagon per meter persegi sekitar Rp. 125 ribu sampai Rp. 135 ribu sesuai dengan ketebalannya. Jumlahnya berisi sekitar 27 buah.

READ  Kenali Jenis Rumah Minimalis

3. Paving Block Trihex

Informasi Lengkap Paving Block: jenis, Pemasangan dan Harga Paving Block tahun 2020Paving block trihex ini memiliki bentuk segitiga. Bentuk inilah yang membuat banyak orang mengincar paving block jenis trihex. Banyak yang berpendapat, bentuk segitiga tersebut tampak menarik dan rupanya mudah untuk dipasang.

Untuk halaman rumah yang lebih menawan, cobalah menggunakan paving block trihex ini. saya jamin halaman rumah akan terasa estetik dan semakin cantik. Dengan dimensi 19,7 cm x 9,6 cm, harga paving block trihex di pasaran sekitar Rp. 125 ribu sampai Rp. 135 ribu sesuai dengan ketebalannya masing-masing.

4. Paving Block Cacing

Informasi Lengkap Paving Block: jenis, Pemasangan dan Harga Paving Block tahun 2020Jika sobat lihat dari namanya saja, paving block ini terbilang cukup unik. Yap, bener banget nih sob, Paving block satu ini juga cukup menarik dan memiliki nilai estetika yang tinggi.

Paving block cacing ini memiliki ukuran sekitar 11 x 12 cm dengan ketebalan mulai dari 6 cm, 8 cm dan juga 10 cm. rupanya proses pemasangan paving jenis ini juga terbilang cukup mudah seperti halnya pemasangan paving block bata dan paving block segi enam. Harga pasaran dari conblock cacing ini sekitar Rp. 70 ribu sampai Rp. 90 ribu per meter persegi. Jumlah dari paving block cacing ini sekitar 39 buah per meter perseginya.

5. Paving Block Rumput

Informasi Lengkap Paving Block: jenis, Pemasangan dan Harga Paving Block tahun 2020Paving block adalah alas yang terbuat dari campuran beton yang dapat dipasang dengan saling mengunci paving satu dengan lainnya. Namun paving block rumput ini memiliki lubang di tengah kepingan beton sebagai tempat rumput ditanam.

Paving block satu ini sering digunakan banyak orang karena tidak hanya terlihat cantik namun grass block juga memiliki kesan tampilan yang ramah. Rumput yang tertaman pada tengah-tengah kepingan beton akan tampak lebih rapi sehingga pekarangan rumah sobat pun akan  lebih asri. Harga dari paving block rumput ini disesuaikan dengan ketebalan dan jumlah lubang. Untuk harga grass block dengan 2 lubang dan ketebalan 8 cm sekitar Rp. 120 ribu dan harga untuk grass block dengan 6 lubang dan ketebalan 6 cm sekitar Rp. 179 ribu.

READ  Tata Cara Mencuci Karpet Manual Dan Mesin

6. Paving Block Uskup

Informasi Lengkap Paving Block: jenis, Pemasangan dan Harga Paving Block tahun 2020Paving block satu ini berbentuk seperti topi seorang uskup. Ukurannya lumayan besar yaitu sekitar 30 cm dengan lebarnya yang mencapai 21 cm. Model paving block ini lebih sering dipakai di sisi-sisi jalan atau paving block yang dipasang di jalan karena sifatnya yang lebih kokoh.

Karena ukurannya juga yang cukup besar, sehingga paving block uskup memiliki kekuatan yang cukup besar dan dapat menahan beban yang cukup berat. Harga dari paving block uskup sekitar Rp. 29 ribu per set. Untuk harga pemasangan paving block sendiri biasanya memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dari lokasi daerah tempat tinggal sobat masing-masing. Biasanya harga upah tarif jasa pemasangan paving block sebesar Rp. 30 ribu per meternya.

Untuk sobat yang sedang membuat budget, jangan lupa tambahkan perkiraan harga pasir dan juga semen untuk pemasangannya karena biasanya jasa upah belum termasuk dengan harga paving block dan material pelengkapnya. Sekedar informasi tambahan, apabila pemasanganna dari 0 dalam artian masih dari tanah kosong sampai beres, harga jasanya bisa mencapai Rp. 135 ribu sudah termasuk material tambahan dan juga upah tenaga pasang.

Beberapa kelebihan dari pemasangan paving block di rumah adalah karena harganya yang murah serta mudah dari segi pembuatan maupun perawatan. Paving block juga dapat menyerap air dengan maksimal dan tentu sangat berbeda dengan lantai keramik yang lebih gampang berlumut.

Walaupun terbuat dari beton, paving block atau conblock merupakan komponen ringan sehingga pemasangannya pun bisa sobat kerjakan sendiri tanpa membutuhkan bantuan orang lain.