13
Okt

Panduan Cara Menggunakan Cat Duco Kayu Wajib Baca Sebelum Pakai!

Panduan Cara Menggunakan Cat Duco Kayu Wajib Baca Sebelum Pakai!

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor -Finishing duco solid / opaque color bisa didapatkan dengan aplikasi produk cat duco kayu terbaik dari Bioindustrusies, yaitu seri produk cat water based BioColors Bioduco. Selain aman dan ramah lingkungan, kualitas hasil finishing-nya tidak kalah dibanding solvent based. Jenis finishing kayu duco solid pada furniture, home decor ataupun arsitektur rumah akan memberikan tampilan yang mewah dan juga menarik. Cat duco akan menutup serat kayu dan memberi tampilan warna solid yang menutup sempurna serat kayu. Secara umum, cat duco akan diaplikasikan dengan menggunakan spray system untuk menghasilkan hasil finishing yang sempurna. Berikut ini panduan cara menggunakan cat duco kayu wajib baca sebelum pakai!

Cara Menggunakan Cat Duco Kayu 

Setelah mengetahui beragam kelebihan cat duco kayu, kamu akan bertanya soal cara pengaplikasiannya. Tenang saja, jenis cat yang satu ini mudah digunakan dengan memakai sistem semprot atau spray yang praktis. Dengan menggunakan sistem spray, kamu tidak perlu khawatir masalah yang biasa muncul saat pengecatan seperti gelembung atau sagging yang bikin hasil akhir cat jadi kurang memuaskan.

Proses aplikasi cat duco kayu juga tidak bergantung dengan sinar matahari untuk proses pengeringannya.Asal dilakukan di tempat yang bebas debu dan memiliki sirkulasi udara yang baik, kamu bisa mengikuti langkah-langkah pengaplikasian cat berikut:

1. Persiapan 

Sebelum mulai mengecat, pastikan dulu jika permukaan material sudah bersih dan kering untuk mempermudah penyerapan warna cat duco kayu dengan optimal. Kamu bisa menggunakan amplas halus yang nantinya akan digunakan dalam tahapan pengamplasan. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan dan masker supaya terhindar dari cipratan dan bau cat saat proses pengaplikasian.

READ  Perlu Tahu 5 Cara Ini Agar Hemat Biaya Bangun Rumah

2. Pengamplasan

Gunakan amplas halus untuk mengikis permukaan material yang masih kasar, lalu bersihkan dari sisa debu yang masih menempel.Selanjutnya adalah menutup warna alami dan pori-pori kayu dengan menggunakan Bioduco Wood Putty.Usapkan Bioduco Wood Putty yang sudah dicampur dengan sedikit air memakai kain bal sambil sedikit ditekan-tekan agar pori-pori kayu terisi. Biarkan mengering di dalam ruangan selama kurang 20 menit, kemudian haluskan lagi dengan amplas 240.

3. Aplikasikan Primer Coat

Langkah berikutnya adalah pengaplikasian primer cat Bioduco Primer Coat yang telah dicampur dengan air menggunakan spray gun. Diamkan material selama 60 menit supaya mengering dengan sempurna, baru dilanjutkan dengan proses penghalusan memakai amplas 400.

4. Finishing dengan Cat Duco Kayu 

Masuk ke tahapan inti, yaitu pengecatan material menggunakan cat duco kayu yang sudah disiapkan. Campurkan cat dengan air sesuai takaran yang tertera pada kemasan, lalu isikan ke dalam spray gun untuk menggunakan. Aplikasikan cat dengan merata ke seluruh permukaan kayu dengan perlahan agar hasilnya bisa lebih menutup. Biarkan cat mengering terlebih dahulu sebelum dihaluskan dengan memakai amplas 400. Ulangi tahapan pengecatan untuk mendapatkan warna kayu yang sesuai dan serat material tidak lagi terlihat.

5. Sentuhan Akhir Top Coat 

Untuk menyempurnakan tampilan cat duco kayu pada material yang sudah kamu aplikasikan, jangan lupa untuk melapisinya dengan finishing top coat. Top coat tersedia dalam beberapa varian sesuai tingkat glossy atau kilap yang berbeda, sesuaikan dengan selera dan kebutuhanmu. Tujuan penggunaan top coat ini tidak hanya untuk menyempurnakan tampilan kayu saja, tapi juga berfungsi untuk melindungi lapisan cat duco di bawahnya agar lebih awet dan tidak mudah terkelupas.

READ  Cara Memasang Plafon Rangka Kayu

Khususnya untuk material yang akan digunakan di area outdoor yang pastinya akan sering terpapar sinar matahari dan terkena hujan. Cara menggunakan top coat adalah dengan mencampurnya dengan air menggunakan perbandingan 2:1, lalu bisa disemprotkan dengan merata ke permukaan material kayu. Biarkan top coat mengering dengan sempurna dengan menempatkan material di dalam ruangan berventilasi yang bebas debu selama minimal 24 jam. Setelah lapisan top coat sudah mengering, kamu tinggal memoles sisa kotoran atau bagian yang masih kasar dengan amplas dan kain lap bersih sebelum digunakan.