30
Apr

Mengenal Pasir Cilegon Dan Kelebihannya

MENGENAL PASIR CILEGON

Sumber : daftarhargabangunan.com

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Ada berbagai jenis pasir untuk material pembangunan rumah. Salah satu jenis pasir yang sering kali di jadikan pilihan masyarakat adalah pasir cilegon. Apa yang anda ketahui mengenai pasir cilegon ? Jika anda ingin memilih pasir tersebut mari mengenal lebih kau mengenai kelebihan pasir cilegon dengan menyimak informasi di bawah ini. Selamat membaca !

Tentang Pasir Cilegon

Sebagai bahan material yang penting dalam konstruksi bangunan, pemilihan pasir perlu diperhatikan dengan baik. Dengan begitu, bangunan dapat berdiri dengan kokoh dan tahan dalam waktu yang lama.

Setelah mengetahui hal-hal penting dalam membeli jenis pasir yang baik, maka pada tulisan ini akan mereview sedikit informasi tentang salah satu dari banyaknya jenis pasir di Indonesia yaitu pasir cilegon. Simak informasi selengkapnya.

Pasir putih cilegon sangat familiar bagi masyarakat luas, khususnya masyarakat di Pulau Jawa. Karena tambang pasir putih cilegon ini berasal dari daerah Cilegon, Banten. Pasir dengan warna putih ini memiliki karakteristik butiran pasir yang halus dan lembut. Baca Juga : Jenis Jenis Pasir Untuk Membangun Rumah

Agar memperoleh pasir putih cilegon yang berkualitas, kamu dapat mengetahui ciri pasir yang layak digunakan untuk bahan material bangunan. Diantara ciri pasir putih cilegon yang berkualitas adalah sebagai berikut.

1. Pasir tak mengandung tanah liat atau lumpur
2. Pasir tak mengandung bahan kimia
3. Butiran pasir tak banyak bebatuan dan tak terlalu besar

Kelebihan Pasir Cilegon

Setiap jenis pasir memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini adalah kekurangan dan kelebihan yang perlu diketahui.

1. Harga pasir ini cukup murah dan terjangkau
2. Memiliki tekstur yang keras dan kuat
3. Hasil plester yang didapat halus dan merata sehingga akan terlihat bagus
4. Sangat cocok dijadikan bahan campuran pembuatan lantai dasar dari gedung yang bertingkat.Kekurangan dari Pasir Cilegon

Baca Juga : Apa Itu Genteng Metal Pasir?

Dibalik kelebihan yang dimiliki, pasir putih cilegon juga memiliki kekurangan yang perlu diketahui. Kekurangannya adalah kadar lumpur yang cukup tinggi. Tentu saja hal ini tidak akan baik jika digunakan untuk pengecoran.

Meskipun begitu, kekurangan pasir putih cilegon ini dapat diatasi dengan membeli pasir putih cilegon cuci, dimana kandungan kadar lumpur yang sudah dihilangkan.