08
Okt

Mengenal Furniture Berbahan Rotan

Mengenal Furniture Berbahan Rotan

Mengenal Furniture Berbahan Rotan – Kalian pasti tau apa itu rotan? Salah satunya yaitu rotan sintetis. Rotan sintetis ini memiliki tampilan yang mirip dengan rotan alami. Bahkan jika dilihat sekilas memiliki tekstur dan warna yang lebih beragam. Namun rotan yang telah diolah menjadi furniture atau baru akan diolah beberapa karakteristik yang harus Anda kenal. Apa saja karakteristiknya? Berikut ini penjelasannya.

  • Desain yang unik

Furniture dari bahan rotan bisa dibuat dengan berbagai macam desain. Kerangka furniture akan dirangkai dengan rangkaian anyaman rotan. Inilah yang membuatnya menjadi lebih fleksibel untuk berbagai macam jenis desain.

Anda bisa menciptakan desain modern, kontemporer bahkan klasik atau vintage. Tidak ada batasan desain untuk bahan alami ini. Tergantung pada Anda desain apakah yang sebaiknya dipilih untuk menunjukan keunikan dari rotan.

  • Memiliki banyak jenis anyaman

Salah satu kelebihan yang menunjang tampilan dari rotan adalah bentuk dari anyamannya. Tidak hanya ada satu atau dua jenis anyaman saja namun terdapat beberapa jenis anyaman. Bahkan Anda bisa menggunakan berbagai jenis anyaman untuk furniture dapur, ruang keluarga dan kamar.

Anyaman rotan membuat proses finishing harus lebih diperhatikan. Sama seperti kayu yang diukir, anyaman rotan seringkali tidak tercover dengan lapisan cat dengan sempurna. Inilah yang memudahkan rayap untuk masuk ke dalam rotan dan menimbulkan kerusakan.

  • Lentur

Kelenturan dari rotan tidak dimiliki oleh material kayu namun hampir mirip dengan bambu. Setelah rotan dikeringkan maka tingkat kelenturannya akan tetap bertahan. Sifat lentur inilah yang membuat rotan lebih mudah untuk dianyam dan dirancang untuk berbagai macam jenis desain.

  • Kuat

Walaupun lentur, bukan berarti rotan adalah material yang sangat mudah rapuh ketika dianyam. Setelah kering tingkat kekuatan rotan tetap baik dan memiliki daya tarik yang tinggi seperti bambu. Anda bahkan bisa membuat anyaman rotan sebagai dinding berukuran besar.

  • Ringan

Tidak perlu takut dengan masalah berat dari rotan yang telah diolah menjadi furniture. Jika Anda menggunakan  kerangka rotan dan membuatnya sebagai furniture maka beratnya akan lebih ringan daripada kayu solid. Anda bisa lebih mudah memindahkannya ketika digunakan dalam rumah.

  • Nyaman

Kuat, lentur dan ringan akan membuat furniture dari rotan lebih nyaman. Anda bisa menemukan berbagai macam sofa yang terbuat dari rotan dengan cushion yang sangat nyaman untuk digunakan selama berjam-jam. Kenyamanan dari rotan ini tidak bisa Anda dapatkan dari kerasnya kayu solid.

  • Harga murah

Harga termasuk karakteristik yang harus diketahui. Harga dari furniture rotan akan lebih murah dibandingkan furniture kayu solid seperti jati. Bahkan harganya jauh sangat murah, anda bisa membelinya dengan mudah dimana saja di Indonesia karena banyak pusat furniture rotan yang bisa ditemui.

  • Mudah untuk diberikan warna 

Salah satu keunggulan rotan adalah sangat mudah diberikan lapisan cat. Walaupun bagian yang digunakan untuk menganyam biasanya memiliki lapisan lilin yang tidak menerima cat, namun dengan pengamplasan akan membuat lapisan tersebut hilang. Permukaan dari anyaman rotan tidak jauh berbeda dengan bambu.

Anda perlu mengamplas permukaannya sehingga lebih mudah untuk diberikan warna sesuai selera. Anda bisa mengecat dengan warna natural kayu agar tampak alami atau dengan warna solid yang cocok di gaya modern.

  • Perawatan yang mudah

Furniture dari rotan banyak sekali digunakan untuk outdoor, hal ini disebabkan kemudahan perawatannya. Sekali furniture rotan diberikan lapisan cat outdoor maka perlindungan pertama telah dilaksanakan.