03
Apr

Pagar Panel VS Pagar Batako

PAGAR PANEL VS PAGAR BATAKO

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Memiliki pagar sebagai batas rumah memang bukan suatu hal yang langka. Selain sebagai batas rumah dengan jalan, pagar rumah juga sangat berpengaruh dengan penampilan rumah anda. Tetapi tidak jarang ditemui masyarakat membuat pagar menggunaka panel dan batako.Tetapi dalam kualitas dan penampilan pagar lebih menarik pagar yang terbuat dari panel atau batako ya? Nah dalam artikel di bawah ini kami akan membahan mengenai kelebihan dari pagar yang menggunakan bahan panel dan batako. mari simak ulasan di bawah ini

Kelebihan Pagar Panel

Saat membuat pagar pembatas rumah / lahan pagar panel paling efektif dibanding batako karena dari segi efesiensi waktu lebih cepat pengerjaan nya dibanding pagar batako.

Memang sebelum ada panel precast tentu material yang sering digunakan untuk membuat pagar halaman rumah / usaha adalah batako. Jika diakumulasikan biaya dan waktu dan kerapihan serta ketahanan maka panel lebih unggul dibandingkan pagar batako. Hanya saja pagar panel memiliki kelemahan yakni tidak bisa dimodifikasi seperti pagar batako.

Baca Juga : Desain Pagar Kayu Minimalis

 Kelebihan Pagar Batako

(foto aparumah.com)

Kelebihan utama batako dibanding pagar panel ialah bisa sesuka hati memodifikasi pagar karena bisa dibuat profil atau  berongga pada bagian tengah nya. Selain itu pagar batako sepintas memang lebih murah sedikit dibanding pagar panel.

Namun disatu sisi, pagar batako sering mengalami jebol dan miring karena beban material sangat berat dan tidak sekuat pagar panel. jika batako diadu dengan panel tentu akan kalah jauh karena faktor efisiensi waktu. Jika anda menginginkan ketepatan waktu maka material pagar panel lebih bagus dibanding batako.

Baca Juga : Pagar Kayu Vs Pagar Besi , Pilih mana ?

Selain itu pemilihan material batako untuk pagar sebenarnya lebih mahal jika berbicara waktu. Contoh misalnya kita mau buat pagar keliling halaman / lahan 100 m pasti yang paling cepat pakai panel.

Kalau area yang akan dibuat pagar luas maka disarankan pakai material panel beton. Keuntungan lain nya adalah material panel beton bisa dibongkar dan dipasang kembali, artinya material tidak hilang.