30
Okt

Menelusuri Rumah Minimalis Dari Eksterior Hingga Interior

Menelusuri Rumah Minimalis, Dari Eksterior Hingga Interior

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Memiliki rumah menjadi suatu kebutuhan sekaligus wishlist yang diprioritaskan oleh banyak orang.  Tak jarang, banyak yang mulai menabung, mengajukan KPR hingga membuat rumah sendiri untuk mewujudkannya. Jika kamu sudah memiliki rumah, biasanya hal selanjutnya yang diinginkan adalah merancang interior dan eksterior rumah.  Pastinya, semua orang menginginkan tampilan rumah yang baik juga menarik untuk merepresentasikan dirinya.  Namun, mendesain interior rumah tidak semudah yang dibayangkan, lho. Desain interior sendiri adalah sebuah proses menemukan desain kreatif, yang bisa memberikan kualitas hidup yang baik untuk penghuni rumah. Hingga saat ini desain interior rumah minimalis dan modern masih digemari banyak orang.  Hal tersebut karena konsep ini memberikan kesan yang mudah diterapkan sekaligus tidak monoton. Desain interior pun tidak hanya meliputi barang-barang indah yang harus ditampilkan pada ruang tamu. Berikut ini menelusuri rumah minimalis, dari eksterior hingga interior

1. Minimalis Tropis Outdoor dan Teras untuk Bersantai

Dimulai dari bagian terluar sebuah hunian. Sebagai negara yang dikaruniai alam tropis, model rumah minimalis dengan teras outdoor seperti ini memang banyak dipilih. Dengan peneduh dan kantilver yang cukup lebar, hujan dapat dihalau, panas dapat dikurangi oleh tanaman rambat dan dibawa pergi oleh sepoi angin yang bertiup. Karena itu banyak masyarakat negeri tropis salah satu nya Indonesia, menyediakan ruang antu teras di luar rumah sebagai tempat santai dan berkumpul bersama teman/keluarga.

Model dari teras atau outdoor pation seperti ini tentunya baik jika selaras dengan rumah sebagai area dan bangunan utama. Dapat dilihat dari contoh gambar rumah minimalis ini, pengulangan material eksterior rumah adalah salah satu yang dapat dilakukan. Misalnya, fasad rumah anda dari motif kayu yang disusun paralel, dinding teras anda dapat memanfaatkan motif yang sama. Sebagai usaha untuk menyelaraskan desain rumah minimalis anda.

2. Tangga yang Tampak Menggantung

Dari eksterior dan teras kita masuk untuk meninjau lebih jauh detail rumah minimalis. Tangga biasanya jadi salah satu vocal point desain rumah minimalis. Salah satu ciri contoh rumah minimalis adalah tangga yang terlihat sangat ringan dan meminimalisir struktur yang terlihat balky, penuh atau berat seperti tangga model rumah klasik dulu. Terlihat dari kedua tangga pada gambar rumah minimalis ini. Dari gambar pertama dapat terlihat tangga hanya terdiri dari garis continous pijakan tangga tanpa tiang ataupun lemari bawah tangga. Desain seperti ini membuat ruangan terlihat luas dan bersih.

Untuk kekuatan yang tetap stabil, biasanya tangga demikian akan memiliki struktur besi yang bergantung ke dinding dimana ia menempel. Struktur pembesian ini pun akan di cover oleh material yang memiliki tampilan estetika yang bagus seperti kayu parket ataupun marmer. Warna rumah minimalis juga dapat diwujudkan dari pemilihan material yang memiliki warna-warna alami seperti parket kayu (warna coklat dengan gradasi terang gelapnya), material polished concrete (abu-abu), batu teracotta (warna-warna hangat) dan lain sebagainya.

Meminimalisir proses finishing material yang berlapis-lapis, paling baik adalah dengan memantfaatkan warna yang berasal dari material itu sendiri. Dari kedua gambar minimalis ini dapat kita temui bersama perbedaan gaya yang tetap selaras. Kaca sebagai partisi tangga juga dapat dimanfaatkan sebagai partisi dan tampilan clear dan modern yang baik dari segi estetika.

