23
Okt

Mengenal Jenis-jenis Talang Air dan Cara Merawatnya

Mengenal Jenis-jenis Talang Air dan Cara Merawatnya

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –Talang air rumah merupakan salah satu bagian terpenting dari atap rumah kita. Khususnya di Indonesia, seperti yang kita tahu di seluruh wilayah negara kita ini dibekali iklim tropis dengan curah hujan yang terbilang cukup tinggi, meskipun tiap daerah memiliki curah hujan yang berbeda beda. Namun dapat digaris bawahi bahwa semua daerah sama – sama dibekali musim hujan yang cukup panjang. Mengingat hal ini, tentu anda sudah mulai menyadari bahwa fungsi talang air hujan sangat vital bukan. Sebelum membeli anda harus mengenal jenis-jenis talang air dan cara merawatnya.

Talang Air PVC

Mengenal Jenis-jenis Talang Air dan Cara Merawatnya

Dengan harga yang cukup murah, talang PVC menjadi pilihan yang cukup populer di Indonesia. Selain tidak akan berkarat, banyak orang memilih memakai talang PVC karena bobotnya yang ringan dan pemasangannya yang mudah. Walaupun demikian, talang PVC memiliki sifat yang tidak terlalu tahan terhadap perubahan cuaca. Perubahan cuaca yang ekstrem membuat talang PVC rentan pecah dan rusak. Karenanya, Anda perlu memperhatikan kondisi talang PVC Anda secara rutin dan bersiap menggantinya dengan yang baru jika talang Anda mulai rusak.

Talang Air Logam

Mengenal Jenis-jenis Talang Air dan Cara Merawatnya

Talang air logam memiliki beberapa varian material, seperti seng, aluminium, dan galvalum. Bahan seng fleksibel untuk dibentuk sesuai bentuk atap sehingga dapat mengalirkan air hujan dengan efektif dan memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan material lainnya. Sayangnya, material seng cenderung mudah berkarat. Kini, ada talang dengan material galvalum yang memiliki lapisan anti karat sehingga lebih tahan lama dari seng. Proses pemasangan talang logam terbilang mudah karena bobotnya yang ringan. Namun, kelemahannya adalah talang ini akan menimbulkan suara yang berisik ketika hujan datang.

READ  Jenis Paving Block dan Ukuran

Talang Air Beton

Mengenal Jenis-jenis Talang Air dan Cara Merawatnya

Talang air beton merupakan jenis talang konvensional yang sudah ada lebih dulu dibanding talang air PVC dan logam. Akan tetapi, jika dilihat dari daya tahan kekuatannya, talang air beton lebih unggul dari keduanya. Talang air jenis ini tahan terhadap paparan panas sinar matahari. Di saat hujan deras sekalipun, talang berbahan beton tetap dapat mengalirkan air dengan sangat baik.

Jika Anda ingin menggunakan talang jenis beton, Anda harus menyiapkan budget lebih dibandingkan 2 jenis talang lainnya. Selain itu, untuk pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Cara Merawat Talang Air

Mengenal Jenis-jenis Talang Air dan Cara Merawatnya

Walaupun cara kerjanya sederhana, talang air juga membutuhkan perawatan. Bentuknya yang seperti bak penampungan kerap kali menjadi area bertumpuknya berbagai macam kotoran. Jangan biarkan kotoran-kotoran tersebut menumpuk pada air talang air Anda karena dapat menyumbat aliran air ketika musim hujan tiba. Anda dapat menggunakan alat bantu yang berukuran lebih kecil untuk membersihkan jalur air. Selain jalur air, Anda juga perlu memperhatikan lubang talang air. Semprotkan air dengan selang yang bertekanan cukup tinggi hingga kerak-kerak kotoran yang mengendap pada dinding talang dapat terbawa air menuju ke tempat pembuangan.