11
Mei

Mengenal 3 Material Utama Bangunan

Mengenal 3 Material Utama Bangunan

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Ada berbagai jenis material dalam bangunan. Tetapi terdapat 3 jenis material bangunan yang wajib dan utama harus ada dalam daftar material dalam rumah anda. Jika anda ingin membangun rumah pas tikan terdapat jenis material ini ya. Mau tahu apa saja material yang di maksud apa saja? Mari langsung simak ulasan di bawah ini. Selamat membaca !

1.Beton

Salah satu bahan yang biasa digunakan adalah beton, beton ini dibentuk dari campuran bahan lainnya seperti, semen, pasir, batu dan lainnya.

Setelah dicampur dan dicetak beton ini digunakan sebagai salah satu bagian dari bangunan.

Kekuatan dari beton ini juga  mempunyai beberapa tingkatan kekuatan seperti k-1000 yang artinya beton ini mempunyai ketahan sampai dengan 1.000 kg/m2.

Mutu dari beton juga dapat digolongkan ke dalam 3 kelas, yaitu :

  • Beton kelas 1: K-100, K125, K-150, K-175, dan K-200 . Biasanya kelas ini digunakan bukan untuk pekerjaan struktur namun biasanya digunakan untuk struktur beton tanpa tulangan seperti beton siklop, trotoar dan pasangan batu kosong yang diisikan adukan.

 

  • Beton Kelas 2 : K-225, K-250, dan K-275. Biasanya dipakai untuk melakukan pekerjaan struktur seperti lantai, jalan, pondasi dan masih banyak lagi. Kalau Anda ingin membangun rumah 2 lantai, material beton kelas  2 ini akan cocok untuk rumah Anda.

Baca Juga : Keuntungan Memakai Railing Besi Tempa

  • Beton kelas 3 K-325, K-350, K-375, K450, dan K-500.Biasa disebut beton khusus dan digunakan untuk landasan pesawat, jembatan dan lain sebagainya yang memerlukan pondasi yang sangat kuat.

2. Besi Beton

Besi beton ini biasanya digunakan di konstruksi bangunan dan digunakan sebagai penopang bangunan tersebut.

harga besi beton

Besi beton ini biasanya berbentuk lingkaran yang berfungsi untuk menyatukan besi tersebut. Dan ada cara untuk mengetahui berat besi per m, anda dapat menggunakan tabel berat besi.

TABEL BERAT BESI

tabel berat besi

3. Semen

Elemen terpenting lainnya untuk pembangunan adalah semen, karena tanpa semen pekerja bangunan tidak bisa menyatukan bahan-bahan bangunan lainnya menjadi satu.

Baca Juga ; Tips memilih semen berkualitas baik

Fungsi utama dari semen adalah sebagai bahan pengikat antar bahan. Apabila ingin membeli semen sendiri, biasanya tempat jual bahan bangunan biasanya menjual semen dalam bentuk satuan zak atau kg, dan biasanya hitungan 1 zak itu sama dengan 40-50 kg.

Selain 3 bahan bangunan diatas, masih ada bahan bangunan material lainnya seperti batako, pasir, ubin keramik, cat dan lainnya