07
Jan

Mengenal Mezzanine dan Cara Menerapkannya di Rumah

Mengenal Mezzanine dan Cara Menerapkannya di Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Hunian modern sudah tidak asing lagi dengan istilah mezzanine. Lantai ini dikenal sebagai salah satu solusi untuk ruang ekstra di dalam rumah tanpa menambah lantai bangunan. Selain berfungsi sebagai ruang tambahan, mezzanine juga dapat membuat rumah Anda terlihat lebih menarik. Umumnya, mezzanine merupakan ruang terbuka, tetapi lantai ini juga bisa menawarkan ruang pribadi yang fleksibel dan nyaman. Yuk kita mengenal mezzanine dan cara menerapkannya di rumah.

Apa itu Mezzanine ?

Orang awam biasanya mengira bahwa mezzanine adalah bagian dari langit-langit sebuah rumah. Mezzanine pada dasarnya sebuah ruang atau lantai tambahan, bentuknya berupa sebuah balkon dalam ruangan. Letaknya diantara atap atau plafon dan lantai bawah, sehingga ia berada di tengah keduanya.

Mezzanine juga memiliki arti ruangan yang dibangun dengan desain partisi dalam sebuah bangunan, namun tidak sampai naik ke langit-langit dalam arsitektur Prancis. Ruang tambahan dengan yang biasanya hanya seluas sepertiga keseluruhan ruangan ini sebelumnya tidak lazim digunakan dalam desain rumah modern.

Dahulu, mezzanine lebih banyak digunakan untuk pabrik dan bangunan pergudangan karena biasanya bangunan tersebut memiliki plafon atau atap yang tinggi sehingga dimanfaatkan sedemikian rupa. Lebih mudah untuk membuat lantai mezzanine apabila ingin menambahkan lantai di pabrik dan gudang.

Namun, pada saat itu ruang tambahan ini masih dibuat dengan semi permanen atau dengan konstruksi sementara sehingga lebih mudah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Saat ini, mezzanine sering digunakan di rumah, hotel, apartemen, perkantoran, toko, ruang pertunjukan, dan gereja.

Manfaat Mezzanine

Untuk memaksimalkan lahan dan membuat ruangan lebih fungsional, menerapkan mezzanine di rumah merupakan salah satu solusi yang tepat untuk dipilih. Kalau rumahmu minimalis namun memiliki atap atau plafon yang tinggi, membuat ruang tambahan ini bisa menjadi solusi untuk menambah ruang di rumah yang kecil.

READ  Tips Menata Dapur Kering dan Dapur Basah

Di hunian modern, fungsi mezzanine ternyata tidak hanya sebagai ruang tambahan, melainkan terdapat fungsi menarik lainnya. Berikut merupakan manfaat menerapkan ruang tambahan ini di rumahmu.

1. Memungkinkan rumahmu mendapat ruang ekstra dengan biaya yang hemat. Menerapkan mezzanine bisa menjadi solusi yang tepat dan hemat dibanding harus merombak rumah dan membangun ruang tambahan di dalamnya. Menarik bukan?

2. Memiliki fungsionalitas yang tinggi. Ruang ekstra ini memungkinkan kamu untuk menggunakannya untuk berbagai tujuan, mulai dari kamar tidur tambahan, ruang bersantai, area penyimpanan, ruang studio kerja, dan lain-lain. Karena bisa didesain dengan fleksibel, Kamu pun bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan.