13
Apr

Mengenal Jenis Pintu Rolling Door

MENGENAL ROLLING DOOR

Sumber : implaw.com

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Berbagai banyak jenis pintu yang di gunakan sebagai tempak masuk utama. Salah satu yang sering ditemui adalah rolling door. Pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai pintu rolling door. Bagi anda yang sedang mencari pintu maka anda harus mengenal salah satu jenis pintu ini. Mari simak ulasan di bawah ini.

Rolling door adalah pintu dengan sistem buka tutup gulung ke atas dan ke bawah. Slat daun pintu digulung ke arah atas dan bawah melalui piranti atau komponen yang terdapat pada box atas, terdiri dari pipa as, roda gulung, dan per.

Baca Juga : Memperbaiki Kusen Pintu Dan Jendela Rusak

Roda gulung dan per ini lha yang berfungsi menggulung slat pintu saat hendak dibuka dan mengulurnya saat hendak ditutup. Pipa as merupakan pilar tempat tumpuan semua beban dari rolling door. Rolling door biasanya terdiri dari satu daun pintu, namun ada juga yang terdiri dari beberapa daun pintu yang dipisahkan dengan slat pada bagian tengahnya.

Baca Juga : Model Pintu Keren Untuk Kamar Tidur

Rolling door terdiri dari dua jenis, yaitu rolling door manual dan rolling door otomatis. Rolling door manual dibuka tutup dengan menggunakan manual atau alat bantu seperti tangkai untuk mengjangkau pegangan pintu. Sedangkan rolling door otomatis atau industri menggunakan motor listrik sehingga bisa dibuka tutup secara otomatis menggunakan tombol atau remote untuk kendali jarak jauh, Umumnya rolling door otomatis digunakan pada tempat-tempat yang memiliki lubang pintu tinggi seperti garasi truk dan gudang industri yang sulit dijangkau dengan tangan.

Rolling door dapat dijumpai pada area pertokoan, namun dalam skala besar rolling door biasanya dijumpai pada kawasan industri dan pabrik.