15
Jul

Mengenal Kanopi Balkon dan Serba-Sebinya

Mengenal Kanopi Balkon dan Serba-Sebinya!

Harga Kanopi Baja Ringan dan 12 Model untuk Referensi Anda

Kontraktor Jogja Mengenal Kanopi Balkon dan Serba-Sebinya. Kanopi balkon adalah sebuah rangka atap tambahan yang terpasang secara terpisah dari kontruksi atap utama. Dimana letak pemasangannya adalah pada balkon. Lalu pertanyaannya, balkon itu apa?. Yaitu sebuah salah satu elemen struktur bangunan, berupa ruang terbuka dan berada pada ketinggian tertentu. Fungsi balkon pada bangunan awalnya adalah sebagai atap/dak beton. Namun seiring berjalannya waktu, atau pas pada saat proses konstruksi, balkon kemudian dapat Anda manfaatkan untuk berbagai jenis kegiatan.

 

Rangka besi dan baja menjadi pilihan populer bagi kanopi balkon, karena pengerjaannya cepat dengan hasil yang kuat. Selain itu kanopi balkon jenis ini memiliki banyak opsi untuk tampilan akhirnya, mulai dari minimalis hingga industrial.

Terdapat dua komponen utama dari kanopi balkon, struktur rangka dan plat lantai. Untuk luasan maksimal 5×5 meter, struktur rangka bisa menggunakan besi hollow. Sedangkan untuk ukuran yang lebih luas, sebaiknya menggunakan rangka dari baja WF. Plat lantainya sendiri menggunakan plat bordes, baik yang press maupun tidak. Tentu saja kualitas material akan menentukan kekuatan dari kanopi balkon itu sendiri.

Keuntungan menggunakan kanopi balkon yang paling utama adalah pemanfaatan ruang secara optimal. Karena tidak perlu melakukan renovasi untuk mengubah bangunan, cukup memanfaatkan luas halaman yang ada saja.

Terakhir, kamu bisa mendesain kanopi balkon sesuai keinginanmu. Layaknya teras atau rooftop pada umumnya, kamu bisa menambahkan kursi teras dan meja, memberi finishing plat baja dengan keramik atau rumput sintetis, dan menata lampu untuk mempercantik pencahayaan di malam hari.

READ  Tips Jendela Kaca Pada Rumah

Aman dari Panas dan Hujan, Berikut Referensi 10 Kanopi Balkon Lantai 2 yang  Keren | Rumah123.com

Beberapa catatan ini perlu kamu pertimbangkan untuk memasang kanopi balkon. Pertama, pastikan kualitas material yang digunakan baik, agar kanopi balkon kokoh dan tidak timbul masalah di kemudian hari. Kedua, sebaiknya melapisi plat lantai dengan insulasi yang baik sehingga kanopi tidak panas dan kedap suara. Ketiga, jangan lupa memasang saluran air atau talang yang sesuai dengan desain kanopi balkon, supaya air tidak menggenang di atasnya. Dan terakhir, hindari menggunakan jasa pemasangan kanopi balkon dengan tarif pengerjaan per meter, karena masing-masing rumah memiliki kondisi halaman yang berbeda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.