06
Apr

Memperbaiki Kusen Pintu Dan Jendela Rusak

CARA TEPAT MEMPERBAIKI KUSEN PINTU DAN JENDELA YANG RUSAK

Sumber : merdeka.com

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Hal yang cukup merepotkan ketika anda menemui kendala seperti kusen pintu dan jendela yang rusak. Namun ada tidak perlu membeli kusen pintu atau jendela yang rusak karena masih ada solusi lain. Jika anda ingin membetulkan kusen pintu atau jendela anda, kami memberikan cara mudah untuk membetulkan kusen anda yang rusak, sehingga anda dapat menghemat biaya. Mau tahu caranya apa saja ? mari simak ulasan di bawah ini.

Penyebab kusen retak

Jenis kerusakan kusen kayu dapat disebabkan oleh beberapa faktor, jenis kayu yang kurang baik, pemilihan bahan yang kurang teliti ketika di depot pembuat kusen dan pintu, kayu yang masih terlalu muda, dan beberapa faktor teknis lainnya seperti terkena benturan ketika memasang, terlalu memaksakan penggunaaan paku yang besar untuk angkur pada bagian belakang kusen dan angkur pada bagian bawah kusen (istilah lainnya adalah sepatu kusen).macam

Permasalahan seperti di atas merupakan fenomena biasa yang terjadi pada rumah tinggal yang baru dibuat atau yang sudah lama. Berbeda sekali dengan kusen yang terbuat dari aluminium yang tahan terhadap rayap dan lapuk. Lalu bagaimana cara mengatasinya jika hal ini terjadi pada Anda, baik sebagai tuan rumah, seorang mandor, pemborong atau seorang tukang yang terkait langsung dengan pengerjaan rumah?

Solusi perbaikan

Sebenarnya tidaklah sulit cara memperbaiki kusen, jendela atau pintu yang retak, atau pecah dan mungkin lapuk akibat rayap atau terdapat kandungan air di dalamnya. Setiap permasalahan pasti ada penyebabnya dan ada solusinya. Orang yang lebih berpengalaman dan lebih dahulu dari kita telah membuat cara atau tips untuk mengatasi persoalan di atas. Asalkan Anda rajin bertanya atau mau berdiskusi dengan orang yang lebih mengetahui tentang hal ini.

  1. Pilih depot kayu yang dikenal baik dan kunjungi tempatnya secara langsung, pesan kusen dan pintu yang baik dan berkualitas. Pilih kayu yang kering dan berumur tua. Bicarakan dengan pihak depot mengenai jenis kayu yang ideal dan baik untuk membuat kusen, jendela dan pintu. Kayu yang dibuat untuk kusen adalah kayu yang ulet dan keras seperti kulim, petaling, petanang, brumbung dan sejenisnya. Sedangkan untuk membuat daun jendela dan pintu biasanya menggunakan kayu yang agak lembut, seperti kayu medang, merawan dan sejenisnya. Hal ini sebagai solusi pertama atau tahap pencegahan sebelum terjadinya persoalan yang kita bicarakan dalam artikel ini.
  2. Jika kusen dan pintu telah terlanjur dipasang dan terjadi kerusakan seperti yang telah saya bicarakan di atas, maka periksa seluruh bagian kusen kayu dan pintu. Apakah ada kerusakan yang berupa pecah atau lapuk dan berlobang?? Bagaimana solusinya…?

Baca Juga : Cara Memasang Kusen Pintu Yang Benar

1.Orang terdahulu dari kita telah menggunakan cara mudah untuk menampal bagian yang rusak menggunakan serbuk kayu hasil gergajian kayu, dicampur dengan lem kayu (misalnya merek fox). Kemudian dioleskan pada bagian yang rusak parah atau berlobang dan pecah.

2.Cara lain adalah menggunakan dempul kayu yang telah jadi (pabrikan), yang dapat diperoleh di toko bahan bangunan di sekitar Anda. Pilih dempul yang berbentuk pasta agak keras sehingga seluruh lubang yang besar dapat tertutupi dengan sempurna.

3.Ketika memasang kusen atau pintu, seharusnya tidak memaksakan menanam paku yang berukuran besar, sebab akan menyebabkan pecah. Gunakan alat bor kayu untuk melubangi bagian yang akan dipaku, sehingga tidak pecah. Hal ini biasanya dilakukan pada saat pemasangan angkur pada bagian belakang kusen dan bagian bawahnya (biasanya disebut sepatu kusen).

4.Biarkan hasil dempulan mengering dengan sendirinya selama beberapa hari, kemudian diampelas.