21
Okt

Mengenal 6 Tanaman untuk Pagar Rumah Anda

Mengenal 6 Tanaman untuk Pagar Rumah Anda

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Rumah terlihat nyaman dan sejuk adalah impian setiap orang. Terlebih rumah itu adalah rumah yang baru selesai dibangun dan masih membutuhkan beberapa sentuhan agar terlihat indah, sejuk, dan sehat. Untuk anda yang mendambakan  rumah  terlihat alami natural dengan warna hijau alam, anda bisa menanam tanaman sebagai perindang, selain itu menanam pohon juga mempunyai fungsi lain sebagai pagar rumah, sejuknya dapat, keamanaan rumah juga dapat, menarik bukan? Kita juga perlu mengenal 6 tanaman untuk pagar rumah anda supaya tampak lebih segar dan elegan.

1. Teh-tehan

Mengenal 6 Tanaman untuk Pagar Rumah Anda

Tanaman teh-tehan (acalypha siamensis) mungkin adalah tanaman pagar rumah yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama di wilayah-wilayah pedesaan. Kesan yang ditimbulkannya adalah sejuk dan nyaman. Tanaman ini memang sangat mudah tumbuh. Terkecuali untuk pemangkasan secara teratur, teh-tehan tak memerlukan perawatan lainnya. Agar padu dengan hunian, memang teh-tehan perlu dipangkas dalam gaya yang sesuai dengan langgam hunian. Teh-tehan ini juga cocok untuk topiari, dibentuk dalam karakter-karakter tertentu yang dapat memberi aksen bagi taman Anda.

2. Daun Ivy

Mengenal 6 Tanaman untuk Pagar Rumah Anda

Daun Ivy atau English Ivy (Hedera helix) Adalah pilihan tepat jika Anda ingin menutupi pagar rumah Anda dengan hijauan yang lebat. Jika ditanam, daun ivy akan tumbuh merambat dan menutupi dinding. Daun ini akan memberi kesan rural yang klasik. Jika Anda ingin daun Ivy, harap diperhatikan bahwa tanaman ini bersifat cukup invasif, yaitu dapat tumbuh meliar jika tidak pangkas secara teratur.

 

3. Lidah Mertua

Mengenal 6 Tanaman untuk Pagar Rumah Anda

Berbeda dari dua tanaman yang disebut sebelumnya, selain sebagai tanaman pagar rumah, tanaman lidah mertua (Sansevieria hyacinthoides) juga dapat difungsikan sebagai tanaman interior. Tanaman lidah mertua ini termasuk jenis tanaman yang awet dan butuh minim perawatan. Lebih dari itu, tanaman ini dapat menyerap bau tidak sedap yang mungkin ada di lingkungan Anda. Anda dapat menamannya dalam jajaran pot atau pula dapat menanamnya secara berjajar dalam planter box.

 

4. Bambu kuning

Mengenal 6 Tanaman untuk Pagar Rumah Anda

Untuk memberi kesan teduh dan alami, Anda dapat memilih bambu kuning (Bambusa vulgaris var. Striata) sebagai pagar. Tanaman ini memiliki batang yang kokoh dan rapat, sehingga dapat diandalkan sebagai pagar pelindung rumah. Anda dapat menanam bambu kuning sebagai pelapis dari pagar rumah yang telah Anda sebagai penambah kesan alami dan segar. Selain bambu kuning, Ada juga dapat memilih tipe bambu lain sebagai pagar, seperti bambu Jepang (Arundinaria Japonica), bambu China (Bambusa glaucescens), dan bambu Siam (Thyrsostachys Siamensis ).

5. Tanaman bougenville

Mengenal 6 Tanaman untuk Pagar Rumah Anda

Tanaman bougenville atau bunga kertas (bougainvillea) adalah salah satu pilihan yang tepat jika Anda ingin tanaman pagar rumah dengan warna yang semarak. Bougenville memang memiliki bunga yang cerah, semarak dan menarik perhatian mata. Tanaman bougenvile juga dapat menjadi alternatif penambah privasi bagi hunian Anda, jika kebetulan pagar Anda berupa pagar besi. Anda dapat menanam di bawahnya dan kelak akan tumbuh di antara ruas besi pagar.

6. Tanaman pucuk merah

Mengenal 6 Tanaman untuk Pagar Rumah AndaMemiliki rumah di pinggir jalan dan ingin pagar yang dapat menyerap polusi? Anda dapat mempertimbangkan tanaman pucuk merah (Syzygium myrtifolium). Tanaman ini dikenal sangat efektif untuk menyerap polusi udara. Selain kemampuan tersebut, penampilan pucuk merah juga sangat khas, dan dapat menambah keindahan halaman Anda. Tanaman ini juga termasuk tanaman pagar yang tidak rewel dalam masalah perawatannya dan dapat berumur panjang.