22
Okt

Mengenal Elemen Penting Konsep Taman Tropis

Mengenal Elemen Penting Konsep Taman Tropis

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Udara yang semakin panas, membuat kita semakin butuh akan kehadiran area hijua di sekitar rumah. Dan untuk mewujudkannya, alangkah baiknya kita membuat taman sesuai dengan iklim indonesia, yaitu taman tropis. Taman tropis adalah sebuah konsep taman yang didesain menyerupai hutan tropis. Tanaman yang biasa digunakan atau menjadi ciri khas dari taman tropis adalah tanaman yang mempunyai banyak corak warna dan memiliki bentuk daun yang lebar. Selain itu, pesona keindahan dari taman tropis biasanya akan semakin tampak dengan adanya sedikit nuansa rerumputan liar, yang juga bisa dilengkapi dengan kolam ataupun batuan alam. Pada kesempatan kali ini, Diminimalia akan mengulas untuk Anda, apa saja hal yang diperlukan untuk membuat taman tropis di pekarangan rumah Anda. Kita Pelu mengenal elemen penting untuk konsep taman tropis sebelum taman itu dibuat.

Pepohonan Tropis

Mengenal Elemen Penting Konsep Taman Tropis

Elemen utama tentulah jenis tanaman yang perlu disesuaikan untuk taman tropis. Jenis tanaman palem, pisang-pisangan, anturium, dan berbagai tanaman tropis lain berdaun lebar seperti talas adalah beberapa tanaman yang tak boleh terlewatkan ketika membuat taman tropis. Saat menentukan pilihan tanaman, jangan lupa pertimbangkan komposisi tanaman. Komposisi ini bisa dilihat dari ukuran dan jenis daun tanaman tersebut, baik tanaman berbentuk pohon atau tanaman semak.

Elemen Kayu

Mengenal Elemen Penting Konsep Taman Tropis

Elemen berikutnya tentu elemen kayu. Kayu bisa dihadirkan lewat dek untuk gazebo maupun untuk bagian teras. Pilihan kayu juga tidak melulu harus kayu alami karena itu semua bergantung dari bujet dan selera Anda. Kayu alami tentu tampilannya lebih indah dan alami, namun harganya relatif lebih mahal dan perlu perawatan yang ekstra agar kayu terjaga dari risiko lapuk.

READ  Cara Pasang Wallpaper Dinding Anti Ribet

Batu

Mengenal Elemen Penting Konsep Taman Tropis

Elemen batu pada taman tropis bisa berupa stepping stone atau jalan setapak, patung, maupun susunan batu estetis yang unik. Untuk taman tropis di area terbatas, hamparan batu-batu koral bisa jadi pilihannya. Pilihan jenis batu untuk taman tropis antara lain batu koral, batu kali, hingga batu kerikil.

Elemen Air

Mengenal Elemen Penting Konsep Taman Tropis

Taman tropis juga lekat dengan unsur air. Bila memiliki lahan luas, kolam renang akan melengkapi keindahan taman tropis Anda. Suasana kolam berhiaskan pepohonan khas tropis pastinya membuat Anda serasa berlibur di villa. Tapi bila lahan tidak cukup, Anda bisa membuat kolam ikan atau sekadar waterwall atau air terjun mini di salah satu sudut taman.

Gazebo

Mengenal Elemen Penting Konsep Taman Tropis

Tempat ini pada taman tropis akan menambah fungsi taman selain untuk keindahan rumah tapi juga untuk area berkumpul keluarga. Taman tropis biasanya didominasi material kayu. Sementara pada atap atau kanopinya, Anda bisa menggunakan material atap maupun material alami seperti ijuk dan bambu.

Lampu Taman

Mengenal Elemen Penting Konsep Taman Tropis

Ketika membuat desain taman tropis, jangan lupa untuk memasang lampu dekoratif. Kap lampu yang menyerupai gazebo bisa jadi pilihan untuk tampilan taman yang lebih unik. Tapi lampu taman biasa tanpa dekorasi pun bisa Anda pilih karena taman tropis pada dasarnya memanfaatkan cahaya lampu untuk kesan hangat di malah hari. Tambahkan lampu sorot atau spotlight pada tanaman tropis berukuran besar untuk memberikan kesan dramatis pada taman.