08
Des

Mengoptimalkan Desain Bunk Bed untuk Kamar Tidur Anak

Mengoptimalkan Desain Bunk Bed untuk Kamar Tidur Anak

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – ”BUNK bed” atau ranjang tingkat atau ranjang susun bisa jadi solusi untuk beberapa persoalan tata letak. Misalnya, punya dua anak tetapi hanya tersedia satu kamar, atau ingin menyiasati kamar yang sempit. Tipe tempat tidur yang satu ini cukup unik. Untuk menghemat tempat, ranjang dibuat bertumpuk dengan jarak tertentu. Biasanya dibingkai dengan material seperti kayu atau besi.Ranjang jenis ini biasanya digunakan oleh anak-anak. Meski demikian, penggunaan bunk bed semakin meluas dan orang dewasa pun bisa memakainya. Misalnya, untuk asrama atau penginapan dengan konsep roomate.  Berikut ini cara mengoptimalkan desain bunk bed untuk kamar tidur anak.

Aspek Penting dalam Memilih Ranjang Tingkat

Sebelum mulai spesifik memperhatikan desain bunk bed yang diinginkan, mulailah dengan memahami aspek yang harus diperhatikan dulu, beberapa diantaranya:

1.  Ukuran Ruangan

Luas kamar di rumah kamu harus diperhatikan dulu agar ranjang tingkat yang dipilih akan muat tanpa harus bersempit-sempitan di kamar. Dengan mengetahui ukuran yang tepat, kamu juga dapat menentukan bentuk ranjang tingkat yang ideal nantinya.

2.  Tema Ranjang Tingkat

Desain bunk bed harus kamu tentukan sesuai dengan usia dan jenis kelamin si anak. Cara yang efektif untuk memilih tema adalah dengan berdiskusi kepada keluarga dan anak-anak mengenai seleranya.

3.  Warna Ranjang Tingkat

Warna harus sesuai dengan tema kamar. Untuk dinding kamar yang berwarna cerah, pilihlah warna ranjang tingkat yang gelap agar terjadi keseimbangan warna di kamar. Dengan demikian, warna dan tema akan membuat perasaan nyaman bagi kamu dan keluarga.

Namun jika dalam kondisi tertentu kamu tidak bisa memilih warna ranjang tingkat, bisa juga dengan memilih warna yang sesuai dengan sprei dan selimut.

READ  Kelebihan Kekurangan Rumah Di Pinggir Jalan Raya

4.  Tata Letak

Nah di sinilah kejelian kamu dituntut lebih dalam. Kamu harus jeli meletakkan desain bunk bed di kamar yang berukuran sempit. Letakkan pada posisi yang tepat, sehingga tidak membuat suasana tidak nyaman karena sempit. Pastikan setelah meletakkan ranjang tingkat, masih tersedia space yang cukup untuk anak dapat bermain.

5.  Keselamatan

Yang terpenting dari seluruh aspek adalah keselamatan. Kebanyakan yang menggunakan ranjang tingkat adalah anak-anak. Untuk itu, kamu harus berhati-hati dalam memilih ranjang tingkat agar si anak tetap aman.

Tips memilihnya adalah dengan memperhatikan bahan material yang digunakan. Biasanya, bahan material dari kayu yang baik yaitu dari kayu jati dan kayu mahoni. Kedua kayu ini sudah terbukti kualitasnya dan terbukti tahan lama.

Hal lain yang penting untuk keselamatan anak adalah dengan memperhatikan ketinggian ranjang, ketebalan kasur, kondisi tangga, dan pagar pembatas ranjang tingkat. Perhatikan juga berat badan anak, jangan biarkan anak yang sangat gemuk tidur di ranjang tingkat. Dan untuk sebuah keamanan, alangkah baiknya jika anak di bawah usia 5 tahun tidak diizinkan dulu tidur di ranjang tingkat.

Mengoptimalkan Ranjang Tingkat

Nah setelah itu, supaya desain bunk bed yang sudah direncanakan dapat digunakan secara optimal, maka kamu harus cari cara agar bunk bed tetap optimal digunakan. Lalu bagaiman caranya agar tetap optimal? Berikut caranya:

1.  Pasang Ranjang Tingkat Menempel pada salah Satu Dinding Kamar

Dengan pemasangan ranjang tingkat menempel pada salah satu dinding kamar, akan membuat ruangan memiliki space yang cukup. Selain itu, cara ini dapat membuat kekuatan ranjang tingkat bertambah. Dinding tempat menempel ranjang menjadi penambah daya topang bagi ranjang tingkat.

