13
Mei

Mengenal Jenis Dan Fungsi Gergaji

Macam Macam Gergaji 

Sumber : catkayu.com

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Ada berbagai jenis gergaji untuk memotong kayu. Tetapi dalam berbagai jenis gergaji tersebut memiliki berbagi fungsi yang berbeda beda. Nah untuk mengetahu berbagai jenis gergaji dan fungsinya mari simak ulasan di bawah ini. Selamat membaca !

1. Gergaji triplek atau coping saw.

Jenis gergaji yang pertama ini merupakan gergaji yang digunakan untuk memotong triplek maupun papan kayu dicirikan dengan yang kecil tajam dan juga bisa dilepas maupun diganti apabila sudah tumpul. Bentuk gergaji triplek ini berbentuk U sehingga memudahkan pemotongan lengkung.

2. Gergaji besi.

Gergaji yang biasanya digunakan untuk memotong benda dengan bahan dasar logam seperti besi. Selain mesin gergaji ini juga bisa digunakan untuk memotong kayu maupun pvc. Mata gergaji ini tergolong rapat dan halus serta bobotnya juga lumayan ringan.

3. Backsaw.

gergaji yang digunakan untuk memotong kayu. Hasil dari pemotongan benda kerja dengan gergaji ini serta konsisten terhadap pemotongan tipe lurus dibandingkan dengan gergaji jenis lainnya.

4. Gergaji Jepang.

Digunakan untuk memotong kayu dengan berbagai macam tekstur yang ada. Mulai dari yang keras hingga lunak bisa dipotong dengan gergaji Jepang ini.

BACA JUGA : Perlengkapan Menata Teras Rumah Kayu

5. Keyhole saw

Dimana gergaji jenis ini sering digunakan untuk menjangkau sudut-sudut berukuran kecil. Hal ini dilakukan pada bagian yang rumit dari sebuah benda kerja. Gergaji ini mempunyai ujung yang lebih kecil dari pada bagian pangkalnya.

6. Gergaji rantai.

Merupakan gergaji yang digunaan untuk menebang pohon baik itu yang berukuran kecil maupun besar. Di Indonesia sendiri, gergaji rantai sering disebut dengan gergaji mesin. Gergaji jenis ini mempunyai dengan tenaga mesin yang akan berputar menyerupai putaran rantai pada kendaraan roda dua. Gergaji jenis ini mempunyai suara yang khas ketika bergesekan dengan objek benda maupun kayu pohon.

BACA JUGA : Rahasia Lemari Kayu Tahan Puluhan Tahun

7. Scroll saw.

Gergaji yang berupa meja datar serta terdapat motor dengan kecepatan tinggi akan ditemukan pada bagian bawahnya. Adanya bilah kecil yang muncul pada bagian bawah meja, biasanya berguna untuk mengatur kedalaman saat pemotongan. Gergaji jenis ini biasanya digunakan pekerjaan yang lumayan rumit.

8. Mitersaw.

Gergaji yang membantu pekerjaan bahan yang akan dipotong secara sudut supaya memiliki presisi yang pas. Gergaji jenis ini akan diberikan hingga mencapai sudut 45 derajat.

9. Jigsaw.

Gergaji yang mempunyai ciri-ciri gigi halus serta bila yang pendek. Kecepatan dari bilah ini dapat disesuaikan. Motor gergajinya bisa dibolak-balik dan bergerak naik turun. Bentuknya lumayan kecil dan dapat digunakan maupun dipegang menggunakan tangan. Gergaji ini akan bergerak ke berbagai arah seperti ke kiri, ke kanan, melingkar dan juga zig zag. Buah yang dijadikan alasan mengapa gergaji jenis ini dapat digunakan untuk memotong berbagai macam sudut seperti melengkung kurva maupun lurus.

BACA JUGA : Perhatikan Ini Jika Anda Menggunakan Lemari Kayu

10. Circular saw.

Jenis gergaji yang berupa piringan dengan gergajinya mengelilingi piringan tersebut dan bisa bergerak serta berputar dengan kecepatan yang disesuaikan kecepatan ini akan mempengaruhi proses pemotongan.

11. Flooring saw.

Jenis gergaji yang diletakkan di atas lantai. Gergaji jenis ini biasanya digunakan untuk memotong berbagai jenis bahan bangunan seperti keramik. Para penggunanya tidak perlu lagi kerepotan Untuk memindahkan gergaji ini karena sudah langsung terletak di lantai.

12. Veener saw.

Gergaji yang mempunyai bilah potongan pendek berkaki ini mempunyai 13 gigi serta dua mata potong. Pada umumnya, gergaji ini akan digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan yang membutuhkan presisi yang pas.

BACA JUGA : Perhatikan Ini Jika Anda Menggunakan Lemari Kayu

13. Gergaji serbaguna.

Merupakan jenis gergaji yang sudah sangat umum digunakan karena serbaguna untuk berbagai keperluan.