3. Model Minimals pada Warna dan Furnitur

Setelah melewati tangga, tentunya akan kita temui ruang duduk yang dapat berfungsi sebagai ruang keluarga ataupun ruang tamu. Dalam beberapa desain rumah minimalis juga kerap ditemui pemisahan dari dua ruangan ini. Ruang keluarga biasanya diletakkan di bagian rumah yang lebih dalam sementara ruang tamu di dekat pintu masuk rumah. Warna rumah minimalis cenderung banyak menerapkan warna-warna dasar seperti hitam, putih, abu-abu juga warna-warna tone alami yang netral seperti coklat, biru dan hijau. Sama seperti warna alam kita.

Model interior rumah minimalis biasanya menerapkan warna dasar sebagai warna yang utama pada elemen dinding, lantai dan langit-langit. DIlengkapi dengan warna coklat, hujau ataupun biru sebagai aksen. Rumah minimalis juga biasanya memiliki banyak bukaan jendela kaca. Material kaca meningkatkan transparasi ruang, meningkatkan intensitas cahaya yang masuk sehingga ruang rumah tetap sehat dan terang pada siang hari. Kaca juga lekat dengan gaya modern dari model rumah minimalis.

Model furniture dalam rumah minimalis juga cenderung sederhana dan tegas. Tanpa banyak lengkung bentuk atau ukiran. Furniture yang senada dengan model rumah minimalis adalah yang tegas sudut ataupun bentuknya seperti sofa modular, armchair yang stylish, untuk menciptakan kesan minimalis yang tropis dan relaks seperti resort anda dapat memilih furniture dari kayu dan rotan seperti pada gambar diatas.

4. Ruang Makan yang Menyenangkan dan Unik

Ruang Makan dan dapur bersih adalah bagian penting bagi sebuah hunian. Selain sebagai ruang untuk makan bersama, dapur bersih/pantry yang didesain memiliki bar juga kerap kali digunakan sebagai ruang ngobrol-ngobrol dengan tamu ataupun mengerjakan tugas jika sendirian. Ruang makan dalam model rumah minimalis haruslah senada dengan konsep keseluruhan rumah. Dalam desain interior, ruang makan untuk rumah minimalis biasanya banyak menggunakan material batu seperti marble atau granite. Tidak jarang juga digunakan solid surface untuk maintenance yang lebih mudah. Warna-warna yang dipilih biasanya seputar putih, abu-abu dan hitam. White Carrara biasanya menjadi pilihan populer. Dipadu-padankan dengan furniture dari metal untuk menonjolkan kesan sederhana namun modern.

Selain metal ataupun batu, perpaduan dengan kayu warna terang seperti oak wood dan walnut juga dapat  menjadi pilihan yang bagus dalam desain rumah minimalis. Kombinasi antara dominan material warna putih dan kayu-kayu warna terang menonjolkan gaya minimalis khas Jepang. Warna yang cenderung polos ini dapat diberikan aksen warna lain seperti biru atau merah, dari elemen dekoratif seperti bantal dan lain-lain. Fixed furniture bagi model rumah minimalis juga dapat menjadi pilihan model interior yang canggih. Seperti bangku panjang yang sedikit masuk ke dinding almari/kabinet. Juga tangga yang menghubungkan lantai dan jendela yang berperan sebagai parafet dan area untuk duduk- duduk membaca buku disamping jendela.

5. Ekspos Material dalam Rumah Minimalis

Material yang di ekspos seperti beton yang hanya di polished tanpa di cat dan kayu yang di finishing melamik untuk menonjolkan urat asli kayu nya adalah salah satu variasi interior dalam model rumah minimalis. Dari dua gambar rumah minimalis diatas, terlihat interior kamar tidur dengan tema warna hangat (warm tone) dan dingin (cold tone)Warm tone dapat dicapai dengan penggunaan ekspos kayu yang berwarna cokelat kemerahan seperti mahogany dan rosewood. Warna yang hangat ini dapat diseimbangkan dengan finishing utama lantai, dinding dan langit-langit yang lebih netral seperti abu-abu dan putih. Itulah menelusuri rumah minimalis, dari eksterior hingga interior