21
Jul

Ornamen Tambahan dalam Membangun Masjid Modern

Ornamen Tambahan dalam Membangun Masjid Modern

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor – Sebagai tempat untuk ibadah masjid memang didesain luas untuk menampung jumlah jamaah atau umat yang akan beribadah. Di beberapa lokasi seperti di tempat umum, masjid sengaja didesain megah dan besar untuk dapat menampung masyarakat yang ingin beribadah dengan jumlah besar. Masjid juga menjadi ikon dalam sebuah kota atau provinsi dan saat ini juga sudah banyak masjid yang menjadi lokasi wisata religi.  Desain masjid di atas mempunyai karakter yang unik seperti bentuk menara yang asimetris dan kubah yang mempunyai corak kotak-kotak. Keunikan dari gambar masjid sederhana di atas juga terpancar dari warna krem yang diambil sebagai warna utama. Warna krem mendominasi semua bagian dinding sehingga masjid terasa hangat dan teduh, ibaratnya masjid di atas sangat welcome dengan umat Islam manapun tanpa membeda-bedakan. Yuk simak Ornamen Tambahan dalam Membangun Masjid Modern. Berikut beberapa ornamen yang sering kita gunakan dan sengaja dihadirkan pada beberapa desain arsitektur masjid masa kini atau modern:

Ornamen Motif 3 Dimensi

MOTIF ORNAMENT KUBAH DALAM MASJID - Farraz Visual Art

Masjid dan Kaligrafi, adalah dua hal yang tak bisa terpisahkan dalam proses pembangunannya. Untuk membuat bangunan ini tampak unik, kedua ornamen tersebut dapat kita padukan dalam konsep desain 3 dimensi. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan beberapa layer yang terpasang di atas dinding utama bangunan bagian luar. Karakter ini akan membuat setiap huruf pada kaligrafi terlihat timbul dengan kesan 3 dimensi.

Cara ini biasanya kita padukan dengan konsep bangunan modern minimalis, dengan bentuk persegi. Pengembangan ornamen untuk mempertegas bangunan masjid biasanya akan ada tambahan yaitu dengan bagian kubah yang kita desain sesuai dengan kebutuhan desain bangunan secara keseluruhan.

READ  Jadikan 6 Rumah Keren Ini Sebagai Inspirasi Rumah Idaman yang Unik!

Sentuhan Gaya Industrial

Konsep industrial banyak diadopsi pada banyak desain bangunan, seperti rumah, gedung, dan fasilitas bangunan lain. Salah satu yang juga mengikuti tren arsitektur ini adalah bangunan Masjid Modern yang memberi kesan tak biasa. Tanpa mengurangi fungsi sebenarnya sebagai rumah ibadah, ornamen yang dimunculkan pada konsep industrial membuat bangunan masjid terlihat segar, modern, dan berestetika. Cara ini banyak kita gunakan pada banyak masjid modern di Eropa, dan juga beberapa di Indonesia. Penggunaan ornamen seperti material perpipaan, warna metalik dan ornamen lain memberi kesan tak biasa. Untuk mempertegas keberadaan Masjid, ornamen kaligrafi sengaja dihadirkan sebagai identitas dan fungsi utama bangunan.

Eksploitasi Batu Bata

Penggunaan batu bata tak hanya kita gunakan untuk membangun ornamen bangunan, tembok dan sebagainya. Tapi, jika dapat kita eksplorasi dengan baik dan efektif, akan memberi kesan estetik pada bangunan termasuk saat mendirikan masjid modern. Kombinasi tembok batu bata yang kita kemas tanpa finishing dan hasil perpaduaan dengan nuansa alam. Seperti lantai, kusen, dan ukiran kaligrafi dari material kayu, membuat nuansa Masjid lebih nyaman dan enak kita lihat. Meski terlihat sangat sederhana, desain yang tepat akan membuat bangunan Masjid tampak nyaman. Dengan bagian celah antara tembok yang berfungsi mengalirkan udara dan cahaya sinar matahari.

Pemakaian Dominasi Warna Hijau

55+ Gambar Masjid Dengan Warna Hijau - Top Gambar Masjid

Dalam ilmu psikologi, warna hijau dapat memberi pengaruh positif terhadap perkembangan psikis seseorang. Warna ini biasanya kita anggap mampu mengeluarkan perasaan tertekan seseorang menjadi lebih rileks, dan keluar dari keputusasaan. Hal ini karena hijau kerap identik dengan nuansa alam, pepohonan, tumbuhan, dan sebagainya. Warna ini kerap menjadi terapi dan secara umum memiliki efek psikologis menenangkan.

