13
Apr

Beragam Jenis Pompa Air

JENIS JENIS POMPA AIR UNTUK RUMAH TANGGA

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Ada berbagai jenis pompa air untu sumur anda, tetapi tentu saja setiap jenis dari pompa air memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Bagi anda yang sedang mencari pompa air untuk sumur rumah tangga anda, kami sediakan beberapa jenis pilihan, mungkin salah satunya cocok bagi anda. Mari simak ulasan di bawah ini.

Ada empat jenis pompa air yang digunakan untuk rumah tangga yaitu:

  • Pompa air sumur dangkal. Pompa air jenis ini digunakan untuk penggunaan ringan. Pompa air sumur dangkal hanya memiliki daya hisap maksimal untuk kedalaman 9 meter saja.

Baca Juga : Cara Membuat Sumur Gali

  • Pompa air sumur dalam. Pompa air ini digunakan untuk menghisap air dengan kedalaman lebih dari 9 meter. Ciri utama dari pompa air sumur dalam adalah adanya Jet Injector yang berfungsi untuk menguatkan daya pancar dari air yang dihisap. Pompa air sumur dalam terdiri dari pompa air semi jet (semi jet pump) dan pompa air jet (jet pump). Perbedaan utama dari keduanya adalah pada keberadaan tabung yang dapat menambah kekuatan pada daya hisap dan daya pancar pompa jet. Pada pompa air jet terdapat tabung, sedangkan semi jet tidak.

 

  • Pompa celup, sesuai dengan namanya adalah pompa air yang bekerja dengan cara dicelupkan ke dalam air. Daya pancar air maksimal yang dapat dihasilkan dari pompa celup berkisar 5 meter sesuai tipe pompa celup yang digunakan.

Baca Juga : Panduan Pembuatan Sumur Bor

  • Pompa Booster. Umumnya pompa air dipasang dekat atau di dalam sumber air. Pompa booster dipasang di tengah instalasi pipa air. Hal ini karena pompa booster adalah pompa air penunjang yang berfungsi untuk memperkuat daya pancar aliran air di dalam instalasi pipa air dalam rumah. Pompa ini digunakan jika daya pancar air dirasa masih kurang optimal khususnya jika terpasang alat yang memerlukan pasokan air yang stabil seperti alat pemanas air (water heater).
READ  Terapkan Garis Sempadan Bangunan ini pada Bangunanmu!