02
Mei

Mengenal Beragam Jenis Talang Air

BERAGAM JENIS TALANG AIR

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Untuk mencegah adanya kebocoran pada genteng rumah anda di perlukan tambahan talang pada genteng rumah anda. Ada beragam jenis pilihan talang air untuk rumah anda. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai beragam jenis talang air, mungkin salah satunya cocok dengan selera anda. Mari simak artikel di bawah ini.

Talang air umumnya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis:

  1. Talang Beton Cor.

Ini adalah jenis talang yang mulai banyak digunakan di rumah-rumah dan bangunan-bangunan. Talang jenis ini memerlukan perencanaan yang tepat bersamaan dengan perencanaan desain bentuk atap. Talang beton cor perlu waktu lebih lama dalam pembuatannya karena harus dicor dan dikeringkan sempurna sebelum bisa digunakan. Jika terjadi kesalahan dalam proses pembuatan akan menyebabkan retakan dan kebocoran. Biaya produksinya juga lebih mahal, tetapi lebih tahan lama usia pakainya. Bobotnya berat sehingga menambah beban pada struktur bangunan di bawahnnya. Jangan lupa untuk melakukan waterproofing untuk menambah kekuatan bahan dari rembesan air.

Baca Juga : Tips Membuat Talang Air Dari Beton

 

  1. Talang Seng.

Talang seng adalah talang yang umum digunakan pada bangunana dan rumah tinggal. Harganya relatif lebih terjangkau dan usia pakainya juga cukup panjang. Sayanya talang seng ini biasanya menimbulkan bunyi berisik saat air hujan turun ke atasnya. Talang jenis ini juga menambah tinggi temperatur di area bawah genteng.

 

  1. Talang PVC.

Talang yang terbuat dari bahan PVC ini biasanya digunakan sebagai talang penampung air hujan sebelum disalurkan ke tempat yang direncanakan. Harganya relatif lebih murah dan tidak berkarat serta tidak berisik saat hujan turun. Usia pakainya lebih pendek dari talang seng dan talang beton cor. Saat ini sudah ada talang air dari bahan fiberglass tetapi harganya masih relatif tinggi.

Baca Juga : Trik Mudah Perbaiki Talang Air Bocor

  1. Talang Karpet

Talang ini terbuat dari lembaran sejenis plastik. Bobotnya lebih ringan. Harganya jauh lebih murah. Jika sudah lama, maka akan timbul robekan-robekan yang akan menghancurkan talang karpet tersebut. Talang jenis ini sangat fleksibel tetapi tidak tahan terhadap pengaruh perbedaan cuaca. Perlu dilakukan pengecekan berkala supaya dapat segera diganti jika ada bagian yang sobek atau mulai lapuk.