11
Sep

Ngak Mau Kan Kemalingan Saat Mudik? Lakukan cara Ini

Ngak Mau Kan Kemalingan Saat Mudik? Lakukan cara Ini

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorBerlebaran bersama keluarga di kampung halaman pasti menjadi momen yang paling kamu nanti-nantikan. Ritual mudik pun senantiasa kamu jalani, sekalipun menempuh perjalanan yang jauh, demi bisa merayakan Hari Raya bersama dengan saudara sekampung. Mudik biasanya tidak hanya dijalani dalam satu atau dua hari, tapi bisa sampai seminggu lebih dan artinya kamu dan keluarga akan meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama.

Rumah aman saat mudik

housebeautiful.com

Banyaknya peristiwa pembobolan dan pencurian rumah kosong pada momen mudik lebaran tentu membuat kamu khawatir dengan keamanan rumah yang akan ditinggal dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Untuk itu, kali ini Kania akan berbagi tips sederhana untuk menjaga rumahmu tetap aman saat ditinggal mudik!

1. Pastikan pintu, garasi, dan jendela terkunci dengan rapat

Mengunci pintu

pexels.com

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan setiap pintu yang menjadi akses masuk ke dalam rumah sudah terkunci dengan rapat. Selain itu perhatikan juga celah-celah yang sekiranya bisa dimanfaatkan oleh orang tidak dikenal atau pencuri untuk masuk ke dalam rumah, seperti jendela, garasi, dan lubang ventilasi. Ada baiknya, pintu dan jendela di rumahmu dipasangi tralis untuk menghindari pembobolan yang bisa dilakukan pencuri.

2. Buka sedikit tirai dan nyalakan lampu hanya pada ruangan yang terlihat dari luar rumah

Membuka tirai jendela

housebeautiful.com

Hal yang satu ini perlu dilakukan untuk mengelabui siapapun yang berniat jahat dan ingin memasuki rumahmu tanpa izin. Dengan lampu yang terlihat menyala dan tirai yang terbuka, rumah seola-olah terlihat terisi oleh penghuninya sehingga orang tersebut akan berpikir ulang untuk membobol rumahmu.

Jika kamu khawatir lampu yang terus menerus menyala justru berbahaya dan bisa mengakibatkan kerusakan listrik, gunakan lampu yang sistem pencahayaannya bisa diatur dengan timer sehingga lampu mati secara otomatis di malam hari.

3. Matikan seluruh alat elektronik untuk menjaga agar listrik tidak konslet

Mematikan alat eketronik

housebeautiful.com

Mematikan alat-alat elektronik, seperti televisi, AC, dan kulkas, bukan hanya bertujuan untuk menghemat listrik. Hal ini juga bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti listrik yang konslet atau kebakaran yang diakibatkan dari kerusakan aliran listrik. Selain listrik, perhatikan juga alat rumah tangga lainnya, misalnya mencabut selang kompor gas dengan regulatornya ataupun mematikan stop kontak.

4. Simpan barang berharga di tempat yang aman dan tersembunyi

Tempat penyimpanan tersembunyi di bawah tangga

pinterest.com

Jika kamu memiliki perhiasan, sertifikat penting, dan sejumlah uang di dalam rumah, kamu perlu menyimpannya pada tempat yang aman dan tersembunyi. Kamu bisa menyimpannya dalam brankas, namu pastikan brankas tersebut tertanam pada dinding atau lemari sehingga tidak bisa dibawa lari oleh pencuri. Cara yang lebih aman adalah menyimpan barang berharga tersebut pada tempat-tempat yang sulit ditebak oleh pencuri, seperti pada peti tersembunyi di dalam tangga ini.

BACA ARTIKEL INI JUGA

penerangan rumah masa kini

macam-macam rangka atap

perhatikan ini jika hendak merenovasi rumah

5. Lapor ke petugas keamanan setempat untuk mengawasi dan menjaga keamanan rumah

Petugas keamanan rumah

pinterest.com

Keamanan rumah bisa dipastikan terjaga dengan baik saat ada orang lain yang membantu mengawasinya. Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya laporkan kepergianmu pada petugas keamanan setempat dan jangan lupa berikan nomor teleponmu agar Pak Satpam bisa menghubungi saat hal darurat terjadi. Sekalipun tidak ada petugas keamanan di komplek rumahmu, kamu bisa meminta bantuan tetangga yang paling kamu percayai untuk menjaga rumahmu.

6. Berhati-hatilah dengan media sosial, jangan terlalu banyak update tentang keberadaanmu

Penggunaan media sosial

bowerplace.com

Orang yang berniat mencuri di rumahmu bisa saja mendeteksi keberadaan kamu dan keluarga melalui media sosial. Untuk itu, di saat-saat mudik lebaran sebaiknya kamu lebih hati-hati dan cermat dalam menggunakan media sosial, hindari posting-an yang memperjelas bahwa kamu pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang lama karena siapapun bisa saja berniat jahat kepadamu jika ada kesempatan.

7. Agar semakin aman, pasang alat pengaman seperti alarm dan CCTV

CCTV di luar rumah

savesecurity.com

Opsi lain yang bisa dilakukan adalah dengan memperketat keamanan rumahmu dengan perangkat CCTV dan alarm. Pasang CCTV pada sudut dan titik strategis di dalam dan di luar rumah, terutama pada area kamu menyimpan barang-barang berharga. Praktisnya, dengan teknologi CCTV mutakhir kamu bisa memantau kondidi rumah dari jauh  melalui telepon genggam.

Itulah tujuh tips menjaga keamanan rumah yang bisa kamu coba terapkan saat kamu meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Selamat mudik, ya!

Bila kamu baca artikel ini dan menambah ilmu, kamu bisa like dan share artikel ini di sosial media, web, atau blog kemanapun yang kamu suka.