07
Jan

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Plafon Triplek

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Plafon Triplek

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Plafon, atau yang biasa kita sebut langit-langit rumah, adalah sebuah komponen rumah yang menutup dan melindungi ruangan dari kerangka atap. Plafon di rumah memiliki banyak jenis, beberapa di antaranya yang paling sering digunakan adalah langit-langit triplek, plafon gipsum, dan plafon fibersemen atau GRC board. Dari tiga jenis langit-langit di atas, kali ini kita akan membahas tentang langit-langit triplek. Plafon yang terbuat dari lapisan-lapisan kayu tipis ini sangat spesial rasanya karena lebih populer dibandingkan dengan jenis lainnya. Yuk kita mengenal kelebihan dan kekurangan plafon triplek.

Apa Itu Plafon Triplek?

Pengertian Plafon Triplek
 

Plafon triplek adalah salah satu jenis material plafon dari bahan kayu triplek dengan ketebalan yang beragam, mulai dari 3 mm, 4 mm, 5 mm, hingga 6 mm. Sebelum gypsum, plafon triplek lebih dulu dikenal dan menjadi jenis plafon favorit berkat berbagai keunggulan yang ditawarkan. Harga plafon triplek pun relatif murah dan sangat terjangkau dibandingkan dengan harga plafon akustik yang lebih mahal.

Biasanya, plafon triplek dijual dalam bentuk lembaran-lembaran papan dengan berbagai ukuran dan ketebalan. Plafon jenis ini sangat cocok di instalasi menggunakan rangka kayu dan kaso.

Dalam pemasangan 1 meter persegi, dibutuhkan lembaran triplek sebanyak 0,347 lembar, paku sebanyak 0,220 kg, dan kaso 5/7 atau 4/6 dengan panjang 4 meter sebanyak 1,5 batang. Saat pemasangan plafon, triplek dapat dipasang secara utuh tanpa dipotong atau dibagi menjadi 4 bagian bagian dengan ukuran 61 x 122 cm.

READ  Inspirasi Menata Pigura