08
Des

Menyulap Desain Ruang Kerja di Kamar Tidur yang Nyaman dan Kreatif

Menyulap Desain Ruang Kerja di Kamar Tidur yang Nyaman dan Kreatif

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Apa yang paling kita rindukan dari rumah masing-masing ? selain anak, istri dan keluarga tercinta tentunya ada satu ruangan yang selalu kita ingat dan ingin kunjungi saat sedang penat, capek dan suntuk, yaitu kamar tidur utama dimana kita akan bisa beristirahat sepuasnya. Kamar tidur utama adalah kamar yang tidak hanya berfungsi sebagai kamar tidur saja. Di era modern seperti sekarang ini kamar tidur bisa beralih fungsi menjadi ruang kerja oleh para pekerja kreatif, menjadi ruang kongkow pasangan suami istri, menjadi tempat nonton, berlatih yoga dan masih banyak lagi. Berikut ini 10 langkah menyulap desain ruang kerja di kamar tidur yang nyaman dan kreatif.

1.    Membuat Sketsa Kamar Tidur

Membuat Sketsa Kamar

Sebelum menata kamar tidur yang akan kamu jadikan multifungsi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat sketsa kamar tidur. Sketsa ini nanti yang memperhitungkan perkiraan luas kamar tidur yang akan kamu pakai.

Selain itu, sketsa akan menentukan konsep dan barang-barang yang perlu digunakan saat bekerja. Kamu juga bisa menentukan kisaran anggaran belanja yang diperlukan untuk mendesain kamar tidur menjadi ruang kerja.

2.    Mengorganisir Barang-barang di Kamar

Merapikan Kamar

Cobalah untuk memperhatikan tata letak dan penyusunan barang-barang atau furnitur di kamar tidur. Apalagi jika kamar tidur sempit, kamu perlu meletakkannya dengan tepat. Misalnya, memakai tempat tidur yang memiliki ruang penyimpanan atau dilengkapi slot laci. Dengan begini kamu bisa meletakkan beberapa barang di bawah tempat tidur.

Selain itu, kamu bisa memaksimalkan penggunaan lemari dan rak secara efektif untuk menyimpan barang-barang yang ada di kamar. Dengan barang yang terorganisir, maka kamu sudah bisa menghadirkan area ruang bekerja yang minimalis, plus sudah terlihat maksimal.

READ  Langkah Memaku Tembok Yang Benar

3.    Hadirkan Furnitur Simpel dan Multifungsi

Tempat Tidur Tingkat

Solusi lain untuk membuat kamar tidur nyaman sebagai ruang kerja adalah dengan memilih furniture yang simpel. Misalnya, kamu bisa pilih tempat tidur tingkat multifungsi, sehingga salah satu bagian bisa kamu gunakan untuk bekerja. Selain itu kamu dapat menggunakan kasur lipat sebagai alas tidur. Karena, kasur lipat akan lebih praktis dan mudah disimpan untuk menghemat ruang yang sempit.

Lebih baik lagi jika kamu hadirkan kasur lipat yang dapat dilipat langsung ke dinding. Dengan begini, segala urusan jadi lebih praktis.

4.    Mengurangi Barang di dalam Kamar

Ruang Kerja di Kamar

Bagi orang Indonesia, kamar akan tampak penuh dengan berbagai perlengkapan seperti pakaian, lemari kaca, rak buku, kosmetik dan lain sebagainya. Bahkan ada di antaranya yang difasilitasi alat elektronik seperti TV khusus di dalam kamar.

Nah karena akan ditambahkan ruang bekerja, yang mana nantinya akan banyak tersimpan dokumen-dokumen dan kebutuhan pekerjaan lainnya, kamu harus pandai dalam memilih kebutuhan yang penting untuk pekerjaan. Barang-barang yang tidak produktif sebaiknya disingkirkan agar ruang lebih lega.

5.    Hadirkan Pencahayaan yang Masuk ke Kamar

Ruang Kerja di Kamar

Kamar tidur dengan luas terbatas dan tidak disinggahi oleh sinar matahari akan membuat suasana semakin pengap dan sempit. Oleh karena itu, pencahayaan juga menjadi unsur penting dalam kesehatan diri sendiri, plus dapat menunjang ruang kerja yang menarik di kamar.

Cahaya yang baik sebenarnya adalah pencahayaan yang natural, dari cahaya matahari. Maka dari itu, perhatikan ventilasi dan jendela kamar kamu agar supply cahaya matahari cukup untuk menerangi kamar. Usahakan untuk meletakkan ruang kerjamu menghadap jendela agar sinar matahari dapat langsung terasa.

Cahaya matahari juga berguna untuk menjaga kelembapan udara di kamar tidur kamu, sehingga memungkinkan kamar tidurmu nyaman dan sehat untuk dijadikan ruangan bekerja.

READ  Konsep Fungsional Untuk Desain Toko Retail Anda

6.    Memilih Warna Dinding yang Cocok

Warna Cat Kamar

Salah satu cara agar kamu dapat bekerja di kamar tidur dengan produktif dan bersemangat adalah dengan menggunakan warna favorit sebagai utama di dalam kamar. Jadi, kamu harus memperhatikan warna cat dinding kamar. Sebaiknya segera ganti cat dinding kamar tidur, jika kamu merasa tidak nyaman dengan warna catnya. Selain itu, kamu juga harus melakukan pengecatan ulang jika ternyata cat sudah kusam atau mengelupas.

Menggunakan warna favorit di dinding kamar tidur bisa menjadi trik efektif untuk kenyamanan bekerja di kamar tidur. Namun di lain sisi, sebaiknya kamu hindari pemilihan warna gelap. Warna dinding yang gelap akan membuat dinding tampak lebih dekat dan terasa semakin sempit, plus membuat suasana bekerja terasa suntuk dan malas.

Coba pilih cat berwarna cerah untuk dinding kamar tidur. Dengan demikian kamar tidur kamu akan berkesan lebih lapang. Warna-warna yang bisa dipilih tidak harus putih, tetapi bisa memilih warna cerah lainnya sesuai dengan warna favorit kamu, seperti warna biru muda, kuning, atau pink muda.

8.    Menggunakan Pintu Geser

Pintu Geser Kamar

Pintu geser atau pocket door akan sedikit membantu dekorasi kamar tidurmu. Dengan menggunakan pintu geser, maka kamar tidur kamu yang berukuran kecil menjadi lebih optimal. Pintu geser tidak memakan banyak tempat sehingga nyaman dan cocok digunakan.

Pilihlah pintu geser berbentuk yang tinggi dan ramping, maka kamar tidur akan terlihat menarik dan leluasa pula menghadirkan ruang kerja.

9. Ornamen Hiasan Pendukung Lainnya

Dekorasi Meja Kerja di Kamar

Selain pencahayaan, warna, dan pintu geser kamu bisa melengkapi dengan beberapa dekorasi lain. Namun, kamu wajib perhatikan baik-baik, jangan sampai dekorasi tersebut nantinya justru membuat suasana kamar tidurmu yang kecil menjadi terasa semakin sempit lagi. Maka dari itu, bijaksanalah ketika memilih barang-barang dekorasi untuk kamar.

READ  Plus Minus Batu Granit

Kamu bisa menambahkan beberapa wallpaper, signage, tanaman hias, cermin kecil, atau alat-alat lain yang bisa menunjang mood bekerja nantinya. Bahkan, kamu boleh menyertakan alat-alat sebagai hiburan supaya tidak bosan atau jenuh ketika bekerja di kamar tidur. Tapi yang terpenting adalah komposisi yang tepat dan mengedepankan kenyamanan kamu dalam bekerja di kamar.