READ  Kenali Jenis-Jenis Kayu Material Tempat Tidur

Dalam budaya Islam, warna Hijau adalah warna istimewa, dan merupakan salah satu warna kesukaan Nabi Muhammad SAW. Penggunaan warna ini pada masjid modern akan memberi makna lebih, terutama pengalaman spiritual orang yang beribadah di dalamnya.

Bangunan di Atas Air

Indahnya 3 Masjid Terapung di Indonesia Halaman all - Kompas.com

Jenis Masjid dengan konsep ini awalnya bisa kita jumpai di Jeddah, Arab Saudi. Namun, dalam perkembangannya, desain ini juga ikut terangkat. Masjid Kota Palu dan Makassar yang memiliki desain hampir serupa. Seperti namanya, tempat peribadatan umat Islam ini dalam konsepnya didirikan bukan di atas tanah, layaknya bangunan Masjid pada umumnya. Namun, berada di atas air dengan tujuan mengoptimalkan lahan kosong dan kebutuhan tempat peribadatan.

Perpaduan nuansa alam (laut) di sekitar membuat pengalaman tak terlupakan dalam beribadah, sekaligus mempercantik keberadaan Masjid. Dan hal ini banyak juga pada arsitektur Masjid modern di negara lain, seperti Brunei Darussalam, dan sebagainya.

Model Mediterania

Gaya Mediterania Masjid Islamic Center UAD yang Idealis (2-habis) |  Republika Online

Anggapan bahwa budaya mediterania  memiliki nilai estetika lebih dalam mendirikan setiap konsep bangunan. Salah satunya untuk kebutuhan desain Masjid Modern dengan konsep unik dan berestetika. Gaya ini banyak kita jumpai pada bangunan masjid baru, di Eropa, dan banyak kota lain di dunia. Gaya ini memadukan bangunan berpilar dengan ornamen tanaman di sekitar. Aksen kubah yang tegas dan penggunaan dekorasi dari kaca sering kits gunakan, sehingga secara keseluruhan masjid terlihat sangat berestetika.

Selain itu perpaduan granit atau marmer sering kita gunakan pada bagian lantai dan tembok bangunan, mempertegas gaya khas bangunan dengan dekorasi minimalis. Untuk mempertegas bangunan Masjid, Kaligrafi menjadi identitas bangunan sebagai Masjid.

Tema Minimalis

Kesederhanaan dalam budaya Islam membuat konsep minimalis sangat kita terima dalam desain Masjid Modern. Konsep ini biasanya kita padupadankan dengan ornamen garis yang tegas, sehingga membuat bangunan menjadi lebih sedap dipandang. Konsep ini banyak kita gunakan pada bangunan Masjid baru di Eropa hingga Indonesia. Dengan bentuk keseluruhan persegi dengan ornamen dekorasi yang sangat minim, bahkan tidak ada. Hanya ada beberapa simbol Islami yang kerap muncul pada bagian paling atas.

READ  Desain Keramik Dapur

Dalam hal budaya, konsep ini mudah kita terima dan terlihat sangat segar pada beragam lingkungan masyarakat. Dan tak jarang, konsep ini juga teradopsi pada jenis bangunan lain, seperti gedung, fasilitas umum, dan rumah peribadatan lain (seperti gereja).

Desain Kontemporer

Untuk membuat bangunan masjid Modern yang terlihat lebih segar, sentuhan karya seni rupa kadang sering kita gunakan. Salah satunya dengan gaya kontemporer yang sering ada pada lukisan dan pahatan patung. Model bangunan dengan gaya kontemporer biasanya memiliki bentuk saling bertabrakan dan tak beraturan, namun secara keseluruhan terlihat sangat cantik dan sedap dipandang. Perpaduan bentuk bangunan ini biasanya memiliki banyak sudut saling tumpang tindih. Pada budaya masyarakat modern, konsep ini sering muncul pada bangunan sederhana, rumah, hingga gedung komersial. Untuk mempercantik Masjid, konsep ini terlihat lebih menarik dan membuat siapa saja betah beribadah berlama-lama di dalamnya.

Perkembangan ilmu arsitektur banyak membuat perubahan mendasar pada kehidupan masyarakat. Salah satunya budaya membangun tempat peribadatan yang kian unik, cantik, dan nyaman untuk selalu kita gunakan setiap hari.

Bagaimana Ornamen Tambahan dalam Membangun Masjid Modern? Sangat bermanfaat kan.