05
Jun

Mendesain Rumah Agar Sejuk

Mendesain Rumah Agar Sejuk

jasa arsitek jogja

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor – Bukan hanya rumah yang indah, rumah yang sejuk juga jadi impian banyak orang. Dengan iklim dan cuaca seperti di Indonesia ini, banyak orang memilih menggunakan AC untuk membuat rumahnya sejuk. Namun, sebenarnya ada cara lain untuk membuat rumah yang sejuk. Simak beberapa cara mendesain rumah agar sejuk berikut ini.

Langit-langit yang tinggi

Langit-langit yang rendah membuat rumah terasa sempit. Sebaliknya, plafond tinggi akan membuat suasana ruangan tampak lebih luas dan terasa sejuk. Dengan langit-langit yang tinggi, udara panas dapat naik ke atas sehingga mengurangi panas dalam ruangan.

Rongga di bawah atap anti panas

Rongga dibawah atap dapat dibentuk dengan memasang aluminium foil dan juga dengan memasang plafond. Pemasangan bahan-bahan tersebut dapat mengurangi panas secara signifikan. Dinding pada rongga tersebut dapat dipasangi angin-angin agar angin dapat lewat di antara rongga tersebut untuk mengurangi pemanasan yang terjadi.

Menggunakan ventilasi silang

Ruangan dengan jendela pada 1 sisi dinding saja tidak dapat mengalirkan angin ke dalam ruangan. Ventilasi silang adalah bukaan jendela pada 2 sisi dinding ruang agar angin dapat masuk dari satu sisi dan keluar ke sisi satunya. Angin yang masuk dapat mengurangi hawa panas dan kelembaban sehingga rumah menjadi lebih sejuk.

Baca Juga : Tips Berkebun Di Rumah Yang Sempit

Memasang dinding rangkap pada sisi Barat rumah

Rumah bagian Barat biasa mendapat matahari sore yang sangat terik. Dinding 1 sisi saja tidak dapat menghalau panas matahari yang terik tersebut. Oleh karena itu dinding rangkap dengan rongga udara di dalamnya dapat memperangkap panas dalam rongga tersebut sehingga tidak sampai masuk ke dalam ruangan.

Menggunakan kaca film

Kaca film dapat menghalau panas dengan signifikan, tetapi kaca film berdampak pada penurunan intensitas cahaya yang masuk.

Membuat kolam

Kolam di dalam rumah selain menambah estetika, dapat juga digunakan untuk memberikan kesan sejuk dan adem. Akan lebih baik jika di sekitar kolam ditanam dengan tanaman dan rumput yang dapat menyerap panas dan menambah oksigen dalam rumah.