READ  Kenali Meja Minimalis

Hal penting yang harus kamu hindari adalah meletakkan ranjang tingkat di dekat jendela. Selain tidak aman, meletakkan perabotan yang menutupi jendela akan memberikan kesan ruangan lebih sempit.

2.  Jadikan Bawah Ranjang Tingkat Sebagai Tempat Penyimpanan

Sebenarnya mau bagaimana pun kamu mengatur tata ruang sebelumnya, kamar akan tetap semakin sempit setelah meletakkan bunk bed ini. Untuk itu, kamu bisa akali dengan memanfaatkan kolong ranjang bawah sebagai tempat penyimpanan.

Coba alokasikan beberapa barang yang mungkin bisa disimpan di kolong ranjang tingkat. Apalagi saat ini sudah banyak desain bunk bed yang memiliki kotak penyimpanan di bawah ranjang agar semakin optimal.

3.  Susun Perabotan Berdasarkan Tinggi Perabotan

Selain meletakkan barang di storage bawah tempat tidur, bisa juga akali dengan mengatur perabotan sesuai ukuran. Caranya adalah dengan mengurutkan perabotan secara berjejer di dinding, kemudian atur dari ukuran tinggi barang tersebut.

Urutkan berjajar menempel dinding dimulai dari barang yang tertinggi, misalnya lemari, rak buku, kemudian meja belajar. Tinggi dan rendah barang-barang di kamar yang tidak beraturan nyatanya bisa membuat kamar tampak sesak, maka dari itu dengan menyusun berjenjang akan sedikit memberi solusi untuk masalah ini.

Desain Bunk Bed yang Ideal

Untuk mengoptimalkan ranjang tingkat di kamar kamu yang sempit, pemilihan desain bunk bed juga perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa desain ranjang tingkat yang bisa jadi inspirasi kamu di kamar:

1.  Desain Bunk Bed Berbentuk L

Desain Bunk Bed Berbentuk L

Ranjang tingkat berbentuk L menjadi pilihan utama bagi kamu yang memiliki kamar sempit. Dengan bentuk L ini, kamu bisa menempatkan tempat tidur di bagian atas, lalu jadikan area bawah sebagai tempat duduk atau a la sofa untuk bersantai. Atau bisa juga jadikan area bawah sebagai meja belajar si anak.

READ  Lahan Cuma 7x12 Meter tapi Ada Kolam Renang Minimalis

2.  Desain Bunk Bed Empat Ranjang

Desain Bunk Bed 4 Orang

Ranjang tingkat dengan tipe ini didesain oleh John Rabshow dan Jonathan Adler, warga Silicon Valley, California (Amerika Serikat). Di dalam kamar yang tidak begitu luas, ranjang tingkat untuk empat orang ini dapat menjadi solusi bagi keterbatasan ruang kamar di rumah. Bahan dasar dari kayu walnut menjadi ciri khas ranjang tingkat ini.

3.  Desain Bunk Bed Bawah Tangga

Bunk Bed Bawah Tangga

Desain bunk bed bawah tangga ini merupakan gaya modern yang dibuat oleh desainer Anne Marie Midy, warga Paris (Prancis). Memadukan ranjang dengan tampilan tangga yang menyerupai tangga rumah ini membuat kesan ruang kamar lebih multifungsi. Dengan begini, si anak juga bisa berkreasi lebih mudah meskipun lebar ruangan terbatas.

4.  Desain Bunk Bed Tematik

Desain Bunk Bed Tematik

Desain ranjang tingkat tematik ini adalah satu desain yang unik karena bisa memilih berbagai tema seperti perahu, rumah pohon, dan kendaraan. Ranjang unik ini memanfaatkan ruang sempit namun optimal. Desainer yang merancangnya adalah Carol Egan dan Wayne Nathan, warga Manhattan (Amerika Serikat). Material yang kuat membuat desain ranjang ini cocok dan aman untuk anak-anak.

5.  Desain Bunk Bed Minimalis

Bunk Bed Minimalis

Desain ranjang tingkat minimalis adalah salah satu desain ranjang tingkat yang modern. Menariknya, konsep ini juga cocok untuk orang dewasa pula. Bunk bed model ini tersedia tangga yang berada di samping pada bagian panjang ranjang, sehingga tidak membuang banyak tempat untuk kamar yang tidak cukup luas.

Selain desain bunk bed di atas, masih banyak desain lain yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan kamar yang tidak luas.