16
Apr

Mengenal Kayu Bengkirai

MARI MENGENAL KAYU BENGKIRAI

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Apakah anda perah mendengar mengenai kayu bengkirai?. Kayu bengkirai cukup terkenal sebagai dasar bahan furniture rumah tangga. Jika anda sedang mencari furniture berbahan dasar kayu bengkirai, anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan kayu bengkirai sebagai bahan furniture. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai kayu bengkirai, mari simak ulasan di bawah ini.

Apa Itu Kayu Bengkirai?

Kayu Bengkiraijobearnshaw.co.uk

Kayu bengkirai kerap disebut juga dengan nama Yellow Balau. Jenis kayu yang satu ini banyak ditemukan di kawasan hutan tropis seperti di Kalimantan, serta di sejumlah wilayah di Filipina dan Malaysia. Fakta lainnya, kayu bengkirai juga dapat tumbuh hingga 40 meter dengan diameter mencapai 120 cm. Memiliki karakter padat dengan warna khas kuning kecoklatan, kayu bengkirai dapat kering dalam waktu mulai 12 hari hingga 1 bulan lamanya pada suhu normal untuk diolah menjadi berbagai keperluan untuk hunian.

Terdiri dari berbagai macam tekstur seperti halus dan sedikit kasar, kayu bengkirai juga memiliki tingkat kekerasan yang tinggi. Selain itu, kayu bengkirai juga mempunyai bobot yang sedikit lebih berat ketimbang kayu jati. Meskipun kayu bengkirai memiliki potensi retak yang tinggi, namun kayu bengkirai dapat diperbaiki dengan mudah, kamu cukup menutupinya dengan dempul atau wood filler yang tidak akan mengurangi kekuatan kayu bangkirai itu sendiri. Baca Juga : Ciri Dan Kegunaan Kayu Meranti

Kayu Bengkirai Memiliki Durabilitas Tinggi

Kayu Bengkirai Memiliki Durabilitas Tinggisoftwoods.com.au

Menurut Departemen Kehutanan, kayu bengkirai merupakan jenis kayu dengan tingkat kekuatan kelas I dan II yang nyaris setara dengan kayu jati. Alhasil, durabilitas tinggi dari kayu bengkirai membuatnya ideal untuk diolah menjadi berbagai keperluan eksterior rumah seperti atap, decking, hingga pagar rumah.

Tak hanya itu, kayu bengkirai juga memiliki tingkat keawetan kelas I, II dan III tergantung dari umur. Kayu bengkirai memiliki ketahanan yang prima terhadap cuaca ekstrim sehingga sering dipakai untuk keperluan konstruksi berat seperti jembatan, bantalan rel kereta, hingga perkapalan.

Pengolahan Mudah Kayu Bengkirai

Kayu Bengkirai Pengelolahan Mudah

blogspot.com

Meskipun bobot kayu bengkirai lebih berat dari kayu jati, namun kayu yang satu ini sangat mudah diolah. Kayu bengkirai dapat diserut, diukir dan dipotong dengan mudah sehingga menjadi favorit para pengrajin kayu untuk membuat berbagai produk eksterior seperti kursi ataupun meja yang khusus ditempatkan di luar ruangan. Baca Juga : Jenis Kayu Untuk Ukiran

Kayu Bengkirai untuk Hunian Estetik

Kayu Bengkirai untuk Hunian Estetik

google.com

Dengan karakter warna kuning kecoklatan, kayu bengkirai menawarkan keindahan melalui kesan natural yang kasual, tidak berlebihan, bahkan sangat ideal untuk ditimpa menggunakan berbagai warna cat. Selain itu, warna netral dari kayu bengkirai juga dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih estetik di berbagai gaya dan konsep hunian.

Harga Ekonomis Kayu Bengkirai

Kayu Bengkirai Ekonomis

google.com

Memiliki ketahanan prima yang tak kalah dengan kayu jati, kayu bengkirai dijual dengan banderol yang jauh lebih ekonomis. Dengan harga mulai Rp 30.000 per batangnya dalam ukuran 6 cm × 12 cm x 400 cm, tentu kayu bengkirai menjadi solusi sempurna untuk kamu yang ingin menciptakan hunian berkonsep natural tanpa harus merogoh kantong terlalu dalam. Baca juga : Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Untuk Rangka Atap